Ganti Sarung Bantal Berapa Kali? Simak Penjelasannya Menurut Dokter Kulit

Kamis 26 Januari 2023, 07:30 WIB
Ilustrasi. Rutin Mengganti Sarung Bantal Membuat Tidur Nyaman (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Rutin Mengganti Sarung Bantal Membuat Tidur Nyaman (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Tidur yang nyaman juga ditunjang oleh berbagai macam komponen, tak hanya pikiran tetapi juga hal-hal berwujud fisik seperti bantal, guling dan kasur.

Sarung bantal masuk salah satu komponen penting untuk kenyamanan tidur. Maka tak heran mengganti sarung bantal adalah rutinitas sehat yang penting dilakukan.

Jarang mengganti sarung bantal bisa berpotensi membuat kulit gatal-gatal. Ya, tak lain akibat kebersihan area tempat tidur yang tidak dirawat.

Baca Juga: Puasa Sunnah Rajab 2023 Dimulai 23 Januari Besok! Simak Jadwal Lengkapnya

Mengutip Tempo.co, Ahli kosmetologi dan spesialis perawatan kulit di India, Geetika Mittal Guptam baru-baru ini membagikan unggahan di Instagram yang menyoroti perubahan kecil namun penting dalam kebersihan yang harus dilakukan saat merawat kulit.

“Anda akan terkejut melihat perubahan pada kulit begitu mulai sering mengganti sarung bantal! Jika tidak mengetahui trik kulit yang jelas ini, kemungkinan besar Anda tidur dengan sel kulit mati dan bakteri. Kotor kan? Mengganti sarung bantal seminggu sekali adalah yang terbaik untuk kulit. Dan bagaimana dengan bantalnya? Nah, Anda harus mencuci atau menjemurnya setiap enam bulan," katanya, dikutip dari Indian Express.

Unggahan tersebut juga menampilkan diagram yang menggambarkan bagaimana sarung bantal dapat membawa banyak elemen berbahaya seperti tungau debu, bulu hewan peliharaan, minyak, kulit mati, kotoran, dan bakteri. Semua ini dapat menyebabkan kulit berjerawat. Jadi, bahkan jika secara teratur mengikuti rutinitas perawatan kulit, inilah yang dapat menyebabkan kerusakan dan membuat semua langkah jadi tidak efektif.

Baca Juga: Mayat Wanita Tanpa Busana di Sungai Cipelang Sukabumi, Ketua RW Sebut Ada Luka

Dia juga menyoroti bagaimana menggunakan sarung bantal sutra dapat membuat kulit menjadi lebih baik dan bahkan membantu kesehatan rambut.

Sebuah artikel di Healthline.com mengutip satu studi klinis yang dilakukan di AS yang menemukan berkurangnya jumlah jerawat pada orang yang menggunakan seprai sutra, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan seprai katun.

Studi tersebut menyatakan bahwa ini mungkin karena sutera lebih lembut dan halus di kulit dibandingkan dengan kain lainnya. Juga, menyerap lebih sedikit minyak dari wajah kita, dibandingkan dengan katun yang lebih menyerap.

Baca Juga: Kutek Hijau Rambut Pendek, Mayat Perempuan Tanpa Busana di Sungai Cipelang Sukabumi

Menambahkan penjelasan tersebut, dermatolog Renita Rajan, mengatakan bahwa mengganti sarung bantal adalah hal yang baik, karena masalah kebersihan secara keseluruhan saat berkeringat dan sebum kita bersentuhan dengan sarungnya.

"Jadi, seperti halnya kita akan berganti pakaian, sarung bantal juga perlu diganti. Seminggu sekali biasanya cukup. Namun, jika memiliki banyak jerawat yang meradang dan memiliki pustula di wajah, Anda mungkin perlu mengganti sarung bantal dua hingga tiga kali seminggu untuk kebersihan yang lebih baik. Hal yang sama ketika Anda memiliki banyak ketombe juga," ujar dia.

Tapi itu bukan hanya sarung bantal. Geetika melanjutkan dengan membuat daftar barang-barang rumah tangga lain yang dapat membawa partikel berbahaya tanpa sepengetahuan kita. Sprei, kuas makeup, beauty blender, dan handuk adalah beberapa barang yang harus dicuci secara rutin. Produk kecantikan, khususnya, seringkali diabaikan dalam hal pembersihan. “Kebiasaan kebersihan dalam kecantikan ini dapat mencegah jerawat, kulit meradang, dan munculnya eksim,” ujar dia.

SUMBER: TEMPO.CO | INDIAN EXPRESS

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat06 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup Sehat dan Bahagia, 5 Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya.
Ilustrasi - Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi06 Mei 2024, 08:40 WIB

Melalui Diskumindag, Pemkot Sukabumi Fokus Berdayakan Potensi UMKM

Pemberdayaan UMKM merupakan target yang dibebankan kepada Diskumindag.
Opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Ruang Pertemuan Balai Kota Sukabumi, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 08:12 WIB

Masyarakat Ingin Perubahan? 7 Nama Potensial untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi

Terdapat tujuh kandidat yang berpotensi menjadi pemimpin di Kabupaten Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Direktur JSPP Muhamad Salman Ramdhani menyampailkan pandangannya terkait hasil survei Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. | Foto: SU
Inspirasi06 Mei 2024, 08:00 WIB

Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development

Jika Minat dengan Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development, Simak Informasi Berikut!
Ilustrasi. Wawancara kerja. | Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development (Sumber : Freepik.com)
Life06 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?
Ilustrasi. Tertawa bersama teman. | Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri. Foto: Freepik
Food & Travel06 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Air Lemon. Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat | Foto:  Pixabay/Ri_Ya
Science06 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 6 Mei 2024, Yuk Cek Dulu Langit di Awal Pekan!

Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua).
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)