TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Bagaimana Racun Sianida Bekerja Hingga Bisa Mengakibatkan Kematian?

Dede Imran
Penulis
Sabtu 24 Sep 2022, 20:09 WIB
Bagaimana Racun Sianida Bekerja Hingga Bisa Mengakibatkan Kematian?

SUKABUMIUPDATE.com - Racun sianida menjadi kerap diperbincangkan setelah beberapa kasus pembunuhan diketahui menggunakan racun tersebut.

Seperti kasus pembunuhan yang melibatkan seorang wanita beberapa tahun silam yang membunuh sahabatnya dengan mencampurkan sianida pada minuman kopi.

Lalu apa sebenarnya sianida itu, dan bagaimana racun itu bekerja dalam tubuh hingga bisa menyebabkan kematian.

Mengutip laman hellosehat.com, istilah sianida mengacu pada salah satu bahan kimia yang mengandung ikatan karbon-nitrogen (CN).

Baca Juga :

Sebenarnya banyak zat yang mengandung sianida namun tidak semuanya  mematikan.

Natrium sianida (NaCN), potasium sianida (KCN), hidrogen sianida (HCN), dan sianogen klorida (CNCl) menjadi beberapa senyawa yang mematikan. Namun, ada juga ribuan senyawa yang disebut nitril dan diketahui mengandung gugus sianida tetapi tidak beracun.

Kita bisa menemukan sianida dalam nitril yang digunakan sebagai obat-obatan, seperti citalopram (celexa) dan simetidin (tagamet). Nitril tidak berbahaya karena mereka tidak mudah melepaskan ion CN, dimana ion ini menjadi gugus yang bertindak sebagai racun metabolik.

Cara Kerja Sianida pada Tubuh Manusia

photo Ilustrasi keracunan. - (Splashpress1.com)</span

Melansir laman alodokter.com, ketika sianida masuk ke dalam tubuh, zat ini akan menghalangi ikatan sel dengan oksigen di dalam tubuh, akibatnya sel-sel tubuh tidak bisa menggunakan oksigen untuk proses metabolisme.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini