5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Jumat 17 Mei 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)

Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang jangan dianggap sepele. Asam urat pada dasarnya diekskresikan oleh ginjal, dan penting untuk menjaga kadarnya tetap terkendali.

Anda bisa memulainya dengan menyiapkan pola makan seimbang dan mendorong fokus pada penurunan berat badan. Apalagi, tidak ada seorangpun yang ingin mengundang penyakit atau kondisi kesehatan yang tidak diinginkan.

Banyak masalah kesehatan yang muncul karena pola makan, kebiasaan sehari-hari, atau bahkan obat-obatan. Salah satunya adalah hubungan komplikasi asam urat dengan penyakit lainnya.

Baca Juga: Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

Oleh karenanya, bagi penderita penyakit ini mengetahui tentang pentingnya mengendalikan kadar asam urat adalah suatu keharusan. Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Pencegahan Asam Urat

Asam urat adalah suatu kondisi peradangan yang cukup menyakitkan yang disebabkan oleh pengendapan kristal asam urat di persendian. Dengan mengendalikan kadar asam urat, risiko terkena asam urat dapat dikurangi.

Hal ini sangat penting terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga menderita asam urat atau memiliki faktor risiko lain terhadap kondisi tersebut.

Baca Juga: 4 Minuman Sehat yang Ampuh Menurunkan Kadar Asam Urat, Nyerinya Langsung Minggat!

2. Perlindungan Fungsi Ginjal

Peningkatan kadar asam urat dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal, yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika tidak ditangani, kata ahli tersebut. Selain itu, asam urat juga dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal itu sendiri sehingga menyebabkan penyakit ginjal.

Dengan menjaga kadar asam urat tetap terkendali, risiko terjadinya batu ginjal atau penyakit ginjal dapat dikurangi.

3. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi , merupakan kondisi umum yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jika kadar asam urat tinggi, hal ini dapat menyebabkan terjadinya hipertensi.

Baca Juga: Bebas dari Serangan Asam Urat, 8 Obat Alami untuk Cegah Kambuh Lagi

Dengan mengendalikan kadar asam urat, tekanan darah dapat dikelola dengan lebih baik, sehingga berpotensi mengurangi risiko komplikasi kesehatan yang serius ini.

4. Mencegah Risiko Kardiovaskular

Dengan mengendalikan kadar asam urat, risiko kejadian kardiovaskular tersebut dapat dikurangi. Hal ini sangat penting terutama bagi mereka yang memiliki faktor risiko penyakit jantung lain, seperti kolesterol tinggi atau diabetes.

5. Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan

Kadar asam urat yang stabil membuat penderitanya akan hidup bahagia dan sejahtera. Dengan mengurangi risiko asam urat, penyakit ginjal, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular, orang yang Anda sayangi mungkin bisa hidup lebih lama, lebih sehat, dan kualitas hidupnya lebih baik.

Baca Juga: Solusi Taklukan Serangan Asam Urat: 8 Cara Mengobatinya di Rumah dengan Bahan Alami

Selain itu, mengelola kadar asam urat dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 07:30 WIB

Pilkada Sukabumi: Deden Deni Wahyudin Ikuti Wawancara di DPW Gerindra Jawa Barat

Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi, Deden Deni Wahyudin, menghadiri undangan interview atau wawancara dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.
Bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin saat berfoto bersama Ketua DPC Gerindra Jabar, dan Bapilu Jabar | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi15 Juni 2024, 07:01 WIB

Bukit Joglo: Destinasi Hits di Geopark Ciletuh untuk Menikmati Panorama Sukabumi

Bukit Joglo sangat direkomendasikan untuk menikmati pemandangan indah dengan suasana yang sejuk dan nyaman.
Bukit Joglo di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel15 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Tongseng Rendah Kolesterol, Cara Memasaknya Simpel Cuma 7 Langkah!

Dengan Resep Tongseng Rendah Kolesterol, penderita kolesterol tinggi bisa menikmati tongseng yang lezat dan gurih tanpa khawatir akan kenaikan kadar kolesterol. Selamat mencoba!
Tongseng Sapi (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan)