bankbjb

Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi, Mungkin Inilah Penyebabnya

Administrator
Penulis
Kamis 6 Okt 2022, 15:00 WIB
Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi, Mungkin Inilah Penyebabnya

SUKABUMIUPDATE.com - Kebiasaan masyarakat Indonesia saat pagi hari adalah menyeruput segelas kopi hangat dengan ditemani cemilannya yaitu gorengan. Namun, dari beberapa kasus banyak yang mengalami jantung berdebar sesudah meminum kopi.

Dikutip dari Suara.com, jika kopi tidak dikonsumsi dengan bijak, bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Ini karena bagi beberapa orang kafein bisa menyebabkan jantung berdebar cepat, tubuh gemetar, dan gelisah.

Ini terjadi karena kafein bisa mengurangi kadar potasium dan magnesium dalam tubuh, yang berdampak langsung ke jantung. 

Baca Juga :

Sehingga kata Medical General Manager PT Kalbe Farma Tbk, dr. Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi, sebelum minum kopi perlu memenuhi beberapa syarat.

“Sebetulnya kopi itu masuk kategori minuman sehat, tetapi dengan syarat. Disajikannya harus benar, posisinya harus sesuai masing-masing individu, dan diminum oleh orang yang tepat,” ujar dr. Dedyanto melalui keterangan pers Kalbe, Selasa (6/10/2022).

Ia menjelaskan porsi kopi harus sesuai rekomendasi dan tidak boleh melebihi 40 miligram (mg) kafein atau setara tiga cangkir kopi.

"Bukan gelas ya, karena kalau gelas itu sudah lebih dari cangkir. Tetapi manusia itu tidak ada yang sama, kita yang bersaudara saja punya karakteristik yang berbeda,” kata dr. Dedyanto.

Perbedaan jenis cangkir juga mempengaruhi, karena ada cangkir kecil, sedang dan besar. Termasuk juga dampaknya terhadap tubuh seseorang yang berbeda-beda.

“Bisa saja seseorang pada saat minum tiga cangkir kopi mendapatkan manfaat kesehatan, tetapi orang yang berbeda saat minum dalam jumlah yang sama justru tekanan darahnya naik atau meningkatkan risiko serangan jantung,” tambahnya.


Administrator
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini