Inilah 9 Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Perkembangan Otak Anak

Sabtu 16 Maret 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi. 9 jenis makanan yang bagus untuk perkembangan otak anak ( Sumber : Freepik / @freepik )

Ilustrasi. 9 jenis makanan yang bagus untuk perkembangan otak anak ( Sumber : Freepik / @freepik )

SUKABUMIUPDATE.com - Pertumbuhan otak yang sangat pesat umumnya terjadi pada beberapa tahun pertama kehidupan seorang anak. Dan faktanya, otak anak-anak mencapai 80% dari berat orang dewasa ketika mereka mencapai usia 2 tahun. 

Otak terus berkembang sampai masa remaja, khususnya di suatu area otak atau korteks prefrontal yang dikenal sebagai “pusat kepribadian”. Ini merupakan  area otak yang berhubungan dengan memori, pengambilan keputusan, pencernaan hingga fungsi eksekutif lainnya.

Semua nutrisi penting untuk fungsi otak yang baik. Akan tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa nutrisi serta makanan tertentu dapat mendukung perkembangan otak dan bermanfaat bagi fungsi kognitif sepanjang masa kanak-kanak hingga remaja.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Stres Karena Selalu Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Beda!

Dilansir dari laman healthline, berikut jenis makanan yang baik untuk perkembangan otak anak :

1. Telur

Telur adalah salah satu makanan paling bergizi yang bisa dimakan siapa saja. Untungnya, mereka juga menjadi favorit di kalangan anak-anak. Telur memiliki nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan otak khususnya anak-anak serta fungsi kognitif, termasuk kolin, vitamin B12, protein, dan selenium.

Dua butir telur utuh menyediakan 294 gram kolin, yang memenuhi 100% kebutuhan kolin untuk anak usia 1–8 tahun dan lebih dari 75% kebutuhan anak-anak dan remaja usia 9–13 tahun.

2. Buah Beri

Buah beri kaya akan senyawa tanaman bermanfaat yang disebut antosianin.

Para ilmuwan telah menemukan antosianin mungkin bermanfaat bagi kesehatan otak dalam berbagai cara.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Stres Karena Dimarahi Orang Tua Setiap Hari, Perhatikan Sikapnya!

Mereka dapat meningkatkan aliran darah ke otak, memberikan efek anti-inflamasi, dan meningkatkan produksi sel saraf baru dan ekspresi protein tertentu.

3. Makanan Laut

Makanan laut adalah sumber nutrisi yang sangat baik sangat penting untuk fungsi otak, termasuk lemak omega-3, yodium, dan seng.

Contohnya tubuh membutuhkan seng untuk produksi dan perkembangan sel saraf, sedangkan lemak omega-3 diperlukan untuk fungsi otak normal. Tubuh juga memerlukan yodium untuk memproduksi hormon tiroid yang sangat berperan penting dalam perkembangan otak.

4. Sayuran Berdaun Hijau 

Membolehkan anak konsumsi sayuran berdaun hijau mungkin sulit, namun penelitian menunjukkan sayuran bergizi ini penting untuk kesehatan otak anak.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan selada mengandung senyawa pelindung otak, termasuk folat, flavonoid, karotenoid, serta vitamin E dan K1.

5. Kakao

Kakao dan produk kakao, seperti biji kakao, merupakan salah satu sumber makanan antioksidan flavonoid yang paling terkonsentrasi, termasuk katekin dan epikatekin. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan pelindung otak, serta penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini bermanfaat bagi kesehatan otak.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Makanan Tinggi Purin yang Aman Bagi Penderita Asam Urat

Selain itu, flavonoid kakao juga dapat meningkatkan aliran darah menuju otak serta meningkatkan pemrosesan visual. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka meningkatkan kinerja pada tugas kognitif tertentu pada orang dewasa.

6. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang populer dan menjadi favorit anak-anak karena rasanya yang manis. Menambahkan jeruk ke dalam makanan anak Anda dapat meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan, termasuk kesehatan kognitifnya.

Jeruk kaya akan flavonoid, termasuk hesperidin dan narirutin. Dan jus jeruk adalah salah satu sumber flavonoid yang paling mudah ditemui dan umum dikonsumsi.

Selain itu, buah jeruk juga sangat kaya vitamin C, serta nutrisi lainnya yang tidak kalah penting untuk kesehatan otak. Karena vitamin C sangat diperlukan untuk perkembangan otak yang baik, produksi neurotransmitter, dan masih banyak lagi.

7. Yogurt 

Tawarkan yogurt tanpa pemanis kepada anak  untuk sarapan atau cemilan kaya protein adalah cara terbaik untuk mendukung kesehatan otak mereka.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Stres Karena Dipaksa Belajar, Perhatikan Sikapnya Ya!

Produk susu seperti yogurt merupakan sumber yodium yang baik, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif.

Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang tidak mengonsumsi cukup yodium lebih mungkin mengalami gangguan kognitif dibandingkan anak-anak yang pola makannya cukup yodium.

Penting untuk diingat bahwa kekurangan yodium lebih sering terjadi pada wanita hamil dan anak-anak, terutama di daerah miskin.

Selain menjadi sumber yodium yang baik, yogurt juga mengandung banyak nutrisi lain yang penting untuk perkembangan dan fungsi otak, termasuk protein, zinc, B12, dan selenium.

8. Makanan Kaya Zat Besi 

Kekurangan zat besi umum terjadi di seluruh dunia dan terutama terjadi pada anak-anak. Status zat besi yang rendah dapat berdampak negatif terhadap perkembangan kognitif dan kinerja akademik pada anak. Kekurangan zat besi juga telah dikaitkan dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD). 

Anak-anak yang berusia di bawah usia 7 tahun dianggap paling berisiko mengalami kekurangan zat besi. Maka dari itu, untuk membantu mencegah kekurangan zat besi pada anak-anak, pastikan makanan mereka mengandung zat besi. Seperti daging merah, unggas, makanan laut, kacang-kacangan, dan bayam.

9. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki gizi yang tinggi serta mengandung banyak nutrisi tinggi yang terkait dengan peningkatan fungsi kognitif. Termasuk vitamin E, seng, folat, zat besi, hingga protein.

Selain itu, kacang-kacangan, biji-bijian, serta selai kacang dan biji-bijian adalah makanan serbaguna dan ramah anak yang dapat membantu meningkatkan kualitas nutrisi makanan dan camilan.

Sumber : Healthline

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 18:39 WIB

5 Partai Resmi Berkoalisi di Pilkada Sukabumi 2024: Optimis Rebut Kursi Bupati

Menghadapai perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang, 5 partai di Kabupaten Sukabumi resmi berkoalisi, yaitu PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP.
5 partai politik resmi berkoalisi di Pilkada 2024 Kabupaten Sukabumi, Sabtu 04 Mei 2024 | Foto : Asep Awaludin
Life04 Mei 2024, 18:00 WIB

9 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak

Membesarkan dan mendidik anak merupakan hal yang terkadang sulit. Sehingga orang tua tidak boleh mengeluarkan kalimat yang membuat anak trauma.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak. Sumber : pexels.com/@Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 17:01 WIB

Edarkan Sabu, Pemuda Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat dalam peredaran narkoba jenis Sabu
DAM (31 tahun), pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat peredaran Sabu | Foto : Ist
Musik04 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya

Simak Lirik dan Terjemahan Too Much Of A Good Thing Berikut, Lagu Niki Zefanya yang Baru Dirilis pada Jumat, 3 Mei 2024.
Official Music Video Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya (Sumber : YouTube/NIKI)
Sukabumi04 Mei 2024, 16:10 WIB

Motif Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi, Diduga Tolak Hubungan Sesama Jenis

Polisi mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang asisten rumah tangga bernama Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun) di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
A (20 tahun) pelaku pembunuhan pembantu di Citepus Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life04 Mei 2024, 16:00 WIB

Menyebabkan Perpisahan, 6 Tanda Pasangan Anda Tidak Bahagia Hidup Bersama

Hubungan yang tidak sehat bisa menyebabkan perpisahan. Oleh sebab itu, setiap pasangan harus paham tanda bahwa kekasih sudah tidak bahagia.
Ilustrasi. Tanda pasangan sudah tidak bahagia. Sumber foto : Pexels/Vera Arsic