6 Tren Smartphone yang Harus Berhenti di Tahun 2021

Jumat 01 Januari 2021, 03:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tahun 2020 merupakan tahun penting bagi industri smartphone dalam banyak hal. Bukan hanya teknologi 5G, tapi lebih dari itu, mulai dari smartphone lipat dengan daya tahan yang ditingkatkan, hingga kelas menengah yang menghadirkan lebih banyak fitur.

Namun, akan ada teknologi yang kemungkinan tidak akan terlihat lagi di tahun 2021. Berikut daftar lengkapnya, seperti dikutip Android Authority, 28 Desember 2020:

1. Bahan plastik pada ponsel harga Rp 14 jutaan

Tidak ada masalah dengan bahan glasstic yang biasa digunakan Samsung. Merek asal Korea Selatan ini menggunakan plastik yang seperti kaca sebagai salah satu bahan smartphone-nya.

Masalahnya adalah bahan tersebut dipasang pada ponsel seharga US$ 1.000 (setara Rp 14 jutaan), yaitu Galaxy Note. Jika menggunakannya pada ponsel yang murah mungkin menjadi hal berbeda, tapi menjadi masalah ketika konsumen sudah merogoh kocek besar dan mendapat produk yang tak setara dengan harga.

Samsung diharapkan membatasi materi ini pada perangkat seperti seri Galaxy A dan model Galaxy FE/ Lite. Atau, solusinya mungkin mengubah bahan glasstic menjadi benar-benar terasa seperti kaca.

2. Kamera 2 MP sudah tak berguna

Salah satu tren kamera yang paling mengganggu dalam dua tahun terakhir adalah penggunaan sensor 2MP berkualitas rendah. Ini adalah upaya transparan untuk meningkatkan jumlah kamera.

Beberapa merek mulai dari Xiaomi dan realme hingga Samsung dan OPPO mengadopsi strategi tersebut. Seringkali para produsen smartphone menggunakan dua kamera 2 MP, sehingga mereka dapat membual tentang menawarkan empat kamera belakang.

Merek ponsel diharapkan untuk memutuskan dengan pendekatan kualitas dibandingkan kuantitas pada kamera smartphone tahun depan. Artinya, akan lebih baik jika mereka benar-benar meningkatkan kualitas kameranya, mulai dari kamera utama, ultra-wide, atau bahkan makronya daripada menambah lebih banyak lensa.

Jika merek masih bersikeras menawarkan lensa makro, semoga kita melihat sensor resolusi lebih tinggi dengan fokus otomatis daripada kamera 2 MP biasa.

3. Pengisi daya baterai lambat

Sulit dipercaya bahwa saat ini konsumen benar-benar dapat membeli ponsel dengan kecepatan pengisian daya 65W atau bahkan 100W lebih pada tahun 2020, seperti Xiaomi Mi 10 Ultra dan OnePlus 8T. Yang sulit dipercaya adalah masih ada ponsel andalan di luar sana yang tidak menawarkan pengisian cepat. 

Perangkat unggulan seperti Motorola Edge Plus dan Google Pixel 5 hanya menggunakan 18W yang mengecewakan. Sedangkan seri iPhone 12 dan LG V60  sedikit lebih cepat pada 20W dan 25W.

Namun, diharapkan tahun depan semua pengisi daya bisa lebih cepat, minimal 30W atau lebih. Beberapa konsumen memang khawatir bahwa pengisian cepat dapat menurunkan daya baterai dari waktu ke waktu 80-90 persen, tapi masalah ini sudah diperbaiki oleh beberapa ponsel pengisian daya ultra cepat.

OPPO dilaporkan mengklaim bahwa baterai Ace 2-nya menurunkan kapasitas hingga 90 persen setelah 800 siklus (yaitu dua tahun) dengan pengisian daya 65W. Akhirnya, merek selalu dapat mengirimkan telepon dengan pengisian cepat, tapi menonaktifkannya secara default jika mereka benar-benar menginginkannya.

4. Komitmen pembaruan yang buruk

Google sudah berkomitmen untuk menawarkan pembaruan sistem selama tiga tahun ke ponsel Pixel-nya. Samsung juga bergabung tahun ini dengan menawarkan komitmen tiga tahun untuk pembaruan versi Android untuk beberapa perangkat. Itu adalah salah satu dari sedikit titik terang dalam hal ini di tahun 2020. 

Pada tahun tersebut, OnePlus mengkonfirmasi hanya satu pembaruan untuk ponsel Nord N10 dan N100-nya. Sementara Motorola mengira dapat lolos dengan menjanjikan satu pembaruan versi untuk ponsel Edge Plus seharga US$ 1.000. Moto akhirnya mengubah taktik dan beralih kembali ke pembaruan dua versi.

Tapi mengapa pengguna harus melalui ini? Antara konsumen yang memegang ponsel mereka untuk jangka waktu yang lebih lama dan ketidakpastian ekonomi seputar Covid-19, masuk akal bagi lebih banyak merek untuk tetap berkomitmen pada pembaruan perangkat lunak.

5. Kenaikan harga untuk ponsel flagship

Xiaomi, realme, dan OnePlus semuanya menawarkan flagships tahun 2020 dengan harga lebih tinggi dari pendahulunya. Sebagian dari ini tampaknya karena harga silikon andalan yang lebih tinggi.

Namun, di luar beberapa kejutan yang disambut baik, masih agak mengecewakan melihat kelangkaan ponsel andalan yang terjangkau pada tahun 2020. Selain itu juga ada ponsel versi mmWave dengan harga US$ 100 (Rp 1,4 juta) lebih mahal daripada versi 5G standar.

Beberapa contohnya termasuk versi Verizon dari OnePlus 8 dan Pixel 4a 5G. Produsen ponsel diharapkan agar menetapkan harga yang lebih masuk akal di tahun 2021.

6. Kualitas di atas kuantitas

Salah satu tren yang lebih menjengkelkan dalam beberapa tahun terakhir adalah banyak OEM menawarkan banyak ponsel dengan hanya sedikit perbedaan di antara keduanya. Apakah perlu melihat ponsel seri realme Narzo, ketika ponsel realme utama menawarkan pengalaman serupa? Apakah pengguna benar-benar membutuhkan tujuh atau delapan varian Redmi 9 ketika setengahnya cukup? 

Para merek diharapkan bisa menurunkan sedikit rebranding pada tahun 2021. Tentu, terkadang ada alasan bagus untuk rebranding, tapi perusahaan seperti Xiaomi jelas berlebihan untuk merek Poco-nya. Bahkan OnePlus tidak dapat menahan diri dengan N100—yang pada dasarnya adalah OPPO A53 yang di-rebranding.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)