bankbjb

Sering Dianggap Sepele, Ini Manfaat Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga

Dede Imran
Penulis
Senin 26 Sep 2022, 07:00 WIB
Sering Dianggap Sepele, Ini Manfaat Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga

SUKABUMIUPDATE.com - Sesi pemanasan dan pendinginan saat berolahraga kerap dianggap sepele, padahal sesi tersebut memiliki manfaat yang sangat penting untuk tubuh.

Mengutip dari Suara.com, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andi Kurniawan mengatakan bahwa kebiasaan buruk saat berolahraga, salah satunya melewatkan pemanasan.

"Salah satu kebiasaan buruk saat berolahraga adalah melewatkan pemanasan dan kemudian diikuti dengan melakukan stretching atau peregangan," kata dokter yang terhimpun dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) tersebut pada Minggu (25/9/2022).

Baca Juga :

Pemanasan menjadi salah satu tahapan yang sangat penting karena menyimpan beragam manfaat. Pemanasan sebelum berolahraga ini bisa mengurangi risiko cedera yang dapat terjadi saat olahraga nanti.

Selain itu, pemanasan juga berperan untuk menyiapkan kondisi tubuh sebelum memulai aktivitas fisik dan menaikkan suhu tubuh.

"Warming up ditujukan untuk menyiapkan tubuh sebelum berolahraga serta menaikkan suhu tubuh. Setelah melakukan pemanasan 5 hingga 10 menit, dapat diikuti dengan peregangan, baru kemudian olahraga," lanjutnya.

Tak hanya pemanasan, pendinginan (cooling down) juga sangat penting dilakukan setelah berolahraga. Pendinginan bermanfaat untuk menurunkan denyut jantung dan suhu tubuh setelah beraktivitas fisik.

Di sisi lain, Andi juga mengingatkan masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Menurut dia, olahraga bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan jasmani, namun juga kesehatan rohani.

photo(Ilustrasi) olahraga - (Pexels Enric Cruz López)</span


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini