9 Buah Manis untuk Atasi Asam Lambung Naik, Semuanya Ada di Pasar!

Selasa 06 Juni 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi - 9 Buah Manis untuk Atasi Asam Lambung Naik, Semuanya Ada di Pasar! (Sumber : Freepik)

Ilustrasi - 9 Buah Manis untuk Atasi Asam Lambung Naik, Semuanya Ada di Pasar! (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam lambung adalah sebuah kondisi yang terjadi saat otot kerongkongan pada bagian bawah (otot LES) menjadi lemah.

Pelemahan otot LES ini akan membuat kerongkongan tetap terbuka setelah makanan turun sehingga membuat asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Penting untuk diketahui Updaters, gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa terbakar pada bagian dada atau lebih dikenal dengan heartburn yang dapat menjadi lebih buruk setelah makan atau berbaring.

Baca Juga: Begini Cara Bu Siti Berbagi Jatah dengan 2 Suami Mudanya, Tetap Harmonis

Karena kondisi asam lambung naik bisa membuat penderitanya menjadi tidak nyaman saat menjalankan aktivitas, tentunya wajib untuk mengetahui beberapa cara untuk mengatasinya, salah satunya, yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan manis.

Dan berikut kami rangkumkan dari berbagai sumber sembilan buah untuk atasi asam lambung naik yang bisa ditemukan dimana-mana, penderita asam lambung yuk simak!

1. Buah Alpukat

Menghimpun dari Akurat.co, buah pertama yang baik dikonsumsi saat asam lambung naik yaitu buah alpukat. 

Baca Juga: PART I: Kecelakaan Laut dan Nasib Status UNESCO Global Geopark Ciletuh Sukabumi

Buah alpukat dipercaya mampu meredakan asam lambung atau maag karena alpukat termasuk buah dengan asam yang rendah.

Hal tersebut karena buah alpukat kaya kalium, vitamin B, vitamin K, memiliki lemak yang tinggi,  yang mana kandungan tersebut dapat menjaga keasaman lambung.

2. Buah Melon

Selanjutnya, buah manis yang dapat mengatasi asam lambung adalah melon. Melon dapat meredakan asam lambung karena kandungan mineral magnesium yang membuatnya bersifat basa. 

Mengkonsumsi buah ini saat asam lambung juga dapat meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan kalium yang dimiliki buah melon. Selain itu, buah melon juga memiliki antioksidan yang membantu mencegah peradangan. 

Baca Juga: 7 Cerita Mistik Gunung Sunda Sukabumi, Benda Pusaka hingga Pesantren Gaib

3. Kelapa

Buah manis selanjutnya yang dapat mengatasi asam lambung adalah buah kelapa. Buah ini dipercaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan karena kandungan senyawa mineral serta kalium, sehingga dapat membuat suhu tubuh tetap normal serta menghambat peradangan pada lambung. 

4. Buah Semangka

Selanjutnya, buah manis yang dapat mengatasi asam lambung adalah buah semangka. Buah ini dapat meredakan asam lambung karena kandungan air yang cukup tinggi. 

Semangka juga dapat menjadi sumber likopen yang turut berperan dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh. 

5. Buah Pisang

Buah manis selanjutnya adalah pisang. Pisang menjadi buah manis yang dapat mengatasi asam lambung karena kandungan senyawa yang dimilikinya dapat membantu penetralan asam lambung hingga meringankan gejala maag. 

6. Buah Apel

Selanjutnya, buah manis yang dapat mengatasi asam lambung adalah apel. Apel dapat meredakan asam lambung karena kandungan kalsium, kalium dan magnesium yang dimilikinya. Dengan catatan, pilihlah apel yang tidak asam untuk dikonsumsi saat asam lambung

7. Buah Persik

Terakhir, buah manis yang bisa membantu meredakan asam lambung adalah buah persik. Buah ini mengandung kalsium, zat besi, magnesium,, vitamin A, B6, B12 dan C yang dipercaya membantu mengatasi diabetes, masalah kulit, mencegah kanker kolorektal dan masalah pencernaan lainnya. 

8. Kurma 

Buah kurma baik untuk penderita asam lambung karena memiliki tingkat pH yang rendah. Selain tidak menyebabkan asam lambung naik, kurma juga memiliki manfaat kesehatan seperti menambah energi. 

9. Buah Pepaya 

Pepaya selama ini memang dikenal sebagai salah satu buah yang dapat mengatasi masalah pencernaan berupa sulit buang air besar (BAB) alias sembelit. 

Namun selain itu, pepaya juga bisa membantu mengatasi gejala nyeri ulu hati pada kasus GERD.  Manfaat ini karena pepaya mengandung enzim bernama papain. 

Nah itulah sembilan buah untuk atasi asam lambung, semoga informasi ini bermanfaat untuk penderita GERD.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi18 April 2024, 22:56 WIB

Anggota DPRD Beri Apresiasi Libur Lebaran 2024 di Sukabumi Nihil Korban Jiwa

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim gabungan atas keberhasilan mereka dalam meningkatkan keamanan di objek wisata selama libur Lebaran 2024.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola18 April 2024, 22:54 WIB

Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bungkam Australia 1-0

Gol Komang Teguh membawa Timnas Indonesia U-23 kalahkan Australia di Piala Asia U-23 2024.
Komang Teguh cetak gol satu-satunya Timnas Indonesia U-23 atas Australia di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Sumber : PSSI)
Sukabumi Memilih18 April 2024, 21:56 WIB

Usai Daftar di Demokrat dan PDIP, Ayep Zaki Buka Opsi Maju Pilwalkot Sukabumi Lewat Koalisi Besar

Pengusaha sekaligus Pembina FKDB, Ayep Zaki resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran bakal calon wali kota / wakil wali kota ke dua partai politik di Kota Sukabumi, yaitu Partai Demokrat dan PDI Perjuangan
H. Ayep Zaki resmi mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP untuk maju Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Syams
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari