7 Manfaat Teh Kembang Sepatu Bagi Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

Kamis 02 Maret 2023, 05:45 WIB
7 Manfaat Teh Kembang Sepatu Bagi Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan. | (Sumber : Freepik.com/@ azerbaijan_stockers.)

7 Manfaat Teh Kembang Sepatu Bagi Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan. | (Sumber : Freepik.com/@ azerbaijan_stockers.)

SUKABUMIUPDATE.com - Bunga kembang sepatu atau Hibiscus Sabdariffa adalah salah satu tanaman yang biasa dijadikan sebagai teh herbal. Teh kembang sepatu kerap dijadikan pengobatan karena didalamnya memiliki sederet khasiat untuk kesehatan tubuh.

Teh kembang sepatu kaya akan antioksidan seperti beta karoten, antosianin dan vitamin C. Teh kembang sepatu ini telah digunakan di negara-negara Afrika untuk mengobati sakit tenggorokan hingga mengobati penyakit jantung.

Mengutip halodoc, penelitian telah menunjukkan bahwa meminum teh kembang sepatu dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Seperti menurunkan tekanan darah, melawan bakteri, dan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Viral Pelajar Tewas Diduga Dicekoki Miras Oplosan Alkohol 96%

Berikut 7 manfaat teh kembang sepatu yang bagus untuk kesehatan tubuh dikutip via Akurat.co.

Manfaat Teh Kembang Sepatu Bagi Tubuh

1. Kaya Kandungan Antioksidan

Tanaman kembang sepatu kaya akan antioksidan seperti betakaroten, vitamin C, dan antosianin. Antioksidan adalah molekul yang membantu melindungi dari senyawa yang disebut radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Radikal bebas menyebabkan kerusakan sel yang berkontribusi terhadap penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes. Sementara tubuhmu menggunakan antioksidan-nya sendiri untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas, makanan kaya antioksidan juga dapat berperan dalam mencegah penyakit.

Baca Juga: 2 Jembatan Penghubung Sukabumi Bogor Longsor, Potensi Kemacetan Hingga Gagal Mudik

Sebuah studi juga mengungkapkan seorang sindrom Marfan yang menggunakan ekstrak kembang sepatu pada infusnya dapat mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kadar antioksidan dalam darah.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan penyakit ginjal. Dalam uji klinis, minum teh kembang sepatu terbukti menurunkan tekanan darah pada manusia.

Namun, Pusat Kesehatan Pelengkap dan Integratif Nasional menunjukkan bahwa kembang sepatu dan pengobatan herbal lainnya hanya sedikit menurunkan tekanan darah. Mereka tidak dapat menggantikan obat bagi mereka yang telah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan lain yang mempengaruhi jutaan orang dewasa dan berkontribusi terhadap penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Sementara beberapa studi klinis menunjukkan Teh kembang sepatu bisa menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Dalam sebuah studi menunjukkan efek meminum Teh kembang sepatu pada orang yang mengalami sindrom metabolik menunjukkan bahwa mengambil 100 mg ekstrak kembang sepatu setiap hari dikaitkan dengan penurunan kolesterol total dan peningkatan kolesterol HDL (baik) dalam darah.

4. Meningkatkan Kesehatan Hati

Hati manusia memiliki fungsi yang sangat penting, mulai dari memproduksi protein, mengeluarkan racun empedu, hingga memecah lemak. Karena pekerjaannya yang berat, hati rentan mengalami kerusakan, jadi kita harus menjaga kesehatannya.

Salah satunya dengan meminum Teh kembang sepatu. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa teh kembang sepatu (Teh Hibiscus) dapat meningkatkan kesehatan hati dan membantu hati bekerja secara efisien.

Sebuah studi pada 19 orang yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) menemukan bahwa meminum ekstrak kembang sepatu selama 12 minggu meningkatkan steatosis hati. Kondisi ini ditandai dengan penumpukan lemak di hati yang dapat menyebabkan gagal hati ataupun kerusakan hati.

5. Mencegah Kanker

Teh kembang sepatu kaya akan polifenol, senyawa yang memiliki sifat anti kanker yang kuat. Suatu penelitian telah menemukan hasil yang mengesankan mengenai efek potensial ekstrak kembang sepatu pada sel kanker. Dalam sebuah penelitian, ekstrak kembang sepatu dapat mengganggu pertumbuhan sel dan mengurangi invasi kanker mulut dan sel plasma.

Studi lainnya melaporkan bahwa ekstrak daun kembang sepatu mampu mencegah penyebaran sel kanker prostat. Ekstrak kembang sepatu juga telah terbukti menghambat sel kanker lambung hingga 52% dalam studi lainnya.

Baca Juga: Titik di Simpenan, Sesar Cimandiri Picu Gempa Guncang Sukabumi

Perlu diingat bahwa ini adalah studi yang menggunakan ekstrak kembang sepatu dalam jumlah tinggi dan masih diperlukan penelitian lanjutan pada manusia untuk mengevaluasi efek teh kembang sepatu (Teh Hibiscus) terhadap penyakit kanker.

6. Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Teh kembang sepatu bisa membantu penurunan berat badan serta perlindungan terhadap risiko obesitas. Sebuah studi terhadap 36 peserta kelebihan berat badan diberikan teh ekstrak kembang sepatu atau plasebo.

Setelah 12 minggu, teh ekstrak kembang sepatu dapat membantu mengurangi berat badan, lemak tubuh, indeks massa tubuh dan rasio hip-ke-pinggang.

7. Melawan Peradangan

Peradangan mampu mengembangkan berbagai penyakit serius, contohnya kanker, asma, penyakit jantung, dan sebagainya. Minuman sehat Teh Hibicus diklaim memiliki efek anti-inflamasi yang mampu melawan proses peradangan tersebut.

Itulah 7 manfaat dari Teh kembang sepatu yang dapat kamu minum secara rutin. Tapi perlu diingat, kamu yang memiliki alergi terhadap bunga, interaksi obat, dan masalah hati, tidak boleh meminum teh ini ya!

Sumber: Akurat.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang