Harus Coba! Ini Penyebab dan 20 Cara Menghilangkan Bau Badan

Selasa 31 Januari 2023, 05:45 WIB
Ilustrasi bau badan. | (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi bau badan. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Bau badan adalah aroma tak sedap yang tercium dari badan seseorang. Selain mengganggu, bau badan juga dapat mengurangi rasa percaya diri bagi mereka yang mengalaminya.

Maka dari itu, jika kamu sedang merasakan bau badan, segeralah atasi supaya tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Apabila terus dibiarkan bau badan bisa melekat dengan aroma tubuhmu.

Penyebab bau badan

Berkeringat adalah sekresi cairan oleh kelenjar keringat ke permukaan kulit kamu. Ada dua jenis kelenjar keringat: ekrin dan apokrin.

Kelenjar ekrin mengeluarkan keringat langsung ke permukaan kulit. Saat keringat menguap, ini membantu mendinginkan kulit dan mengatur suhu tubuh. Itu tidak menghasilkan bau. Saat suhu tubuh naik karena aktivitas fisik atau panas, penguapan keringat dari kulit menghasilkan efek pendinginan.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

Kelenjar apokrin membuka ke dalam folikel rambut. Folikel rambut adalah struktur seperti tabung yang menjaga rambut tetap di kulit. Kelenjar apokrin biasanya terdapat di selangkangan dan ketiak.

Kelenjar ini menghasilkan keringat yang dapat berbau jika bersentuhan dengan bakteri di kulit. Kelenjar apokrin mulai bekerja saat masa pubertas, karena pada saat pubertas tubuh akan meningkatkan hormon androgen, itulah sebabnya kamu tidak mencium bau badan pada anak kecil.

Selain disebabkan oleh kelenjar dan hormon, beberapa hal bisa memperburuk bau badan, adalah:

1. Latihan atau aktivitas yang berlalu keras

2. Cuaca panas

3. Kelebihan berat badan

4. Genetik atau hormon

5. Perubahan hormon

6. Stress atau kecemasan

7. Efek obat, seperti obat antidepresan

8. Beberapa jenis makanan, ada beberapa jenis makanan berbau tajam seperti bawang putih, kari, dan bawang bombay dapat meresap melalui pori-pori dan menyebabkan bau badan.

Setelah mengetahui penyebab bau badan, selanjutnya adalah cara mengatasi bau badan yang tidak sedap, yang wajib kamu coba.

Baca Juga: Kenapa Bukan Dinamai Cibuleud? Menguak Sejarah Kalibundeur di Usianya yang Ke - 41.

Mengutip Akurat.co yang dilansir dari laman Health Line.com, berikut 20 cara menghilangkan bau badan.

Cara menghilangkan bau badan

1. Pilih deodoran yang tepat

Mungkin diperlukan beberapa kali percobaan untuk menemukan deodoran yang sesuai dengan biokimia dan kebutuhan sehari-hari. Tapi kamu tidak perlu mencoba semua deodoran untuk menemukan yang tepat. Kamu cukup perhatikan bahan-bahan aktifnya.

Jika deodoran yang menggunakan soda kue atau minyak teh bisa mengiritasi atau tidak berhasil mengatasi bau badanmu. Maka kamu bisa menghindari deodoran yang mengandung bahan tersebut, dan cari deodoran yang lebih aman dan cocok.

2. Gunakan anti perspiran

Deodoran biasa menggunakan kandungan alkohol untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan, sedangkan antiperspiran mengandung senyawa aluminium yang dapat mengurangi produksi keringat berlebih di ketiak, sehingga interaksi antara keringat dan bakteri bisa berkurang.

3. Gunakan sabun anti bakteri

Mandi dengan menggunakan sabun antri bakteri membantu mengurangi jumlah bakteri di kulit, dan bisa mengurangi bau badan tak sedap. Namun perlu diketahui juga bahwa penggunaan sabun anti bakteri bisa saja tidak cocok dengan kulit sensitifmu. Untuk itu perhatikan pula kandungan sabun.

4. Mandi dengan teratur

Mandi teratur sebanyak 2-3 kali sehari adalah cara paling sederhana untuk menghilangkan bau badan. Saat kamu mandi pastikan area yang paling sering berkeringat dibersihkan dengan menyeluruh, juga keringkan dengan benar, agar tidak lembab.

5. Gunakan pakaian katun

Gunakan pakaian dasar atau kaos dalam menutupi ketiak yang berbahan katun, untuk mencegah keringat tersebar ke area lainnya.

Baca Juga: Lirik Lagu ‘Dan’ Sheila On 7, Hits Legend yang Gampang Bikin Baper

Pakaian yang tidak bisa menyerap keringat akan menyebabkan bau badan. Dan baju dan pakaian lain setelah digunakan seharian pada aktivitas yang berat dan berkeringat, sebaiknya segera dicuci.

6. Keringkan badan dan sela-sela badan dengan benar

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah mengeringkan badan segera setelah mandi. Keringkan badan secara benar, teritama dibagian tubuh yang menghasilkan banyak keringat seperti ketiak. Juga perlu diingat gunakan handuk kering dan bersih ya!

7. Perhatikan asupan makanan

Beberapa jenis makanan dapat memproduksi keringat berlebih dan akan menyebabkan bau badan. Contonya seperti makanan pedas, berlemak dan mengandung bahan berbau tajam. Dengan mengurangi asupan makanan, maka bau badan akan berkurang.

8. Lakukan teknik relaksasi

Selanjutnya adalah dengan melakukan relaksasi secara rutin, seperti yoga dan meditasi. Teknik relaksasi tersebut dinilai dapat membantu mengontrol stres, yang merangsang produksi keringat berlebih pemicu bau badan.

Baca Juga: Mayat Wanita di Sungai Cipelang Sukabumi, Keluarga: Terduga Pelaku Sudah Ditangkap

9. Batasi minuman tertentu

Minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat membuat tubuh lebih banyak berkeringat, sehingga memicu bau badan tak sedap, sebaiknya kamu mulai menguranginya.

10. Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel yang asam dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan membunuh bakteri yang menghasilkan bau badan. Namun kamu juga harus hati-hati karena asam cuka apel bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

11. Gunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil dipercaya merupakan antisepti alami dan juga terkenal dengan sifat antibakterinya. Kamu bisa ambil 2 sendok ttea tree oil dan campurkan dengan 2 sendok air biasa. Oleskan campuran tersebut langsung pada ketiak dan area lain yang sangat berkeringat.

12. Teh hijau

Masukkan kantong teh hijau ke dalam air hangat. Tempatkan kantong teh yang sudah direndam di bawah ketiakmu selama beberapa menit sehari secara teratur. Teh hijau dapat membantu menyumbat pori-pori dan mengurangi keringat.

13. Rebusan daun sirih

Daun sirih mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain antioksidannya yang tinggi, daun sirih juga memiliki kandungan berupa vitamin C, thiamin, niacin, riboflavin, dan karoten.

Baca Juga: Resmi Menikah, Deva Mahenra dan Mikha Tambayong Tak Ada yang Pindah Keyakinan

Dengan kandungan-kandungan tersebut, daun sirih diyakini efektif untuk menghilangkan bau badan dengan cepat. Caranya: ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air, lalu rebus daun sirih selama beberapa menit, setelah itu gunakan air rebusan sirih untuk dibasuh ke area yang sangat berkeringat atau bisa juga seluruh tubuh.

14. Perbanyak minum air putih

Cara inilah yang palimg mudah dilakukan, dengan perbanyak minum air putih bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh, begitu juga bakteri penyebab bau badan.

15. Berolahraga secara rutin

Saat berolahraga, tubuh aktif mengeluarkan cairan keringat dalam jumlah banyak. Dalam kondisi seperti itu, bakteri-bakteri pun akan semakin cepat memecah protein keratin pada keringat. Hasilnya, sehabis olahraga tubuh kita lebih berisiko berbau ketimbang dalam keadaan normal.

16. Gunakan air lemon

Campurkan jus lemon dan air dalam botol semprot. Semprotkan campuran di bawah lengan Anda. Asam sitrat dalam jus lemon membunuh bakteri. Tapi kamu harus berhati-hati karena jika kulitmu sensitif akan menyebabkan iritasi, karena asam yang sangat tinggi.

17. Gunakan air tomat

Tomat mengandung sifat antibakteri dan antiseptik alami yang membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan. Selain itu, sebagai astringen alami, tomat membantu mengecilkan pori-pori dan menyumbat saluran yang mengeluarkan keringat.

Tambahkan 1 cangkir jus tomat segar dan tambahkan ke seember kecil air. basuhlah tubuhmu dengan air ini. Sifat antiseptiknya akan membantu menghancurkan bakteri penghasil bau.

18. Daun kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Selain itu kemangi juga dapat berfungsi sebagai antiseptik. Anda bisa mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan. Cukup ambil segenggam kemangi setiap pagi dan sore

19. Temulawak

Temulawak yang sering digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional memiliki kandungan saponin, flavonoid, kurkumin, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral ini juga berfungsi sebagai penghilang bau badan alami.

Bukan sekadar menghilangkan bau badan saja, dengan memanfaatkan temulawak maka pencernaan akan lebih lancar, mengatasi penyakit sendi seperti osteoarthritis, mencegah kanker, menjaga kesehatan kulit dan organ dalam tubuh.

20. Rutin mencukur bulu ketiak

Bulu ketiak yang lebat bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri. Hal tersebut akan semakin parah jika tubuhmu kotor dan berkeringat berlebihan. Demi meminimalkan risiko bau ketiak tak sedap, kamu harus rutin mencukur bulu ketiak, misalnya satu minggu sekali.

Baca Juga: Gagal Nanjak, Truk Muatan Pasir Terguling di Tanjakan Karang Cidolog Sukabumi

Lakukan proses mencukur dengan gerakan searah supaya kulit ketiakmu tetap mulus dan sehat. Kalau tak ingin repot-repot mencukur bulu ketiak, kamu juga bisa mengandalkan treatment khusus di klinik kecantikan untuk menghilangkan bulu ketiak secara permanen.

Demikianlah beberapa cara untuk menghilangkan bau badan secara alami, cepat dan aman. Bau badan juga bisa menjadi indikasi kamu terkena penyakit tertentu yang wajib kamu waspadai.

Sumber: Akurat.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science18 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Juni 2024, Termasuk untuk Wilayah Sukabumi, Bogor dan Cianjur

Prediksi cuaca hari ini 18 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi18 Juni 2024, 00:59 WIB

RAI Hergun Pastikan Terbuka Terima Silaturahmi Semua Kandidat Pilkada Sukabumi

Menjelang Pilkada Sukabumi, Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan (RAI HerGun) terbuka untuk siapapun, baik warga Kota maupun Kabupaten Sukabumi yang hendak menyalurkan aspirasi dan inspirasinya
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Heri Gunawan (Sumber : dok Heri Gunawan)
Sukabumi Memilih18 Juni 2024, 00:17 WIB

Bertemu Heri Gunawan, Iyos dan Iman Jajaki Dukungan Gerindra di Pikada Sukabumi?

Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri dan Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha menyambangi Rumah Aspirasi dan Inspirasi (RAI) untuk bertemu Anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Heri Gunawan, Senin (17/6/2024) petang.
Iyos Somantri dan Iman Adinugraha bertemu politisi Gerindra Heri Gunawan di RAI Hergun di Kota Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat17 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Alasan Kadar Gula Darah Tidak Mau Turun, Anda Pernah Mengalaminya?

Beberapa orang mungkin pernah mengalami kadar gula darahnya tidak mau turun.
Ilustrasi. Beberapa orang mungkin pernah mengalami kadar gula darahnya tidak mau turun. (Sumber : Freepik/@xb100)
Sukabumi Memilih17 Juni 2024, 20:21 WIB

Dapat Perintah DPP, Miftahul Janah Dipastikan Maju di Pilkada Kota Sukabumi

Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) dikabarkan akan mendorong salah satu kadernya, Miftahul Janah untuk maju di Pilkada Kota Sukabumi 2024.
Miftahul Janah, Bakal Calon Wali Kota / Wakil Wali Kota di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Life17 Juni 2024, 20:00 WIB

6 Rutinitas Sehat yang Bisa Mencegah Lonjakan Kolesterol dalam Darah

Dengan menerapkan rutinitas sehat setiap hari, Anda dapat secara efektif mencegah lonjakan kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung.
Ilustrasi. Rutinitas Sehat yang Bisa Mencegah Lonjakan Kolesterol dalam Darah (Sumber : Freepik.com)
Jawa Barat17 Juni 2024, 19:21 WIB

Gempat Darat M3,4 Guncang Cianjur, BMKG Imbau Warga Waspadai Gempa Susulan

Gempa 3.4 magnitudo mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pukul 81.21 WIB.
Gempa 3.4 magnitudo di Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pukul 81.21 WIB | Foto : Ist
Gadget17 Juni 2024, 19:00 WIB

Laptop Sering Nge Freeze? Begini 9 Langkah untuk Mengatasinya

Laptop nge-freeze adalah kondisi di mana laptop tidak dapat merespons perintah pengguna.
Ilustrasi -  Laptop nge-freeze adalah kondisi di mana laptop tidak dapat merespons perintah pengguna. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki Maupun Perempuan, Yuk Amalkan

Doa minta jodoh terbaik ini dapat diamalkan bagi perempuan atau laki-laki yang sedang mencari pasangan hidup.
Ilustrasi - Doa minta jodoh terbaik ini dapat diamalkan bagi perempuan atau laki-laki yang sedang mencari pasangan hidup. (Sumber : Pixabay.com/@OlcayErtem).
Internasional17 Juni 2024, 17:40 WIB

Idul Adha yang Muram, Warga Gaza Lakukan Salat Ied di Tengah Puing-puing

Suasana muram menyelimuti perayaan Hari Raya Idul Adha kali ini di Gaza. Ratusan warga pada Minggu, 16 Juni 2024, melaksanakan salat Idul Adha di tengah puing-puing dan bangunan yang hancur.
Warga Gaza laksanakan salat Idul Adha di tengah reruntuhan rumah mereka : Foto : Capture Youtube FRANCE 24 English