Kenapa Langit Berwarna Biru dan Berubah Jadi Merah Saat Matahari Terbenam?

Kamis 20 Juli 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi. Alasan kenapa langit berwarna biru dan berubah menjadi merah saat matahari terbenam ketika sore | Foto: SU/Dede Imran

Ilustrasi. Alasan kenapa langit berwarna biru dan berubah menjadi merah saat matahari terbenam ketika sore | Foto: SU/Dede Imran

SUKABUMIUPDATE.com - Kenapa langit berwarna biru? Mungkin kita sering mendengar pertanyaan seperti itu saat melihat langit ketika cuaca cerah. Apalagi bagi anak-anak, pertanyaan itu sangat membuat mereka penasaran.

Selain itu, mungkin banyak juga yang bertanya kenapa langit yang semula biru bisa berubah menjadi merah saat matahari mulai terbenam di sore hari?

Semua itu sebenarnya telah dijelaskan secara ilmiah. Seperti melansir dari laman spaceplace.nasa.gov, langit tampak berwarna biru karena penyebaran cahaya oleh atmosfer bumi.

Dalam laman NASA (badan antariksa Amerika Serikat) tersebut dijelaskan, cahaya matahari terdiri dari berbagai panjang gelombang, yang mencakup seluruh spektrum warna.

Baca Juga: Deretan Misteri Gunung Gede Pangrango, Hulu Wano na Pakuan

Ketika cahaya matahari masuk ke atmosfer Bumi, interaksi dengan partikel-partikel di atmosfer menyebabkan penyebaran cahaya.

Proses penyebaran ini disebabkan oleh fenomena dispersi, di mana panjang gelombang cahaya yang lebih pendek lebih mudah dihamburkan atau ditekankan oleh partikel-partikel di atmosfer.

Partikel-partikel dalam atmosfer yang bertanggung jawab atas penyebaran cahaya ini terutama adalah molekul-molekul gas dan partikel-partikel kecil seperti debu dan butiran air. Namun, yang paling berperan adalah molekul nitrogen dan oksigen dalam atmosfer.

Cahaya merah memiliki panjang gelombang yang lebih panjang, sehingga lebih sedikit dihamburkan oleh atmosfer dan cenderung melintasi atmosfer tanpa banyak gangguan.

Baca Juga: Kenapa Pesawat Terbang Terlihat Mengeluarkan Asap Putih Saat Terbang?

Di sisi lain, cahaya biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek, sehingga lebih banyak dihamburkan oleh molekul-molekul di atmosfer.

Ketika cahaya matahari mencapai pengamat (salah satunya mata manusia) yang berada di permukaan bumi atau di mana pun kita berada, sebagian besar cahaya biru telah tersebar di berbagai arah oleh atmosfer, menciptakan efek cahaya biru yang merata di langit. Inilah yang menyebabkan kita melihat langit berwarna biru saat cuaca cerah.

Mengenai warna langit saat senja atau matahari terbenam masih menurut laman spaceplace.nasa.gov, ketika matahari berada pada sudut rendah di langit, cahaya harus melewati lapisan atmosfer yang lebih tebal sebelum mencapai pengamat.

Baca Juga: Kenapa Kafein Bisa Menahan Ngantuk dan Bikin Melek? Simak Penjelasannya!

Selama perjalanan ini, sebagian besar cahaya biru dan hijau dihamburkan atau diserap oleh partikel-partikel di atmosfer, sementara cahaya merah memiliki kemampuan untuk melintasi jarak lebih jauh tanpa banyak gangguan. Inilah sebabnya mengapa langit tampak merah, oranye, atau kuning selama senja dan matahari terbenam.

Jadi, langit berwarna biru karena penyebaran cahaya oleh atmosfer, terutama oleh molekul-molekul nitrogen dan oksigen.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional10 Mei 2024, 09:33 WIB

Mulai Oktober 2024, Rumah Potong Hewan dan Unggas Wajib Sertifikasi Halal

Teten menyebut produk halal sudah menjadi permintaan dunia.
(Foto Ilustrasi) Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki buka suara soal tenggat wajib sertifikasi halal bagi pelaku usaha pada 17 Oktober 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan10 Mei 2024, 09:30 WIB

5 Masker Wajah Buah-buahan untuk Menghilangkan Jerawat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan masker wajah dari buah-buahan, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dan lakukan tes kecil di bagian belakang telinga atau pergelangan tangan untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahannya
Ilustrasi. Facial | Rekomendasi Masker Wajah Buah-buahan untuk Menghilangkan Jerawat dan Cara Membuatnya (Sumber : Pexels/GustavoFring)
Sehat10 Mei 2024, 09:00 WIB

Muncul Benjolan Aneh dan Sakit di Malam Hari, 7 Tanda Kamu Terkena Asam Urat

Sakit asam urat bisa menyerang siapa saja, dan kita harus waspada dengan gejalanya.
Ilustrasi - Sakit asam urat bisa menyerang siapa saja, dan kita harus waspada dengan gejalanya. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi10 Mei 2024, 08:30 WIB

Lulusan S1 Punya Jiwa Loyalitas Tapi Masih Nganggur? Coba Apply Loker Ini!

Lowongan Kerja S1 di Perusahaan Makanan ini dibuka untuk posisi Mechanical Project.
Ilustrasi. Mechanical Project. Lulusan S1 Punya Jiwa Loyalitas Tapi Masih Nganggur? Coba Apply Loker Ini! (Sumber : Pexels/ThisIsEngineering)
Life10 Mei 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang

Kondisi pikiran yang tenang adalah kondisi di mana pikiran seseorang merasa seimbang dan terpusat, tanpa terganggu oleh kecemasan atau stres yang berlebihan.
Ilustrasi. Bahagia. Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel10 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel!

Tuangkan air melon ke dalam gelas atau cangkir, tambahkan es batu jika diinginkan, dan nikmati kesegaran air melon yang lezat!
Melon. Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science10 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 10 Mei 2024, Termasuk Sukabumi dan Sekitarnya

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.  | Foto: SU/Dede
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

Hidden Agenda Dibalik Koalisi 6 Parpol? Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update