Sasar 25 Ribu Anak, Dinkes Kota Sukabumi Bakal Gelar Imunisasi Polio

Minggu 02 April 2023, 09:01 WIB
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi akan memulai Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-Pin) Polio dengan sasaran anak usia 0-59 bulan. | Foto: alodokter.com

(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi akan memulai Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-Pin) Polio dengan sasaran anak usia 0-59 bulan. | Foto: alodokter.com

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi pada 3 April 2023 akan memulai Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-Pin) Polio dengan sasaran anak usia 0-59 bulan. Ini disampaikan Kepala Bidang P2P Dinkes drg Wita Darmawanti di kantornya pada 31 Maret 2023.

Wita mengatakan secara teknis putaran pertama pemberian imunisasi polio di puskesmas, posyandu, maupun PAUD yang dimulai 3 April 2023 akan dilaksanakan selama seminggu, ditambah lima hari sweeping. Hal serupa akan kembali dilakukan pada putaran kedua yang dijadwalkan dimulai 15 Mei 2023.

Dia melanjutkan bahwa berdasarkan data yang dimilikinya, sasaran Sub-Pin Polio adalah sebanyak 25 ribu orang anak usia 0-59 bulan, dan ditargetkan imunisasi bisa mencapai 95 persen dari jumlah sasaran.

Seperti dijelaskan lebih lanjut dalam pengawasan kasus polio, Dinkes terus melakukan pemantauan terhadap kejadian kecacatan maupun lumpuh layu akut pada anak dan dari sejumlah sampel yang pernah dikirimkan Dinkes ke Bio Farma untuk diperiksa, sejauh ini tidak terjadi kasus polio di Kota Sukabumi.

Baca Juga: Dinkes Akan Gelar Sub PIN Polio Bagi 200.096 Balita di Kabupaten Sukabumi

"Kalau di Kota Sukabumi, alhamdulillah saat ini masih aman, terkendali. Setiap sampel yang kita kirimkan ketika terjadi kecacatan atau lumpuh layu akut, ini kita segera kirimkan ke Bio Farma untuk dilakukan pemeriksaan. Ternyata empat sampel yang kita kirimkan, semua negatif," kata Wita.

Diharapkannya masyarakat bisa menyukseskan Sub-Pin Polio untuk menghindarkan anak-anak dari kelumpuhan dan kecacatan seumur hidup.

"Harapan kita dengan adanya Sub–Pin Polio, anak–anak kita terbebas dan terlindungi dari kelumpuhan dan kecacatan seumur hidup," ujarnya.

Secara serentak Sub-Pin Polio akan dilaksanakan pula di berbagai daerah lainnya di Jawa Barat dengan target 3,9 juta orang anak usia 0–59 bulan.

Dilansir dari jabarprov.go.id, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan imunisasi merupakan faktor penting dalam pencegahan stunting dan upaya mewujudkan masyarakat sehat, kuat, dan unggul.

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

(Advertorial)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay