Merasa Lelah Mental ? Ini 3 Cara Mengatasinya Menurut Ahli

Senin 27 Juni 2022, 11:30 WIB

SUKABUMIUPATE.com - Kesehatan metal bukanlah hal yang dapat Anda sepelekan begitu saja. Ada berbagai macam risiko yang bisa Anda alami jika menyepelekan kesehatan mental.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengenali tanda-tanda yang diberikan tubuh saat Anda mengalami kelelahan mental. 

Selain itu, Anda juga bisa mendapat bantuan pihak ketiga untuk membantu Anda belajar menetapkan batasan dan menemukan strategi optimal untuk mendukung kesejahteraan Anda.

Melakukan upaya bersama untuk mendengarkan tubuh sebelum Anda kehabisan tenaga akan membuat perbedaan besar dalam menjaga Anda tetap sehat dan bebas dari kelelahan.

photoIlustrasi Lelah Mental - (Freepik)</span

Shaina Painter, seorang pelatih kesehatan di Parsley Health, klinik kesehatan online, menawarkan beberapa petunjuk bermanfaat untuk mengidentifikasi apakah Anda berjuang dengan bentuk kelelahan ini, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kelelahan.

Tanda-tanda Anda mungkin lelah secara mental seperti ketidakstabilan emosi, perubahan suasana hati, merasa kewalahan, kelelahan, sulit berkonsentrasi dan kesulitan membuat keputusan.

Berikut ini tiga metode untuk mengatasi kelelahan mental yang kami lansir dari tempo.co.

Baca Juga :

Ahli Ungkap 5 Manfaat Menelan Sperma, Benarkah Bisa Tingkatkan IQ?

1. Mengembalikan Kembali Kekuatan atau Semangat

Setelah mengidentifikasi bahwa Anda mungkin berjuang dengan kelelahan mental, inilah saatnya untuk mengambil kembali kekuatan Anda.

Menegaskan batasan dan memperhatikan dengan baik jadwal Anda dan apa yang perlu Anda lakukan setiap hari dapat membantu Anda menemukan sisa yang Anda butuhkan. 

Jika Anda menemukan kegembiraan di hari Anda, ini akan mengangkat semangat Anda, yang dapat membuat perbedaan besar dalam tingkat energi. 

“Seringkali kita merasa lelah dengan jadwal atau diet kita, jadi mengambil kembali kekuatan kita dan menambahkan masukan kita sendiri ke dalam hari kita dapat melontarkan kita untuk memiliki lebih banyak motivasi, lebih banyak energi mental, dan bahkan menurunkan sebagian dari kelelahan mental kita,” tambahnya. .

2. Mengutamakan Perawatan Diri

Perawatan diri dapat terlihat berbeda dari orang ke orang, tetapi Painter mengatakan itu penting untuk mengurangi kelelahan dan meremajakan pikiran. 

“Satu langkah perawatan diri bisa berupa tidur malam yang nyenyak, atau berjalan-jalan di luar, atau makan tiga kali sehari dengan seimbang,” jelasnya.

“Ada berbagai cara kita dapat melatih perawatan diri, dan saya selalu suka mengatakan 'jadwalkan itu seperti pertemuan dengan diri sendiri yang tidak dapat Anda batalkan.'”

Jika Anda benar-benar ingin menghentikan kelelahan mental, Anda harus mengutamakan diri sendiri, dan ini berasal dari mendengarkan tubuh Anda dan apa yang dikatakannya kepada Anda. Baik itu masker wajah, makanan seimbang, atau malam bersama teman-teman, Anda tahu apa yang akan membantu mengisi ulang baterai Anda.

3. Mencari Bantuan saat Dibutuhkan

Kesehatan mental Anda sangat terkait erat dengan kelelahan, jadi tetap waspada terhadap gejala dan mencari dukungan saat dibutuhkan dapat membuat perbedaan besar. 

“Kelelahan mental terkadang dapat ditutupi sebagai depresi atau kecemasan, atau kondisi kesehatan mental lainnya,” kata Painter.

Anda bisa mencari tim perawatan klinis yang dapat membantu Anda mengungkap pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan mental dan menciptakan jalur untuk memproses dan memahami kelelahan Anda sehingga tidak menjadi masalah yang berulang.

Baca Juga :

SOURCE: MIND BODY GREEN | TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat13 Juni 2024, 11:45 WIB

Perlu Diketahui, 5 Jenis Kondisi Lain Nyeri Tangan yang Mirip Dengan Asam Urat

Nyeri pada tangan sering juga dikira serangan asam urat karena beberapa gejalanya mirip. Namun ternyata ada penyakit lain yang mirip dengan asam urat
Ilustrasi kondisi lain yang bisa menyerang tangan karena nyerinya mirip seperti asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life13 Juni 2024, 11:30 WIB

9 Kebiasaan yang Menyebabkan Lonjakan Gula Darah, Cek Dampak & Cara Menghindarinya!

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih sehat, penderita diabetes dapat membantu mengelola kadar gula darah dengan lebih baik dan mengurangi risiko lonjakan gula darah di siang hari.
Ilustrasi. Minum kopi berkafein. Kebiasaan yang Menyebabkan Lonjakan Gula Darah, Ini Dampak & Cara Menghindarinya! | Foto : Pexels.com/@LosMuertosCrew
Sukabumi13 Juni 2024, 11:25 WIB

Sekda Bahas Strategi UHC, 368.199 Jiwa di Kota Sukabumi Terdaftar BPJS Kesehatan

Dida menekankan pendataan warga untuk memastikan terdaftar BPJS Kesehatan.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada (kiri) dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Dwi Surini (kanan) di ruang pertemuan BPJS Kesehatan pada Selasa, 11 Juni 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi13 Juni 2024, 11:22 WIB

Beli Bangunan Bekas Pemda, Perjalanan 21 Tahun Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Sebuah perjalanan panjang lembaga pendidikan tinggi yang berstatus universitas pertama di Sukabumi, Jawa Barat kala itu.
Kampus Cikole, perjalanan 21 tahun Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Sumber: dok UMMI)
Sehat13 Juni 2024, 11:15 WIB

6 Kesalahan Saat Makan Nasi yang Membuat Kadar Gula Darah Naik, Yuk Hindari!

Penderita diabetes terkadang kerap melakukan kesalahan saat makan. Hal ini kemudian memicu terjadinya lonjakan kadar gula darah
Ilustrasi Sejumlah kesalahan makan nasi yang semestinya diketahui penderita diabetes (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sehat13 Juni 2024, 11:00 WIB

Diabetes Sembuh! 8 Latihan Kardio untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi di Rumah

Dengan rutin melakukan latihan kardio dan menjaga pola makan serta gaya hidup yang sehat, Anda dapat membantu mengelola kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Aerobik. Latihan Kardio untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi di Rumah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sehat13 Juni 2024, 10:45 WIB

Penderita Diabetes Harus Tahu, 6 Cara Makan Nasi yang Benar Agar Gula Darah Tidak Kumat

Cara makan nasi yang benar bagi penderita diabetes harus diterapkan. Pasalnya, sembarangan makan nasi bisa menyebabkan naiknya kadar gula darah
Ilustrasi Cara makan nasi sesuai anjuran medis untuk menghindari lonjakan kadar gula darah naik (Sumber : Pexels.com/@joannawielgosz)
Sukabumi13 Juni 2024, 10:35 WIB

Teknologi AI dan Keamanan Siber: Sorotan Utama SENTIMETER 2024 di Universitas Nusa Putra

Husni berharap makalah hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan civitas akademika Universitas Nusa Putra dapat dipublikasikan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat.
Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra menyelenggarakan SENTIMETER 2024 untuk ketiga kalinya pada Senin, 10 Juni 2024 di Gedung Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi. | Foto: Istimewa
Food & Travel13 Juni 2024, 10:30 WIB

Simpel Tapi Enak, 8 Resep Camilan Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

Camilan-camilan ramah asam urat ini tidak hanya enak dan lezat, tetapi juga sehat dan rendah purin, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Apel. Bahan Simpel Tapi Enak untuk Resep Camilan Ramah Asam Urat (Sumber : Pixabay/Julita)
Sehat13 Juni 2024, 10:15 WIB

Ini Aturan Minum Air Putih untuk Menurunkan Kadar Gula Darah, Terapkan!

Minum air putih tentu bermanfaat bagi penderita diabetes. Pasalnya, kadar gula darah akan terkontrol dengan baik
Ilustrasi Cara mengkonsumsi air putih yang baik untuk menurunkan kadar gula darah (Sumber : Pexels.com/@Ketut Subiyanto)