Komedo Putih Ganggu Penampilan? Simak Cara Menghilangkan dan Mencegahnya Secara Alami

Kamis 26 Januari 2023, 05:15 WIB
Ilustrasi. Cara Menghilangkan Komedo Putih (Sumber : Instagram/@claricebeauty.skincare)

Ilustrasi. Cara Menghilangkan Komedo Putih (Sumber : Instagram/@claricebeauty.skincare)

SUKABUMIUPDATE.com - Kecantikan wajah tak hanya didukung oleh produk skincare agar tampak glowing dan cerah, melainkan didukung dengan perawatan secara alami.

Komedo termasuk salah satu masalah kulit yang kerap dikeluhkan karena sulit sekali disamarkan dengan pemakaian make up. Komedo putih adalah salah satu jenisnya.

Namun sebenarnya komedo putih dapat dihilangkang dengan beberapa cara.

Mengutip Tempo.co, banyak orang menginginkan kulit yang bersih, halus dan sehat. Langkah pertama untuk mendapatkan kulit bersih dan halus adalah dengan menyingkirkan whitehead atau komedo putih. Terlebih untuk Anda yang rentan terhadap bintik putih yang mengganggu itu, Anda mungkin sudah melalui beragam perawatan.

Menurut dokter kulit, Mona Gohara, ada beberapa jenis pemicu hormonal, yang menimbulkan lebih banyak produksi minyak di kelenjar sebaceous. "Dan kemudian ketika ada lebih banyak produksi minyak di kelenjar sebaceous, seringkali keratin dan sel kulit mati menumpuk dan menimbulkan whitehead," katanya. Jadi, whitehead pada dasarnya adalah pori yang tersumbat seperti komedo, tapi sedikit berbeda.

“Nama lain whitehead adalah komedo tertutup,” jelas Dr. Gohara. Komedo pada dasarnya adalah pori yang tersumbat, dan komedo yang tertutup berarti ada lapisan kulit di atasnya [pori yang tersumbat] yang menimbulkan benjolan kecil.

Baca Juga: Puasa Sunnah Rajab 2023 Dimulai 23 Januari Besok! Simak Jadwal Lengkapnya

Seringkali, komedo putih dapat disalahartikan sebagai jenis jerawat atau benjolan lain—tetapi “komedo putih adalah benjolan kecil pada kulit yang halus dan berwarna putih atau sewarna kulit,” jelas dokter kulit, Marie Leger. "Whitehead biasanya tidak meradang, artinya tidak ada warna merah di sekitar mereka."

Penting juga untuk diperhatikan bahwa komedo putih tidak sama dengan benjolan jerawat berisi nanah yang terkadang Anda alami. “Nanah berkonotasi dengan infeksi kan? Itu bukan infeksi, ”jelas Dr. Gohara.

Kabar baiknya, ada banyak cara untuk menghilangkan dan mencegah whitehead, mulai dari pengobatan rumahan, produk penghilang noda yang dijual bebas hingga opsi kekuatan resep. Di bawah ini, temukan berbagai perawatan berbeda untuk membantu menentukan apa yang paling cocok untuk Anda.

Cara menghilangkan komedo putih

1. Witch hazel

"Witch hazel, yang merupakan ekstrak tumbuhan, mengandung senyawa yang disebut tanin yang memiliki sifat antioksidan dan astringen untuk melawan jerawat," kata dokter kulit Joshua Zeichner.

Baca Juga: Kutek Hijau Rambut Pendek, Mayat Perempuan Tanpa Busana di Sungai Cipelang Sukabumi

2. Grapseed oil

Mungkin terdengar berlawanan untuk mengoleskan minyak ke kulit Anda, tetapi grapseed oil atau minyak biji anggur mengandung asam linoleat tingkat tinggi, asam lemak omega-6 yang dapat membantu mengontrol noda dengan mengurangi pori-pori yang tersumbat. Menurut dokter kulit, Susan Bard, ketika kulit kekurangan asam linoleat, sebum (minyak) menjadi tebal dan lengket, menyebabkan pori-pori tersumbat.

3. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh dapat membantu mengurangi peradangan dan bakteri, kata dokter kulit, Marisa Garshick. Namun, seperti pengobatan alami dan rumahan lainnya, ini mungkin mengiritasi kulit jadi berhati-hatilah dan konsultasikan dengan dokter kulit Anda sebelum mencoba apa pun di rumah.

4. Retinol

“Retinol adalah bahan utama untuk menghilangkan whitehead,” lanjut Dr. Gohara. “Retinol membantu mengatur kerontokan folikel rambut dan folikel sebasea, serta membantu meminimalkan produksi minyak yang masuk ke dalam akumulasi sel kulit mati dan protein.”

5. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida adalah bahan pelawan jerawat yang kuat yang dapat ditemukan tanpa resep dengan kekuatan hingga 10 oersen. Produk benzoil peroksida membantu menargetkan bakteri di kulit dan dapat bertindak sebagai antiinflamasi, jelas Dr. Gohara.

Baca Juga: Heboh Botol Miras di Setda Palabuhanratu Sukabumi, Ini Respons Bupati

6. Asam alfa dan beta hidroksi

Asam alfa hidroksi (AHA) seperti asam glikolat dan asam beta hidroksi (BHA) seperti asam salisilat adalah cara lain yang dapat Anda ambil untuk menghilangkan komedo putih, keduanya bagus untuk pengelupasan kulit, membantu menghilangkan kulit mati dan membuka sumbatan pori-pori, kata Dr. Gohara.

7. Retinoid

“Jerawat komedo — yang terdiri dari komedo hitam dan komedo putih paling baik diobati dengan retinoid — seperti adapalene, tretinoin, tazarotene, atau trifarotene,” jelas Dr. Leger. "Obat-obatan ini bisa sangat mengeringkan dan mengiritasi, sehingga sering kali diresepkan hanya untuk beberapa hari dalam seminggu dan Anda dapat bekerja hingga malam hari jika ditoleransi." Seperti rekan mereka yang lebih lembut, retinol, retinoid membantu mengatur sel kulit dan produksi minyak di kulit, menjaga pori-pori tetap bersih.

8. Antibiotik

Sementara pilihan yang kurang populer dibandingkan dengan resep retinoid, antibiotik topikal juga dapat diresepkan oleh dokter kulit Anda untuk membantu mengatasi whiteheads, terutama jika Anda berurusan dengan jenis noda dan jerawat lainnya, catat Dr. Gohara.

Cara mencegah whitehead

Menurut Dr. Gohara cara terbaik untuk mencegah komedo putih adalah eksfoliasi mingguan, baik dengan asam alfa hidroksi, asam beta hidroksi, atau retinol. Dan kemudian waspadai pemicu potensial, terutama dalam hal gesekan. Misalnya, jika Anda cenderung berjerawat setelah berolahraga di area bra olahraga Anda, bersihkan area tersebut dengan pembersih asam glikolat segera setelah berolahraga.

Baca Juga: Wanita Harus Paham! Inilah Bahasa Tubuh Pria yang Diam-Diam Menyukaimu

Selain itu, Dr. Leger mengatakan produk perawatan rambut cenderung menjadi penyebab umum komedo putih, yang biasanya terlihat seperti segelintir komedo putih di pelipis atau dahi atas, terutama jika Anda berponi atau yang menggunakan kondisioner tanpa bilas, gel, atau produk penataan rambut lainnya.Jika ini terdengar seperti Anda, coba gunakan produk yang tidak terlalu berat atau kurang berminyak atau hindari penggunaan perawatan rambut di sekitar wajah dan garis rambut.

Jika perawatan di atas sudah dilakukan dan semua pilihan itu tanpa hasil, maka Anda harus menemui dokter kulit. Anda mungkin memerlukan perawatan resep atau Anda mungkin mengalami sesuatu selain whitehead seluruhnya, seperti milia, jerawat jamur, atau folikulitis. “Biasanya, jika sesuatu tidak hilang, Anda tidak menggunakan pengobatan yang tepat, atau Anda tidak memiliki diagnosis yang tepat,” kata Dr. Gohara. "Jadi dalam kasus itu, saya akan menemui dokter kulit."

Sementara, blackhead sangat mirip dengan komedo putih karena keduanya pada dasarnya menyumbat pori-pori. "Whitehead diklasifikasikan sebagai komedo tertutup, dengan lapisan kulit yang menutupi pori-pori yang tersumbat, blackhead tidak memiliki lapisan kulit di atasnya," kata Dr. Gohara. “Jadi ketika sel-sel kulit dan protein kulit (keratin) mengenai oksigen di udara, terkadang dapat teroksidasi dan menjadi hitam — sehingga disebut komedo terbuka.

SUMBER: TEMPO.CO | PREVENTION

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science13 April 2024, 09:39 WIB

Potensi Ombak Capai 2,5 Meter di Pantai Selatan Jabar-DIY, Wisatawan Diimbau Waspada

BMKG peringatkan potensi ombak capai 2,5 meter di Pantai Selatan Jabar hingga DIY pada hari ketiga libur Lebaran, Sabtu 13 April 2024.
Ilustrasi. Ombak laut yang menghempas pantai. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sehat13 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Atasi Depresi, 8 Manfaat Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan

Potensi manfaat kesehatan dari omega-3 termasuk melindungi kesehatan jantung, fungsi otak, kesehatan mata, dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.
Ilustrasi - Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang dikonsumsi melalui makanan atau suplemen. (Sumber : Freepik.com).
Motor13 April 2024, 08:00 WIB

10 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru

Dengan mempersiapkan hal-hal berikut, Updaters dapat memastikan bahwa Anda siap untuk membeli motor baru dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Ini Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Life13 April 2024, 07:00 WIB

Jangan Diremehkan! Ini 10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres

Menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele penyebab anak stres dan menciptakan lingkungan yang positif, penuh kasih serta mendukungnya merupakan kunci untuk membantu anak mengatasi stres dan berkembang dengan baik secara emosional.
Ilustrasi. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres Ini Jangan Pernah Diremehkan! (Sumber : pixabay.com/@ DigitalPhotoandDesignDigiPD.com)
Food & Travel13 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

Daun jambu biji memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diare, gangguan pencernaan, dan infeksi saluran kemih.
Ilustrasi. Daun Jambu Biji. Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional. (Sumber : pexels.com/RanjeerChauhan)
Science13 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 April 2024, Berpotensi Diguyur Hujan Sejak Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi12 April 2024, 22:59 WIB

Retribusi Pantai Minajaya Dikomplain Tak Sesuai Fasilitas, Ini Kata Dispar Sukabumi

Retribusi ke kawasan Pantai Minajaya Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi menjadi sorotan warga. Pasalnya tarif yang dikenakan mengalami kenaikan, bahkan dianggap terlalu mahal dan tidak wajar.
Pos Retribusi Pantai Minajaya Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 April 2024, 22:33 WIB

Operasional Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka hingga Malam Hari Kecuali Hujan

Tol Bocimi Seksi 2 dari arah Sukabumi menuju Bogor-Jakarta dibuka hingga malam hari, sekira pukul 19.00 WIB, berbeda dengan hari pertama kemarin yang sudah ditutup pada sore hari.
Buka tutup tol Bocimi seksi 2 saat libur lebaran | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi12 April 2024, 22:23 WIB

Urai Kemacetan di Lebaran H+2, Polisi Terapkan Skema One Way di Sekitar Exit Tol Parungkuda

Rekayasa lalu lintas satu arah alias one way di sepanjang ruas jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di sekitar Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, telah berakhir pada Jumat (12/4/2024).
Polantas berlakukan skema one way di sekitar Exit Tol Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat12 April 2024, 21:00 WIB

Darah Tinggi: 10 Makanan Aman untuk Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari

Pola makan yang kaya sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan rendah lemak jenuh, gula, dan alkohol dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.
Ilustrasi Yoghurt dan Parfait Buah - Untuk membantu menurunkan tekanan darah secara alami, apa yang Anda makan dapat memainkan peran penting. (Sumber : pexels.com/@Nicola Barts)