6 Rekomendasi Makanan untuk Jaga Kesehatan Otak, Ada Harga Murah 2 Ribuan!

Kamis 27 Juli 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi. Minyak Zaitun | Rekomendasi Makanan untuk Jaga Kesehatan Otak, Ada Harga Murah 2 Ribuan!(Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)

Ilustrasi. Minyak Zaitun | Rekomendasi Makanan untuk Jaga Kesehatan Otak, Ada Harga Murah 2 Ribuan!(Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)

SUKABUMIUPDATE.com - Rekomendasi makanan untuk menjaga kesehatan otak penting diketahui. Selain menambah nutrisi, sejumlah makanan ini juga enak dikonsumsi.

Seperti diketahui, asupan nutrisi mempengaruhi kesehatan otak dalam berbagai cara. Apa yang dimakan tidak hanya memberi energi pada sel-sel otak tetapi juga kebahagiaan dalam hidup yang dapat mendukung suasana hati yang stabil.

“Para ilmuwan gizi telah mencatat makanan yang kita konsumsi dapat memiliki efek yang jauh lebih kompleks pada suasana hati dan temperamen,” jelas Chairman Herbalife Nutrition Institute, David Heber, dikutip Kamis (27/7/2023).

Baca Juga: 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian

Berikut enam jenis makanan kaya nutrisi untuk kesehatan otak, sebagaimana dikutip via Tempo.co: 

Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Kesehatan Otak

1. Minyak ikan

Jika ada makanan yang dapat dikaitkan dengan kesehatan otak, minyak ikan adalah salah satu yang tepat karena ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan trout memiliki kadar omega-3 yang tinggi. 

Ikan yang dipelihara di peternakan, termasuk ikan nila, juga memiliki kandungan omega-3 dan omega-6.

Sekitar 60 persen otak terdiri dari lemak dan asam lemak omega-3 berantai panjang (EPA dan DHA) yang terdapat dalam ikan adalah jenis lemak yang tidak diproduksi dengan efisien oleh tubuh sehingga harus mendapatkannya dari makanan. Asam lemak omega-3 juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Harga minyak ikan yang dijual di pasaran ada di kisaran Rp 165 ribuan.

2. Teh hitam dan teh hijau

Teh hitam dan teh hijau memberikan hidrasi sepanjang hari yang penting untuk otak, juga merangsang metabolisme dan membantu meningkatkan energi. Teh-teh ini juga mendukung aktivitas antioksidan dalam tubuh yang membantu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: 5 Alasan Wanita Rentan Mengalami Gangguan Kesehatan Mental Dibanding Pria

Sebagai tips, usai diseduh teh jangan langsung diminum tapi beri waktu agar air dapat mengekstrak dan mengkonsentrasikan komponen teh sehingga didapat manfaat maksimal. Harga teh hitam dan teh hijau yaitu sekitar Rp 65 ribuan.

3. Lutein

Lutein adalah senyawa fitonutrien antioksidan berwarna kuning yang ditemukan dalam bayam, kubis, dan alpukat, serta suplemen makanan untuk kesehatan mata. 

Lutein terkonsentrasi di bagian belakang mata pada area yang disebut makula, yang paling terpapar sinar ultraviolet akibat fokus cahaya oleh lensa mata.

Mata terhubung dengan otak melalui saraf optik dan lutein diangkut ke otak di mana konsentrasinya lebih tinggi daripada di dalam darah (58 persen antioksidan seperti karoten dalam otak tetapi hanya 28 persen dalam aliran darah).

4. Cokelat hitam

Jenis cokelat ini kaya flavonoid yang merupakan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan daya ingat dan membantu melambatkan penurunan mental terkait usia, terdapat dalam cokelat dengan kandungan kakao setidaknya 70 persen. 

Baca Juga: Disebut Teh Hijau, Apa Perbedaan Green Tea dan Matcha?

Misalnya, cokelat putih tidak mengandung kakao dan banyak permen hanya mengandung 30 persen kakao. Meski demikian, cokelat menjadi salah satu camilan favorit karena membuat otak melepaskan dopamin yang mampu meningkatkan suasana hati.

Harga coklat hitam cukup terjangkau yakni sekitar Rp 17 ribuan.

5. Telur

Telur merupakan bahan pangan kaya protein dan vitamin seperti B, D, dan E, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Telur adalah rekomendasi makanan murah untuk menjaga kesehatan otak anak, harga 1 telur hanya sekitar Rp 2- 3 ribu saja.

Mikronutrien seperti kolin juga terdapat dalam telur, yang digunakan tubuh untuk membuat asetilkolin atau neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati dan daya ingat. Kuning telur juga mengandung lutein yang dapat membantu kesehatan otak.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun extra virgin kaya polifenol yang disebut hidroksitirosol, yang dihilangkan dalam bentuk minyak zaitun yang diproses. Antioksidan yang kuat ini dapat meningkatkan pembelajaran dan daya ingat, juga mengandung senyawa yang meniru penghilang rasa sakit. 

Baca Juga: 8 Alasan Seseorang Disebut Punya Mental Baja, Kaum Open Minded!

Senyawa yang disebut oleokantal bekerja seperti ibuprofen untuk menghambat komponen dari jalur rasa sakit yang disebut sistem prostaglandin. Harga minyak zaitun kurang lebih ada di kisaran Rp 35 ribuan.

“Pada akhirnya, pastikan untuk mengonsumsi makanan berkualitas tinggi yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Bagian penting lain dalam menjaga otak sehat adalah melakukan latihan neurobik, yang membantu meningkatkan perhatian, daya ingat, kognisi, dan suasana hati,” tutur Heber.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa