Satu dari Jabar, Siswa Indonesia Raih 4 Medali Olimpiade Kimia di Swiss

Senin 31 Juli 2023, 20:45 WIB
Ilustrasi. Empat siswa asal Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa usai meraih empat medali olimpiade kimia di Swiss | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Empat siswa asal Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa usai meraih empat medali olimpiade kimia di Swiss | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Perestasi membanggakan diraih oleh empat siswa asal Indonesia yang sukses mendapatkan empat medali olimpiade kimia di ajang International Chemistry Olympiad (IChO) ke-55 di Zurich, Swiss.

Pada ajang yang digelar pada 16 – 25 Juli 2023 siswa Indonesia ini meraih dua medali perak dan dua medali perunggu.

Melansir dari Tempo.co, dua medali perak diraih oleh Kevin Lius Bong dari (SMAK Petra 1 Surabaya) dan Abraham Abednego Lincoln (SMAS 1 Kristen BPK PENABUR Jakarta).

Baca Juga: Atlet Sukabumi Bawa Timnas INAF Juara Artalive Challenge Cup 2023

Sementara dua medali perunggu diraih oleh dua siswa, yaitu Muhammad Ezra Sarliviano (MAN Insan Cendekia Serpong) dan Muhammad Adyan Dafi (SMA Cahaya Rancamaya Bogor).

Staf Ahli Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, menyampaikan apresiasi atas para siswa yang telah berjuang dan mengharumkan nama Indonesia di ajang IChO. Harapannya adalah di olimpiade selanjutnya dapat mendapatkan medali emas.

“Ini merupakan bagian ikhtiar kita dalam mempersiapkan talenta agar lebih kuat. Saya ucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada siswa karena mereka sudah meraih prestasi yang tidak mudah didapatkan,” tutur Tatang, dikutip dari situs Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Baca Juga: Kalahkan Thailand, Irpan Kembali Bantu Timnas Voli Juara Sea V-League Seri 2

Lebih lanjut, Tatang menyampaikan bahwa Kemendikbudristek memiliki Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT). Capaian prestasi keempat siswa di ajang IChO akan terdata di SIMT sehingga bermanfaat untuk para siswa di waktu mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Hendarman, juga menyampaikan rasa bangga kepada para siswa yang telah meraih medali di ajang internasional yang telah berlangsung sejak 1968 tersebut.

“Selamat kepada siswa peraih medali perak dan perunggu dalam ajang Olimpiade Kimia Internasional. Pada kesempatan ini, saya juga berbicara dengan salah satu peserta yaitu Kevin Lius Bong, sebenarnya nilainya hanya satu angka untuk mendapatkan medali emas dan ini menunjukkan Indonesia tidak kalah dengan negara lainnya,” ujar Hendarman.

Baca Juga: Kebakaran Bengkel di Palabuhanratu Sukabumi: 3 Motor Hangus, 1 Orang Luka Berat

Dia pun menyampaikan keempat peraih medali sudah diterima di perguruan tinggi. Dua di antaranya adalah penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) yaitu Muhammad Ezra Sarliviano di University of Toronto jurusan Materials Science dan Abraham Abednego Lincoln di Nanyang Technological University jurusan Materials Engineering.

Mereka diterima di kampus bergengsi

Sementara itu, dua siswa lainnya yaitu Kevin Luis Bong telah mendapatkan Beasiswa ASEAN dari Pemerintah Singapura di National University of Singapore jurusan Chemical Engineering dan Muhammad Adyan Dafi diterima di Universitas Indonesia pada jurusan Teknik Kimia melalui Seleksi Jalur Prestasi (SJP).

Hendarman juga berbicara dengan orang tua peserta IChO yang turut hadir pada penyambutan mereka dari Swiss. Dia menyampaikan bahwa orang tua dari para siswa penerima beasiswa di perguruan tinggi luar negeri berharap anak-anaknya pulang dan mengabdi kepada Indonesia.

Baca Juga: 191 Ribu IMEI Terancam Diblokir Karena Ilegal, Apa Itu IMEI?

“Bagi mereka, ada tantangan untuk anak-anak ini karena mereka telah mendapatkan beasiswa. Itu adalah uang rakyat, sehingga mereka harus kembalikan dalam bentuk pengabdian kepada Indonesia. Mereka berpesan kepada anak-anaknya agar ke depannya Indonesia harus diperbaiki,” jelasnya.

Sementara itu, Kevin mengatakan dia sangat bersyukur bisa mendapat medali perak dalam ajang IChO. Dia juga menyampaikan komitmennya untuk mengabdi kepada Indonesia setelah menyelesaikan studinya di luar negeri.

“Puji Tuhan saya dapat mendapatkan medali perak tahun ini. Target saya ke depannya apa yang saya dapatkan di jurusan Teknik Kimia National University of Singapore semoga nantinya bisa bermanfaat dan membantu Indonesia,” katanya.

Selama mengikuti IChO, siswa Indonesia didampingi oleh Tim Pembina yaitu Deana Wahyuningrum, Fainan Failamani, dan Irma Mulyani dari Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Institut Teknologi Bandung (FMIPA-ITB).

Menurut Deana, Tim Olimpiade Kimia Indonesia akan melakukan evaluasi atas prestasi yang diraih di IChO 2023. Selain itu, tim juga menyiapkan mekanisme pembinaan yang lebih baik agar Indonesia dapat mempersembahkan medali emas IChO 2024 yang akan digelar di Riyadh, Arab Saudi.

“Mudah-mudahan anak-anak kita selanjutnya bisa terus berprestasi lebih baik dan meraih medali emas di IChO pada tahun depan yang akan dilaksanakan di Riyadh, Arab Saudi. Tentu saja, kita harus mengevaluasi bagaimana mekanisme dan teknik pembinaan terutama dalam mengasah keterampilan anak-anak melakukan eksperimen di laboratorium,” ungkapnya.

IChO adalah kompetisi kimia internasional untuk siswa di tingkat sekolah menengah dari seluruh dunia. Tahun ini, siswa Indonesia bersaing dengan 348 peserta dari 89 negara. Kompetisi terdiri atas dua bagian, yaitu kompetisi praktis (ekperimental) dan kompetisi teoritis.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment21 Februari 2024, 09:15 WIB

Jual 2 Mobil Cuma Dapat 10 Suara, Dede Sunandar Beda Nasib dengan Komeng

Dede Sunandar gagal nyaleg, hanya dapat 10 suara dari hasil jual 2 mobil.
Dede Sunandar gagal nyaleg, hanya dapat 10 suara dari hasil jual 2 mobil. (Sumber : Instagram/@dede_sunandar).
Sehat21 Februari 2024, 09:00 WIB

8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Demensia

Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia.
Ilustrasi Berry - Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia. (Sumber : pexels.com /@Josh Sorenson).
Life21 Februari 2024, 08:00 WIB

Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan

Berikut ini kepribadian seseorang dilihat dari cara mereka mengetik pesan singkat
Ilustrasi - Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan (Sumber : Freepik/tirachardz)
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)