10 Rekomendasi Sayuran Warna-warni yang Menyehatkan Bagi Tubuh

Minggu 11 Februari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Makan berbagai macam sayuran berwarna-warni dapat membantu Anda mendapatkan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan yang baik. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).

Ilustrasi - Makan berbagai macam sayuran berwarna-warni dapat membantu Anda mendapatkan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan yang baik. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).

SUKABUMIUPDATE.com - Sayuran berwarna-warni adalah sayuran yang memiliki berbagai warna, seperti merah, hijau, kuning, oranye, ungu, dan putih. Setiap warna memiliki kandungan fitokimia yang berbeda, yang memberikan manfaat kesehatan yang unik.

Mengonsumsi sayuran setiap hari dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak nutrisi langsung dari makanan. Mereka juga membantu Anda merasa kenyang, membuat pengelolaan berat badan menjadi lebih mudah.

Berikut ada beberapa sayuran paling padat nutrisi dan manfaat kesehatannya dikutip via verywellhealth.

Baca Juga: 10 Ciri Wanita yang Paling Menarik dan Sangat Disukai Pria

1. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau paling kaya nutrisi yang bisa Anda makan. Sayuran ini menyediakan sejumlah besar vitamin A, B, dan K. Ini adalah sumber mineral yang baik, termasuk mangan, magnesium, zat besi, tembaga, dan kalsium. Plus, kaya akan antioksidan, serat, dan asam amino esensial.

Bayam dapat membantu mengatur kadar gula darah dan kolesterol serta menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Anda mungkin tidak ingin makan bayam setiap hari karena hal itu dapat mempersulit penyerapan kalsium dan magnesium, yang dapat menyebabkan batu ginjal. Jumlah vitamin K yang tinggi dapat mengganggu pengencer darah dan pengobatan lainnya.

2. Wortel

Sayuran akar ini kaya akan vitamin A. Wortel merupakan sumber beta karoten, potasium, serat, antioksidan, vitamin K, dan asam amino esensial yang baik.

Baca Juga: Menambah Berat Badan: Tips Makanan Terbaik dan Kebiasaan yang Harus Dibentuk

Fitokimia dalam wortel tampaknya memiliki efek anti kanker, antioksidan, anti inflamasi, dan antibakteri. Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat beta karoten dari wortel yang dimasak dibandingkan mentah. Mengonsumsi banyak makanan kaya karoten selama beberapa bulan dapat menyebabkan karotenemia, yang membuat kulit Anda tampak kuning atau oranye.

3. Ubi Jalar

Satu ubi jalar panggang dengan kulit sedang menyediakan 122% dari nilai harian yang direkomendasikan (DV) untuk vitamin A (berdasarkan diet 2.000 kalori). Di antara nutrisi lainnya, mereka juga kaya akan vitamin C, serat, potasium, vitamin B, beta karoten, dan asam amino esensial.

Ubi jalar dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes , penyakit kardiovaskular, dan kanker.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kuat dan Gampang Mengatasi Stres, Kamu Salah Satunya?

4. Brokoli

Brokoli kaya serat dan vitamin A, C, dan K serta merupakan sumber kalsium, potasium, dan zat besi yang baik. Brokoli memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-kanker yang kuat. Mentah atau dimasak, brokoli adalah cara terbaik untuk mendapatkan sayuran.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa indole glukosinolat, senyawa dalam sayuran, mengganggu hormon tiroid. Namun tidak ada cukup data untuk menyatakan berapa banyak Anda harus makan agar dapat menimbulkan masalah.

5. Kangkung

Kangkung adalah sumber vitamin K, C, A, dan B6, folat, dan mangan yang baik. Ini juga tinggi serat dan karotenoid, lutein, dan zeaxanthin.

Baca Juga: 9 Sikap Sederhana yang Membuat Lebih Tenang Menghadapi Stres

Antioksidan dalam kangkung membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Daun hijau ini dapat membantu mengatasi sembelit atau masalah pencernaan. Ini juga dapat melindungi terhadap penyakit jantung, kanker, dan obesitas. Anda akan mendapatkan lebih banyak nilai gizi dari kangkung mentah dibandingkan kangkung yang dimasak.

6. Kacang Hijau

Satu cangkir kacang hijau matang mengandung 31% DV serat. Anda juga akan mendapatkan banyak protein dan vitamin A, B, dan C, ditambah zat besi dan nutrisi penting lainnya.

Kacang hijau dan kacang-kacangan lainnya adalah makanan dengan indeks glikemik rendah , yang berarti kacang hijau biasanya tidak meningkatkan gula darah. Sayuran ini dapat membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Ditambah lagi, kandungan protein dan serat pada kacang polong dapat membantu Anda merasa kenyang dan mengontrol nafsu makan.

Baca Juga: 3 Cara Bagaimana Stres Memengaruhi Kesehatan dan Membuat Anda Sakit

7. Tomat

Tomat, yang merupakan buah-buahan, memiliki banyak vitamin C dan antioksidan lainnya. Tomat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, neurodegeneratif, dan usus. Dan tomat baik untuk sistem kekebalan tubuh dan kulit.

Dikenal dengan kandungan likopennya yang melimpah , yang memiliki sifat anti kanker, tomat berkhasiat baik mentah maupun dimasak. Namun lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap likopen dari tomat yang dimasak dibandingkan tomat mentah.

8. Paprika

Paprika adalah buah-buahan, meski kebanyakan orang menggunakannya sebagai sayuran. Mereka datang dalam berbagai warna, termasuk hijau, kuning, oranye, dan merah. Semuanya padat nutrisi, meskipun nilai gizinya sedikit berbeda menurut warna.

Baca Juga: 10 Cara Paling Mudah untuk Mengatasi Stres Agar Jiwa Sehat dan Hidup Bahagia

Paprika kaya akan senyawa bioaktif dengan sifat antioksidan, antibakteri, antijamur, antidiabetes, dan antitumor. Selain itu, mereka baik untuk sistem kekebalan tubuh.

9. Bawang Bombay

Senyawa bioaktif dalam bawang bombay memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Mereka memiliki efek antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi. Mereka juga dapat melindungi terhadap diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Dan mereka baik untuk sistem pencernaan, kekebalan tubuh, dan reproduksi.

10. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sebagian besar manfaat kesehatannya, termasuk sifat antioksidan yang kuat, berkat serangkaian senyawa bioaktif. Bawang putih dapat membantu meningkatkan kolesterol dan tekanan darah. Dan efek anti inflamasinya dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)