6 Rekomendasi Makanan untuk Jaga Kesehatan Otak, Ada Harga Murah 2 Ribuan!

Kamis 27 Juli 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi. Minyak Zaitun | Rekomendasi Makanan untuk Jaga Kesehatan Otak, Ada Harga Murah 2 Ribuan!(Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)

Ilustrasi. Minyak Zaitun | Rekomendasi Makanan untuk Jaga Kesehatan Otak, Ada Harga Murah 2 Ribuan!(Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)

SUKABUMIUPDATE.com - Rekomendasi makanan untuk menjaga kesehatan otak penting diketahui. Selain menambah nutrisi, sejumlah makanan ini juga enak dikonsumsi.

Seperti diketahui, asupan nutrisi mempengaruhi kesehatan otak dalam berbagai cara. Apa yang dimakan tidak hanya memberi energi pada sel-sel otak tetapi juga kebahagiaan dalam hidup yang dapat mendukung suasana hati yang stabil.

“Para ilmuwan gizi telah mencatat makanan yang kita konsumsi dapat memiliki efek yang jauh lebih kompleks pada suasana hati dan temperamen,” jelas Chairman Herbalife Nutrition Institute, David Heber, dikutip Kamis (27/7/2023).

Baca Juga: 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian

Berikut enam jenis makanan kaya nutrisi untuk kesehatan otak, sebagaimana dikutip via Tempo.co: 

Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Kesehatan Otak

1. Minyak ikan

Jika ada makanan yang dapat dikaitkan dengan kesehatan otak, minyak ikan adalah salah satu yang tepat karena ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan trout memiliki kadar omega-3 yang tinggi. 

Ikan yang dipelihara di peternakan, termasuk ikan nila, juga memiliki kandungan omega-3 dan omega-6.

Sekitar 60 persen otak terdiri dari lemak dan asam lemak omega-3 berantai panjang (EPA dan DHA) yang terdapat dalam ikan adalah jenis lemak yang tidak diproduksi dengan efisien oleh tubuh sehingga harus mendapatkannya dari makanan. Asam lemak omega-3 juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Harga minyak ikan yang dijual di pasaran ada di kisaran Rp 165 ribuan.

2. Teh hitam dan teh hijau

Teh hitam dan teh hijau memberikan hidrasi sepanjang hari yang penting untuk otak, juga merangsang metabolisme dan membantu meningkatkan energi. Teh-teh ini juga mendukung aktivitas antioksidan dalam tubuh yang membantu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: 5 Alasan Wanita Rentan Mengalami Gangguan Kesehatan Mental Dibanding Pria

Sebagai tips, usai diseduh teh jangan langsung diminum tapi beri waktu agar air dapat mengekstrak dan mengkonsentrasikan komponen teh sehingga didapat manfaat maksimal. Harga teh hitam dan teh hijau yaitu sekitar Rp 65 ribuan.

3. Lutein

Lutein adalah senyawa fitonutrien antioksidan berwarna kuning yang ditemukan dalam bayam, kubis, dan alpukat, serta suplemen makanan untuk kesehatan mata. 

Lutein terkonsentrasi di bagian belakang mata pada area yang disebut makula, yang paling terpapar sinar ultraviolet akibat fokus cahaya oleh lensa mata.

Mata terhubung dengan otak melalui saraf optik dan lutein diangkut ke otak di mana konsentrasinya lebih tinggi daripada di dalam darah (58 persen antioksidan seperti karoten dalam otak tetapi hanya 28 persen dalam aliran darah).

4. Cokelat hitam

Jenis cokelat ini kaya flavonoid yang merupakan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan daya ingat dan membantu melambatkan penurunan mental terkait usia, terdapat dalam cokelat dengan kandungan kakao setidaknya 70 persen. 

Baca Juga: Disebut Teh Hijau, Apa Perbedaan Green Tea dan Matcha?

Misalnya, cokelat putih tidak mengandung kakao dan banyak permen hanya mengandung 30 persen kakao. Meski demikian, cokelat menjadi salah satu camilan favorit karena membuat otak melepaskan dopamin yang mampu meningkatkan suasana hati.

Harga coklat hitam cukup terjangkau yakni sekitar Rp 17 ribuan.

5. Telur

Telur merupakan bahan pangan kaya protein dan vitamin seperti B, D, dan E, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Telur adalah rekomendasi makanan murah untuk menjaga kesehatan otak anak, harga 1 telur hanya sekitar Rp 2- 3 ribu saja.

Mikronutrien seperti kolin juga terdapat dalam telur, yang digunakan tubuh untuk membuat asetilkolin atau neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati dan daya ingat. Kuning telur juga mengandung lutein yang dapat membantu kesehatan otak.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun extra virgin kaya polifenol yang disebut hidroksitirosol, yang dihilangkan dalam bentuk minyak zaitun yang diproses. Antioksidan yang kuat ini dapat meningkatkan pembelajaran dan daya ingat, juga mengandung senyawa yang meniru penghilang rasa sakit. 

Baca Juga: 8 Alasan Seseorang Disebut Punya Mental Baja, Kaum Open Minded!

Senyawa yang disebut oleokantal bekerja seperti ibuprofen untuk menghambat komponen dari jalur rasa sakit yang disebut sistem prostaglandin. Harga minyak zaitun kurang lebih ada di kisaran Rp 35 ribuan.

“Pada akhirnya, pastikan untuk mengonsumsi makanan berkualitas tinggi yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Bagian penting lain dalam menjaga otak sehat adalah melakukan latihan neurobik, yang membantu meningkatkan perhatian, daya ingat, kognisi, dan suasana hati,” tutur Heber.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional24 April 2024, 15:14 WIB

Dapat Nilai Baik, Pemkab Sukabumi Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPM

Dapat nilai baik oleh Kemendagri dalam SPM Awards 2024, Sekda Ade sebut Pemkab Sukabumi berkomitmen tingkatkan kualitas penyelenggaraan SPM.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman (tengah) menghadiri Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Inspirasi24 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 14:56 WIB

BAPPEDA Bahas Perencanaan Inklusif Soal Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tingkat Jabar

Salah satu inovasi yang ditampilkan Pemkot Sukabumi adalah One Roof.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 April 2024, 14:45 WIB

Pidato Perdana Prabowo Usai Resmi Ditetapkan jadi Presiden Terpilih 2024-2029

Berikut isi pidato perdana Prabowo Subianto setelah resmi ditetapkan jadi Presiden Indonesia terpilih 2024-2029.
Didampingi Gibran Rakabuming Raka, Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan jadi Presiden RI terpilih. (Sumber : Youtube KPU RI)
Jawa Barat24 April 2024, 14:37 WIB

Kang Hendar Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah yang sudah memiliki payung hukum untuk perlindungan anak.
Kang Hendar dalam Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, Sabtu, 6 April 2024 di Aula Wisma Panineungan, Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: doktim)
Bola24 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Bali United: Serdadu Tridatu Siap Curi 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi24 April 2024, 13:30 WIB

DPRD Minta Pemerintah Tangani Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Longsor sudah dua kali di Curug Cimarinjung sehingga harus menjadi perhatian.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung, Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa