8 Gerakan Yoga Asana untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Bisa Dilakukan Dirumah!

Kamis 16 Mei 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi Yoga - Kolesterol tinggi dapat dikelola lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikannya. (Sumber : pexels.com/@Elina Fairytale)

Ilustrasi Yoga - Kolesterol tinggi dapat dikelola lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikannya. (Sumber : pexels.com/@Elina Fairytale)

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila Anda memiliki kolesterol tinggi, sudah pasti Anda akan menjauhi makanan tidak sehat dan melakukan pola hidup sehat. Itu juga berarti Anda perlu memiliki kendali terhadap makanan yang digoreng, daging merah, dan makanan penutup yang lemak jahat.

Namun, bergerak, berolahraga, dan yoga asana juga dapat membantu untuk mengelola kolesterol tinggi. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan di Sage Journals menemukan yoga cukup efektif dalam meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) dan menekan kolesterol LDL (low-density lipoprotein).

Yoga asana merupakan gerakan fisik dalam olahraga yoga yang dapat dilakukan di mana saja. Kata asana sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti postur, duduk, atau tempat.

Baca Juga: Cara Membuat Infused Water Daun Sirsak untuk Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Ada banyak gerakan yoga asana yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa pose yoga asana yang dapat membantu Anda mengatur kadar kolesterol:

Yoga Untuk Mengontrol Kolesterol

1. Tadasana

Regangkan seluruh tubuh ke atas sambil berdiri dengan kedua kaki rapat dan telapak tangan menghadap ke depan.

Pose ini membantu memperbaiki postur tubuh dan pencernaan, yang secara tidak langsung berkontribusi terhadap pengendalian kolesterol.

Baca Juga: Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

2. Trikonasana

Berdirilah dengan kaki terbuka lebar dan angkat lengan sambil mengulurkan satu tangan hingga menyentuh jari-jari kaki di sisi lainnya.

Pose ini meningkatkan pencernaan, meregangkan sisi tubuh, dan dapat menurunkan kadar kolesterol.

3. Paschimottanasana

Duduklah dengan kaki terentang di depan Anda, tekuk ke depan hingga menyentuh jari-jari kaki sambil menjaga tulang belakang tetap lurus.

Asana ini meregangkan paha belakang dan dapat menstimulasi sistem pencernaan, yang dapat membantu mengendalikan kolesterol.

Baca Juga: Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

4. Bhujangasana

Berbaring tengkurap dengan telapak tangan menempel di dada dan angkat tubuh bagian atas dari lantai. Pose kobra membantu memperkuat tulang belakang dan meningkatkan aliran darah.

Itu penting karena dengan kolesterol tinggi, Anda bisa berakhir dengan timbunan lemak di pembuluh darah Anda. Setelah beberapa waktu, endapan ini tumbuh dan menyulitkan darah mengalir melalui arteri dengan lancar sehingga menyebabkan masalah kesehatan.

5. Ardha Matsyendrasana

Duduklah dengan satu kaki ditekuk dan kaki lainnya disilangkan, putar tubuh bagian atas ke samping. Asana ini dapat meningkatkan pencernaan dan meningkatkan fungsi hati dan pankreas, yang berpotensi berdampak pada kadar kolesterol.

Baca Juga: Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

6. Sarvangasana

Sambil menopang punggung bawah dengan tangan, angkat kaki dan badan sambil berbaring telentang. Posisi terbalik ini dapat mengaktifkan kelenjar tiroid yang berperan dalam mengendalikan metabolisme kolesterol.

7. Setu Bandhasana

Berbaring telentang dengan kaki ditekuk dan angkat pinggul dan dada dari lantai. Postur jembatan membantu membangun kekuatan punggung dan meningkatkan sirkulasi darah.

8. Viparita Karani

Untuk melakukan asana ini, duduklah dengan kaki menempel ke dinding dan tubuh bagian atas membentuk sudut 90 derajat. Stres, yang berhubungan dengan kolesterol tinggi, dapat dikurangi dengan penggunaan pose restoratif ini.

Baca Juga: Asam Urat Kambuh dan Rasanya Menyakitkan, 7 Obat Alami Ini Efektif Mengatasinya

Saat Anda mencoba asana yoga untuk mengontrol kolesterol ini, jangan lupa untuk mencoba berjalan kaki, bersepeda, atau berenang juga. Penting juga untuk mengikuti pengobatan rutin yang direkomendasikan oleh dokter Anda untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap terkendali.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay