Sasar 25 Ribu Anak, Dinkes Kota Sukabumi Bakal Gelar Imunisasi Polio

Minggu 02 April 2023, 09:01 WIB
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi akan memulai Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-Pin) Polio dengan sasaran anak usia 0-59 bulan. | Foto: alodokter.com

(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi akan memulai Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-Pin) Polio dengan sasaran anak usia 0-59 bulan. | Foto: alodokter.com

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi pada 3 April 2023 akan memulai Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-Pin) Polio dengan sasaran anak usia 0-59 bulan. Ini disampaikan Kepala Bidang P2P Dinkes drg Wita Darmawanti di kantornya pada 31 Maret 2023.

Wita mengatakan secara teknis putaran pertama pemberian imunisasi polio di puskesmas, posyandu, maupun PAUD yang dimulai 3 April 2023 akan dilaksanakan selama seminggu, ditambah lima hari sweeping. Hal serupa akan kembali dilakukan pada putaran kedua yang dijadwalkan dimulai 15 Mei 2023.

Dia melanjutkan bahwa berdasarkan data yang dimilikinya, sasaran Sub-Pin Polio adalah sebanyak 25 ribu orang anak usia 0-59 bulan, dan ditargetkan imunisasi bisa mencapai 95 persen dari jumlah sasaran.

Seperti dijelaskan lebih lanjut dalam pengawasan kasus polio, Dinkes terus melakukan pemantauan terhadap kejadian kecacatan maupun lumpuh layu akut pada anak dan dari sejumlah sampel yang pernah dikirimkan Dinkes ke Bio Farma untuk diperiksa, sejauh ini tidak terjadi kasus polio di Kota Sukabumi.

Baca Juga: Dinkes Akan Gelar Sub PIN Polio Bagi 200.096 Balita di Kabupaten Sukabumi

"Kalau di Kota Sukabumi, alhamdulillah saat ini masih aman, terkendali. Setiap sampel yang kita kirimkan ketika terjadi kecacatan atau lumpuh layu akut, ini kita segera kirimkan ke Bio Farma untuk dilakukan pemeriksaan. Ternyata empat sampel yang kita kirimkan, semua negatif," kata Wita.

Diharapkannya masyarakat bisa menyukseskan Sub-Pin Polio untuk menghindarkan anak-anak dari kelumpuhan dan kecacatan seumur hidup.

"Harapan kita dengan adanya Sub–Pin Polio, anak–anak kita terbebas dan terlindungi dari kelumpuhan dan kecacatan seumur hidup," ujarnya.

Secara serentak Sub-Pin Polio akan dilaksanakan pula di berbagai daerah lainnya di Jawa Barat dengan target 3,9 juta orang anak usia 0–59 bulan.

Dilansir dari jabarprov.go.id, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan imunisasi merupakan faktor penting dalam pencegahan stunting dan upaya mewujudkan masyarakat sehat, kuat, dan unggul.

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

(Advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih04 Maret 2024, 23:25 WIB

Protes Suara DPR RI PDIP Diduga Hilang, Pleno KPU Kabupaten Sukabumi Memanas

Hari keempat Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palabuhanratu, sempat ricuh, Senin (4/2/2024).
Pleno Rekapitulasi Suara KPU tingkat kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Entertainment04 Maret 2024, 21:37 WIB

Lisa Blackpink Pamer Kedekatan dengan Taylor Swift di Singapura, Akrab Banget!

Lisa Blackpink menghebohkan penggemarnya sedang menonton konser Taylor Swift “The Eras Tour” di Singapura pada Minggu (3/3/2024).
Lisa Blackpink pamer foto bareng Taylor Swift usai konser “The Eras Tour” hari kedua di Singapura, Minggu (3/3/2024). (Sumber : Instagram/@lalalalisa_m)
Internasional04 Maret 2024, 21:29 WIB

Perkosa PRT Asal Indonesia, Eks Anggota Dewan Malaysia Dihukum 8 Tahun Penjara & 2 Cambukan

Mantan anggota dewan di Malayasia, Paul Yong Choo Kiong dinyatakan bersalah karena memperkosa pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia, kasus terjadi pada Juli 2019.
Ilustrasi seorang PRT asal Indonesia diperkosa eks anggota dewan di Malayasia | Foto Freepik/raybon)
Entertainment04 Maret 2024, 21:00 WIB

Rafathar Salting Wajahnya Sudah Tumbuh Jerawat, Mbak Lala: ‘Ciye Udah Gede’

Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya.
Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya. (Sumber : Tiktok @rayyanzacipung_acikule).
Nasional04 Maret 2024, 20:51 WIB

KPK Soroti Dugaan Suap Izin Tambang yang Seret Menteri Bahlil Lahadiala

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi pemberitaan soal Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diduga menerima uang suap dari perizinan tambang. Ia menyebut tengah mempelajari laporan berita investigasi tersebut.
Menteri Investasi Bahlil Lahadiala sat berfoto dengan Paslo Prabowo-Gibran | Foto : Ist
Life04 Maret 2024, 20:32 WIB

4 Tips Mudah Atasi Kecemasan Pada Anak di Rumah, Yuk Terapkan Bunda

Kecemasan yang dirasakan anak-anak merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, apabila hal ini berlangsung lama maka orang tua perlu mencari cara mengatasinya.
Ilustrasi seorang Ibu membantu anaknya atasi kecemasan di rumah. (Sumber : Freepik)
Life04 Maret 2024, 20:30 WIB

10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental

Inilah tips menggunakan media sosial agar tetap sehat fisik dan mental serta terhindar dari dampak negatif lainnya
Ilustrasi - 10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 20:26 WIB

Menggrilla Sukabumi Tawarkan Sensasi Nge-Grill Nikmat Dengan Harga Terjangkau

Menggrilla Sukabumi menawarkan sensasi kenikmatan makan daging panggang atau grill yang lembut dan empuk dengan harga terjangkau.
Menu daging panggang di Menggrilla Sukabumi yang memanjakan lidah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Maret 2024, 20:17 WIB

Pasien DBD Di RSUD Jampang Kulon Sukabumi Alami Peningkatan Kasus

Seksi Pelayanan Medis RSUD Jampangkulon, dr. Lastri Asmuniati mengatakan dari data bulan Desember 2023 hingga bulan Februari 2024, kasus Dengue memang ada kenaikan.
Pasien DPD di RSUD Jampang Kulon alami peningkatan kasus | Foto : Ragil Gilang
Life04 Maret 2024, 20:00 WIB

Tes Kepribadian: Pilih Satu dari 4 Hewan Ini dan Akan Ungkap Siapa Anda Sebenarnya

Tes ini didasarkan pada gagasan bahwa hewan memiliki karakteristik yang dapat dikaitkan dengan kepribadian manusia.
Ilustrasi - Tes ini didasarkan pada gagasan bahwa hewan memiliki karakteristik yang dapat dikaitkan dengan kepribadian manusia. (Sumber : Jagran Josh).