6 Jenis Minuman Ini Punya Khasiat Umur Panjang dan Hidup Sehat

Senin 09 Januari 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi teh hijau minuman umur panjang. | (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi teh hijau minuman umur panjang. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki umur panjang dan hidup yang sehat adalah impian banyak orang. Namun, untuk mendapatkan itu semua tentunya harus menjaga asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh.

Diantara banyaknya minuman, ada beberapa jenis minuman yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan membuat umur panjang.

Richard Horowitz, dokter penyakit dalam bersertifikat dengan pengalaman lebih dari 30 tahun merawat lebih dari 13.000 pasien Lyme dan gangguan terkait virus tick-borne menjelaskan penelitian terbaru tentang umur panjang dan diet.

Baca Juga: Dikonsumsi di Pagi Hari, Inilah 5 Minuman yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Banyak diet yang mendukung umur panjang, tetapi ketika bicara soal minuman, dokter dan ahli nutrisi itu mengungkap beberapa pilihan minuman yang mungkin ingin dipilih.

Dikutip dari Tempo.co, berikut ini minuman-minuman yang bikin umur panjang

1. Teh Hijau

Antioksidan dalam makanan dan minuman seperti teh dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit. Minuman ini menetralkan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan DNA yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit kronis.

Teh hijau dan senyawanya, termasuk epigallocatechin-3-gallate (EGCG), telah diteliti untuk efek perlindungannya terhadap kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan kanker, menurut National Institutes of Health (NIH).

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minuman yang Cocok Dikonsumsi di Pagi Hari, Biar Badan Sehat

Eric Ascher, dokter pengobatan keluarga di Rumah Sakit Lenox Hill mengatakan, menyeruput teh hijau dapat mendukung umur panjang. "Teh hijau mengandung senyawa yang dikenal sebagai EGCG yang dikaitkan dengan penurunan peradangan dan pencegahan kanker berkat aktivitas antioksidannya," kata Ascher.

"Saya suka minum teh herbal seperti teh kamomil, mint, hijau, hitam, dan kembang sepatu - teh mengandung antioksidan yang terkait dengan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan meningkatkan risiko kanker," kata ahli gizi Patricia Kolesa.

2. Kopi

Minum kopi terlalu banyak memiliki efek samping yang tidak menyenangkan, tetapi ada banyak manfaat kesehatan dari kopi, terutama untuk umur panjang. Secara khusus, kopi kaya akan polifenol, antioksidan, dan senyawa lain yang terkait dengan kesehatan otak dan jantung.

Minum kopi terbukti memiliki hubungan terbalik dengan semua penyebab kematian, menurut penelitian September 2022 di ‌European Society of Cardiology‌. Minum hingga 3 cangkir per hari dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, menurut sebuah studi pada Mei 2022 di ‌‌European Journal of Preventive Cardiology‌‌.

Baca Juga: Resep Milkshake Cokelat Kekinian, Minuman Menyegarkan Favorit si Kecil

Dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi, minum kopi dalam jumlah sedang dikaitkan dengan risiko kematian akibat komplikasi jantung yang lebih rendah.

Namun Ascher mengingatkan agar berhati-hati dengan perasa dan aditif kopi. "Hati-hati dengan tambahan gula, krim, dan sirup rasa jika minum kopi."

3. Jus Prune

Kesehatan usus adalah kunci dalam menjalani hidup sehat dan berumur panjang, menurut ulasan Desember 2020 di ‌Nutrients‌. Minuman ini membuat pencernaan lancar, kata ahli diet nabati Amy Gorin, dan itu juga dapat membantu mendukung umur panjang.

"Segelas jus prune memberi Anda dosis serat yang sehat. Serat sangat penting untuk umur panjang, karena membantu menjaga kesehatan usus dengan meningkatkan konsistensi dan frekuensi buang air besar," kata Gorin.

Baca Juga: Venna Melinda Diduga Alami KDRT, Ferry Irawan Dilaporkan ke Polisi

Serat juga mendukung umur yang lebih panjang dengan mengurangi risiko kondisi seperti penyakit jantung dan diabetes, menurut Mayo Clinic. Gorin merekomendasikan minum jus prune apa adanya atau menambahkannya ke smoothie.

4. Air

Meskipun banyak ramuan yang luar biasa untuk penuaan dan umur panjang yang sehat, air putih tak bisa diabaikan.

"Air membantu membuang limbah dan racun dari tubuh melalui urine, buang air besar, dan keringat. Ini membantu hampir semua organ kita berfungsi dengan baik," kata Ascher. "Jika tidak menyukai rasanya, boleh menambahkan rasa seperti jus lemon atau buah segar."

5. Kaldu Tulang

Kaldu tulang yang semakin populer ini kaya akan elektrolit, protein, dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan. Mengonsumsi cukup protein adalah salah satu cara penting untuk mempertahankan massa otot seiring bertambahnya usia, yang dapat membantu mencegah jatuh dan cedera, menurut Harvard Health Publishing.

Baca Juga: Viral Qoriah Disawer Saat Baca Al-Quran di Atas Panggung, Netizen: Gak Sopan!

Mikrobioma usus yang beragam dan sehat telah dikaitkan dengan penuaan dan umur panjang yang sehat. Kaldu tulang mengandung kolagen, glutamin, gelatin, dan glisin, yang semuanya dapat mendukung kesehatan dan penyembuhan usus. "Saya suka menambahkan kaldu tulang ke dalam resep sup atau menyesapnya sebelum tempat tidur," kata ahli diet Julie Balsamo.

6. Jus Bit

Jus bit mengandung oksida nitrat yang tinggi, senyawa yang terkait dengan penurunan tekanan darah tinggi dan peningkatan sirkulasi, menurut Harvard Health Publishing. "Jus bit adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan penuh dengan vitamin dan mineral yang menurunkan faktor risiko penyakit jantung," kata Ascher.

Orang lanjut usia atau lansia yang berolahraga dan minum jus akar bit menunjukkan peningkatan kinerja tubuh dan lebih banyak aliran darah ke otak yang membuat otak terasa lebih muda, menurut sebuah studi September 2017 di ‌The Journal of Gerontology Biological Sciences and Medical Sciences‌.

Sumber: Tempo.co (LIVESTRONG)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 17:33 WIB

Aksi Protes di PT GSI Bubar, Kades Bojongraharja Beri Jaminan Soal Pungli Tenaga Kerja

Kepala Desa Bojongraharja, Henhen Suhendar mengatakan, warga yang melakukan aksi demonstrasi ini, lantaran mereka merasa kecewa dengan pihak perusahaan.
Kades Bojongraharja, Henhen Suhendar usai menemui warga yang protes pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sehat25 April 2024, 17:30 WIB

Apakah Kopi Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Penjelasannya!

Dengan memahami secara mendalam manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi kopi, pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang pola konsumsi kopi mereka dan menjaga kesehatan mereka tetap optimal.
Ilustrasi. Kopi. Sumber : pixabay/buavit66
Sukabumi25 April 2024, 17:24 WIB

Hadapi Polemik PT GSI Vs Warga. Disnakertrans Sukabumi Kembali Tak Hadir

Koordinator Aksi Dede Raka menyebut hingga saat ini belum melihat pergerakan dari Disnaker sehingga memaksa warga untuk berjuang sendiri.
Warga protes pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar (Sumber: su/awal)
Sukabumi25 April 2024, 17:17 WIB

Protes Pungli Tenaga Kerja, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II i Depan GSI Cikembar

kali ini warga melakukan aksi blokade ruas Jalan Provinsi, tepatnya di depan bundaran pintu masuk PT GSI Cikembar, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sukabumi25 April 2024, 17:10 WIB

Isu Pungli Di PT GSI Sukabumi Merebak, Seret Sejumlah Petinggi Perusahaan

Aksi demonstrasi dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Bojongraharja Memanggil (GBM) buntut dugaan pungli hingga menyeret sejumlah petinggi perusahaan.
Aksi warga protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar Sukabumi (Sumber: su/awal)
Musik25 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi

"Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi". Lagu Sampai ke Bintang Asmidar yang kini viral yakni digunakan sebagai backsound video galau dan sedih di aplikasi TikTok hingga Instagram.
Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi (Sumber : YouTube/Asmidar)
Life25 April 2024, 16:30 WIB

9 Cara Agar Tidak Mudah Bosan Saat di Rumah, Ini yang Harus Dikerjakan

Artikel ini akan membahas berbagai ide untuk membantu Anda mengatasi kebosanan dan menemukan kegiatan yang menyenangkan.
Ilustrasi. Bermain dengan keluarga di rumah untuk mencegah rasa bosan. Sumber : pixabay/kloow99
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 16:15 WIB

Anggota DPRD Paoji: Koalisi PDIP-PKS di Pilkada 2024 Sukabumi Bisa Jadi Kenyataan

Desk Pilkada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan sejumlah elit partai melakukan kunjungan ke kantor DPD PKS dalam rangka membangun komunikasi politik menjelang perehelatan Pilkada 2024.
Kunjungan Desk Pilkada PDIP ke Markas DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 16:00 WIB

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024: H2H, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : X/@persib/@BorneoSMR).
Life25 April 2024, 15:30 WIB

10 Cara Agar Dipercaya Oleh Orang Lain, Ini yang Harus Dilakukan

Kini, interaksi manusia semakin kompleks dan teknologi terus berkembang, maka memiliki reputasi sebagai individu yang dapat diandalkan dan dipercaya menjadi semakin penting.
Ilustrasi. Orang yang sedang berkumpul tidak gaduh dan saling percaya. Sumber : pixabay/anne00