6 Jenis Minuman Ini Punya Khasiat Umur Panjang dan Hidup Sehat

Senin 09 Januari 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi teh hijau minuman umur panjang. | (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi teh hijau minuman umur panjang. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki umur panjang dan hidup yang sehat adalah impian banyak orang. Namun, untuk mendapatkan itu semua tentunya harus menjaga asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh.

Diantara banyaknya minuman, ada beberapa jenis minuman yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan membuat umur panjang.

Richard Horowitz, dokter penyakit dalam bersertifikat dengan pengalaman lebih dari 30 tahun merawat lebih dari 13.000 pasien Lyme dan gangguan terkait virus tick-borne menjelaskan penelitian terbaru tentang umur panjang dan diet.

Baca Juga: Dikonsumsi di Pagi Hari, Inilah 5 Minuman yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Banyak diet yang mendukung umur panjang, tetapi ketika bicara soal minuman, dokter dan ahli nutrisi itu mengungkap beberapa pilihan minuman yang mungkin ingin dipilih.

Dikutip dari Tempo.co, berikut ini minuman-minuman yang bikin umur panjang

1. Teh Hijau

Antioksidan dalam makanan dan minuman seperti teh dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit. Minuman ini menetralkan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan DNA yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit kronis.

Teh hijau dan senyawanya, termasuk epigallocatechin-3-gallate (EGCG), telah diteliti untuk efek perlindungannya terhadap kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan kanker, menurut National Institutes of Health (NIH).

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minuman yang Cocok Dikonsumsi di Pagi Hari, Biar Badan Sehat

Eric Ascher, dokter pengobatan keluarga di Rumah Sakit Lenox Hill mengatakan, menyeruput teh hijau dapat mendukung umur panjang. "Teh hijau mengandung senyawa yang dikenal sebagai EGCG yang dikaitkan dengan penurunan peradangan dan pencegahan kanker berkat aktivitas antioksidannya," kata Ascher.

"Saya suka minum teh herbal seperti teh kamomil, mint, hijau, hitam, dan kembang sepatu - teh mengandung antioksidan yang terkait dengan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan meningkatkan risiko kanker," kata ahli gizi Patricia Kolesa.

2. Kopi

Minum kopi terlalu banyak memiliki efek samping yang tidak menyenangkan, tetapi ada banyak manfaat kesehatan dari kopi, terutama untuk umur panjang. Secara khusus, kopi kaya akan polifenol, antioksidan, dan senyawa lain yang terkait dengan kesehatan otak dan jantung.

Minum kopi terbukti memiliki hubungan terbalik dengan semua penyebab kematian, menurut penelitian September 2022 di ‌European Society of Cardiology‌. Minum hingga 3 cangkir per hari dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, menurut sebuah studi pada Mei 2022 di ‌‌European Journal of Preventive Cardiology‌‌.

Baca Juga: Resep Milkshake Cokelat Kekinian, Minuman Menyegarkan Favorit si Kecil

Dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi, minum kopi dalam jumlah sedang dikaitkan dengan risiko kematian akibat komplikasi jantung yang lebih rendah.

Namun Ascher mengingatkan agar berhati-hati dengan perasa dan aditif kopi. "Hati-hati dengan tambahan gula, krim, dan sirup rasa jika minum kopi."

3. Jus Prune

Kesehatan usus adalah kunci dalam menjalani hidup sehat dan berumur panjang, menurut ulasan Desember 2020 di ‌Nutrients‌. Minuman ini membuat pencernaan lancar, kata ahli diet nabati Amy Gorin, dan itu juga dapat membantu mendukung umur panjang.

"Segelas jus prune memberi Anda dosis serat yang sehat. Serat sangat penting untuk umur panjang, karena membantu menjaga kesehatan usus dengan meningkatkan konsistensi dan frekuensi buang air besar," kata Gorin.

Baca Juga: Venna Melinda Diduga Alami KDRT, Ferry Irawan Dilaporkan ke Polisi

Serat juga mendukung umur yang lebih panjang dengan mengurangi risiko kondisi seperti penyakit jantung dan diabetes, menurut Mayo Clinic. Gorin merekomendasikan minum jus prune apa adanya atau menambahkannya ke smoothie.

4. Air

Meskipun banyak ramuan yang luar biasa untuk penuaan dan umur panjang yang sehat, air putih tak bisa diabaikan.

"Air membantu membuang limbah dan racun dari tubuh melalui urine, buang air besar, dan keringat. Ini membantu hampir semua organ kita berfungsi dengan baik," kata Ascher. "Jika tidak menyukai rasanya, boleh menambahkan rasa seperti jus lemon atau buah segar."

5. Kaldu Tulang

Kaldu tulang yang semakin populer ini kaya akan elektrolit, protein, dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan. Mengonsumsi cukup protein adalah salah satu cara penting untuk mempertahankan massa otot seiring bertambahnya usia, yang dapat membantu mencegah jatuh dan cedera, menurut Harvard Health Publishing.

Baca Juga: Viral Qoriah Disawer Saat Baca Al-Quran di Atas Panggung, Netizen: Gak Sopan!

Mikrobioma usus yang beragam dan sehat telah dikaitkan dengan penuaan dan umur panjang yang sehat. Kaldu tulang mengandung kolagen, glutamin, gelatin, dan glisin, yang semuanya dapat mendukung kesehatan dan penyembuhan usus. "Saya suka menambahkan kaldu tulang ke dalam resep sup atau menyesapnya sebelum tempat tidur," kata ahli diet Julie Balsamo.

6. Jus Bit

Jus bit mengandung oksida nitrat yang tinggi, senyawa yang terkait dengan penurunan tekanan darah tinggi dan peningkatan sirkulasi, menurut Harvard Health Publishing. "Jus bit adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan penuh dengan vitamin dan mineral yang menurunkan faktor risiko penyakit jantung," kata Ascher.

Orang lanjut usia atau lansia yang berolahraga dan minum jus akar bit menunjukkan peningkatan kinerja tubuh dan lebih banyak aliran darah ke otak yang membuat otak terasa lebih muda, menurut sebuah studi September 2017 di ‌The Journal of Gerontology Biological Sciences and Medical Sciences‌.

Sumber: Tempo.co (LIVESTRONG)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 16:13 WIB

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Bupati Sukabumi: Kita Jaga Masyarakat Sejahtera

Dalam rangka Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional (GSRAN), Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Kementerian ATR/BPN memanen pisang cavendish.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat mendampingi Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN Dalu Agung Darmawan yang berkunjung ke Kampung Lio, Desa Sinarjaya Warungkiara. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Bola24 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi Liga 1 Persik Kediri vs PSS Sleman: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri.
Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri. (Sumber : X/@PSSleman/@persikfckediri).
Life24 April 2024, 15:30 WIB

6 Bahaya Kebiasaan Mengeluh yang Mengancam Kesehatan, Bisa Berumur Pendek!

Kebiasaan mengeluh rupanya sangat tidak baik bagi kesehatan. Itu sebabnya setiap orang perlu menghindari kebiasaan demikian demi kesehatannya.
Ilustrasi. Bahaya kebiasaan mengeluh untuk kesehatan. Sumber Foto : Pexels/David Garrison
Nasional24 April 2024, 15:14 WIB

Dapat Nilai Baik, Pemkab Sukabumi Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPM

Dapat nilai baik oleh Kemendagri dalam SPM Awards 2024, Sekda Ade sebut Pemkab Sukabumi berkomitmen tingkatkan kualitas penyelenggaraan SPM.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman (tengah) menghadiri Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Inspirasi24 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 14:56 WIB

BAPPEDA Bahas Perencanaan Inklusif Soal Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tingkat Jabar

Salah satu inovasi yang ditampilkan Pemkot Sukabumi adalah One Roof.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 April 2024, 14:45 WIB

Pidato Perdana Prabowo Usai Resmi Ditetapkan jadi Presiden Terpilih 2024-2029

Berikut isi pidato perdana Prabowo Subianto setelah resmi ditetapkan jadi Presiden Indonesia terpilih 2024-2029.
Didampingi Gibran Rakabuming Raka, Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan jadi Presiden RI terpilih. (Sumber : Youtube KPU RI)
Jawa Barat24 April 2024, 14:37 WIB

Kang Hendar Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah yang sudah memiliki payung hukum untuk perlindungan anak.
Kang Hendar dalam Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, Sabtu, 6 April 2024 di Aula Wisma Panineungan, Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: doktim)
Bola24 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Bali United: Serdadu Tridatu Siap Curi 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)