8 Dampak Kekerasan Fisik Pada Anak yang Dilakukan Orang Tua, Bisa Trauma!

Senin 28 Agustus 2023, 19:30 WIB
Ilustrasi - Kekerasan fisik dapat berdampak jangka panjang pada kesejahteraan fisik, emosional, dan psikologis anak. (Sumber : Freepik.com.)

Ilustrasi - Kekerasan fisik dapat berdampak jangka panjang pada kesejahteraan fisik, emosional, dan psikologis anak. (Sumber : Freepik.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Kekerasan fisik terhadap anak oleh orang tua adalah tindakan yang sangat tidak tepat dan berbahaya. Dampak yang ditimbulkannya pada anak bisa sangat merusak dan memengaruhi perkembangan mereka dalam banyak cara negatif.

Dampak kekerasan fisik yang dilakukan oleh orang tua pada anak dapat memiliki efek jangka pendek maupun jangka panjang yang serius terhadap perkembangan dan kesejahteraan anak.

Berikut ini ada beberapa dampak yang mungkin terjadi dari dampak kekerasan fisik pada anak.

Baca Juga: 10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri dan Tidak Tergantung Kepada Orang Lain

1. Masalah Kesehatan Fisik dan Psikologis

Anak dapat mengalami cedera seperti memar, luka, patah tulang, atau cedera lebih serius akibat kekerasan fisik. Lebih jauh, kekerasan fisik dapat menyebabkan stres, kecemasan, depresi, dan gangguan mental lainnya pada anak.

2. Gangguan Perilaku

Anak yang menjadi korban kekerasan fisik cenderung menunjukkan tingkat agresi yang lebih tinggi dan kesulitan mengelola kemarahan. Mereka mungkin kesulitan mengendalikan emosi dan menggunakan kekerasan sebagai cara untuk mengatasi konflik.

3. Rendahnya Kemandirian dan Kepercayaan Diri

Mereka yang sedari kecil mendapatkan kekerasan fisik dari orang tuanya mungkin akan merasa tidak aman dan takut di rumah. Hal itu akhirnya dapat merusak kemandirian dan perkembangan kepercayaan diri mereka.

Baca Juga: 12 Cara Menjadi Perempuan Elegan yang Disukai Banyak Orang, Yuk Dicoba

4. Gangguan dalam Hubungan Sosial

Anak-anak yang mengalami kekerasan fisik dapat mengalami kesulitan dalam membentuk hubungan sosial yang sehat dengan teman sebaya dan orang dewasa. Mereka cenderung berhati-hati dan memiliki rasa takut ketika ingin bersosialisasi.

5. Pemahaman yang Salah tentang Kekerasan

Dari kecil sudah disuapi dengan kekerasan, maka kemungkinan anak tersebut akan memandang kekerasan sebagai solusi untuk masalah interpersonal. Ini pada akhirnya dapat membentuk pandangan yang salah tentang penyelesaian konflik.

6. Siklus Kekerasan

Anak-anak yang tumbuh dengan pengalaman kekerasan fisik cenderung mengulangi pola tersebut di kemudian hari, baik sebagai korban atau pelaku kekerasan. Mereka akan mencontoh perilaku yang dilakukan orang tuanya sejak dulu.

Baca Juga: 12 Tips Bahagia Meskipun Hidup Sendirian, Dijamin Tak Kesepian!

7. Gangguan Belajar dan Perkembangan

Anak-anak yang mengalami kekerasan fisik cenderung mengalami gangguan dalam konsentrasi, belajar, dan perkembangan kognitif. Kekerasan yang dilakukan orang tuanya membuat mereka susah untuk fokus dan mencerna pelajaran.

8. Trauma Mendalam

Trauma adalah salah satu dampak serius dari kekerasan fisik yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak. Trauma terjadi ketika anak mengalami pengalaman yang mengancam keselamatan fisik dan emosionalnya.

Dampak trauma dapat berpengaruh jangka panjang pada perkembangan dan kesejahteraan anak. Trauma dapat meningkatkan risiko anak untuk mengalami gangguan mental seperti gangguan stres pascatrauma (PTSD), depresi, atau gangguan kecemasan.

Baca Juga: 40 Kata-Kata Inspirasi Untuk Meredakan Rasa Stress, Kembali Bersemangat!

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat21 Juni 2024, 09:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Asam Lambung, Dijamin Efektif Cegah Perut Sakit

Pengobatan rumahan ini dapat membantu mengatasi asam lambung.
Ilustrasi. Pengobatan rumahan ini dapat membantu mengatasi asam lambung. Sumber foto : Freepik/@jcomp
Life21 Juni 2024, 08:30 WIB

15 Cara Mengetahui Apakah Anda Korban Gaslighting, Renungi Pernyataan Psikologis Ini!

Saat Anda berhadapan dengan seseorang yang menggunakan gaslighting sebagai alat manipulasi, perhatikan baik-baik apa yang dilakukannya, bukan kata-kata yang dipilihnya.
Ilustrasi. Cara Mengetahui Apakah Anda Korban Gaslighting, Renungi Pernyataan Psikologis Ini! (Sumber : Pexels/ChristinaMorillo)
Food & Travel21 Juni 2024, 08:00 WIB

9 Makanan Manis Ini Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

Meskipun tidak mengandung kalori, beberapa pemanis buatan dapat mempengaruhi kadar gula darah dan insulin. Penggunaan berlebihan harus dihindari oleh penderita gula darah tinggi.
Ilustrasi. Makanan Manis yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi (Sumber : Freepik/@timolina)
Food & Travel21 Juni 2024, 06:04 WIB

Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat!

Yuk Intip Membuat Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Bisa Jadi Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat di Rumah!
Ilustrasi. Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science21 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juni 2024, Semua Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.  (Sumber : Pixabay.com/@Franz26)
DPRD Kab. Sukabumi21 Juni 2024, 00:12 WIB

Mengenal Kang Yudi Suryadikrama, Wakil Rakyat Sukabumi yang Lekat dengan Thoriqoh

Yudi Suryadikrama, politisi PDI Perjuangan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, dikenal oleh banyak orang. Namun, hanya sedikit yang mengetahui aktivitas sehari-harinya.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi / Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sukabumi20 Juni 2024, 22:28 WIB

5 Nama Digodok Tertutup, Gerindra Akan Segera Umumkan Dukungan di Pilkada Sukabumi

Proses penjaringan kandidat untuk Pilkada Sukabumi tengah dilakukan secara tertutup dengan beberapa nama yang telah mendaftar, yaitu Asep Japar, Iyos Somantri, Yudha Sukmagara, Deden Deden Deni Wahyudin, dan Rastya.
Yudha Sukmagara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi20 Juni 2024, 21:29 WIB

Pemkab Sukabumi Tawarkan Investasi Pengolahan Padi di Investment Challenge 2024

emerintah Kabupaten Sukabumi berpartisipasi aktif dalam kegiatan Investment Challenge 2024, yang merupakan bagian dari West Java Investment Roadshow 2024. Acara ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat presentasi di Investment Challenge 2024 di Jakarta | Foto : Dokpim
Life20 Juni 2024, 21:15 WIB

7 Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok, Ternyata Ini yang Paling Ampuh

Ngorok bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan lebih serius, terutama jika terjadi secara teratur dan mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok (Sumber : pixabay.com/@another90)
Sehat20 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.
Ilustrasi Kurang Tidur - Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)