15 Ilmuwan Muslim Populer dan Paling Berpengaruh di Dunia

Selasa 04 April 2023, 14:45 WIB
15 Ilmuwan Muslim Populer dan Paling Berpengaruh di Dunia (Sumber : SCI Journal)

15 Ilmuwan Muslim Populer dan Paling Berpengaruh di Dunia (Sumber : SCI Journal)

SUKABUMIUPDATE.com - Pada tahun 622-1258 masehi, Islam mencapai masa keemasan. Pada masa tersebut banyak ilmuwan muslim dari berbagai bidang yang menyumbangkan ilmu pengetahui yang dimiliki.

Para ilmuwan muslim tersebut membuat buku yang tak terhitung jumlahnya mulai dari buku tentang kedokteran, fisika, geometri, filsafat, astronomi, dan masih banyak lagi. Bahkan hasil penelitian mereka turut berperan penting dalam perkembangan sains dunia. 

Bahkan kumpulan karya ilmuwan muslim tersebut menjadi bagian krusial dari sejarah ilmu pengetahuan sekaligus landasan bagi sains modern saat ini.

Baca Juga: NASA Mendirikan Kantor Baru untuk Misi Manusia ke Mars di Masa Depan

Mengutip dari famousscientists.org via Tempo.co, setidaknya ada 15 tokoh ilmuwan muslim yang kini kian dikenang namanya berkat penemuan mereka. 

Dan berikut 15 ilmuwan muslim terkenal dan berpengaruh di dunia beserta bidang yang digeluti.

1. Abu Nasir Al-Farabi (872–950)

Dikenal juga sebagai Alfarabius atau Abu Nasir, ilmuwan dan filsuf Arab ini dianggap sebagai salah satu pemikir terkemuka di Abad Pertengahan. 

Abu Nasr Al-Farabi tepatnya berasal dari kota kuno Otrar, Kazakhstan. Karya-karya Al-Farabi berada di bidang ilmu yang cukup luas, mulai dari logika, matematika, ilmu alam, teologi, politik dan kenegaraan, hingga musik. 

2. Al-Battani (858–929)

Al-Battani kental dengan ilmu astronomi dan matematika. Ia adalah pencetus dari hitungan tahun matahari (365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik). Ilmuwan yang biasa disebut Albatenius ini juga menemukan sejumlah persamaan trigonometri.

3. Ibnu Sina (980–1037)

Nama Ibnu Sina alias Avicenna tentu tidak asing di kalangan para pegiat kesehatan. Ilmuwan asal Persia (saat ini Iran) tersebut sangat produktif membuat karya di bidang filosofi dan pengobatan. 

Bahkan, bagi sebagian orang, Ibnu Sina dijuluki “Bapak Kedokteran Modern”. Karyanya yang paling terkenal adalah Kitab Kedokteran atau Qanun fi Thib.

4. Ibnu Batutah (1304–1369)

Ibnu Batutah adalah cendekiawan Maroko yang pernah menjelajah banyak pelosok dunia, Afrika hingga China. Ahli geografi yang dijuluki “Shams ad-Din” ini menghasilkan karya berjudul Ar-Rihlah, riwayat petualangannya selama 29 tahun.

5. Ibnu Rusyd (1126–1198)

Ibnu Rusyd, dalam bahasa Latin kerap disebut Averroes, adalah filsuf dan pemikir asal Al-Andalus, wilayah kekuasaan muslim di Semenanjung Iberia (Spanyol dan Portugal) pada abad ke-8 sampai 15. 

Ia menulis dalam beberapa disiplin ilmu, termasuk akidah, fikih, linguistik, kedokteran, dan astronomi. Ibnu Rusyd juga kerap membuat ikhtisar terhadap karya-karya Aristoteles dan Plato sehingga kemudian dijuluki “Sang Penafsir” atau “The Commentator”.

6. Muhammad bin Musa Al-Khwarizmi (780–850)

Tokoh asal Kufah, Irak ini ahli dalam bidang matematika, astronomi, hingga geografi. Berkat karyanya tentang solusi sistematis dari persamaan linear dan kuadrat, Ibnu Musa Al-Khwarizmi lantas diberi titel “Bapak Aljabar”. Buku besar lainnya juga termasuk Kitab Surat al-Ard tentang rekonstruksi planetarium.

7. Umar Khayyam (1048–1131)

Umar Khayyam ialah seorang polimatik, matematikawan, astronom, filsuf, sekaligus penyair asal Persia. 

Sebagai matematikawan, Umar Khayyam paling terkenal dengan penemuan solusi persamaan kubik dan pemahaman aksioma paralel. 

Sementara di bidang astronomi, ilmuwan tersebut merancang kalender Jalali, kalender matahari dengan siklus interkalasi 33 tahun.

8. Tsabit bin Qurrah (826–901)

Tsabit bin Qurrah dikenal juga sebagai Thebit dalam bahasa Latin. Ia adalah astronom dan matematikawan Arab yang lahir di Harran, Turki. 

Salah satu karya Tsabit bin Qurrah yang terkenal adalah “On the Sector-Figure” yang berhubungan dengan teorema Menelaus.

9. Abu Bakar Ar-Razi (865–925)

Abu Bakar ar-Razi alias Rhazes ialah pakar sains Iran sekaligus orang pertama yang memberi penjelasan tentang penyakit cacar. 

Lewat buku Al-Judari wal-Hasbah, ia menjabarkan perbedaan antara cacar dan campak. Selain itu, Abu Bakar ar-Razi juga memiliki kontribusi terkait alergi dan demam, farmasi, hingga etika kedokteran.

10. Jabir bin Hayyan (722–804)

Jabir bin Hayyan, seorang polimatik (polymath) terkemuka asal Irak. Ia ahli di bidang astronomi, teknologi kebumian, filsafat, hingga kedokteran. 

Namun, kontribusi terbesarnya ada pada ranah kimia dengan karya Kitab Al-Kimya (The Book of the Composition of Alchemy) dan temuan hukum perbandingan tetap.

11. Ibnu Ishaq Al-Kindi (801–873)

Ibnu Ishaq Al-Kindi dikenal sebagai filsuf pertama yang lahir di kalangan Islam. Ia berbahasa Arab juga Yunani. 

Karya-karyanya mencakup bidang metafisika, farmakologi, psikologi, hingga meteorologi. Di bidang astronomi, Al-Kindi juga menulis Kitab al-Manazhir al-Falakiyyah dan belasan buku lain.

12. Ibnu Al-Haitsam (965–1040)

Ibnu Al-Haitsam lebih dikenal dengan nama Alhazen. Ia adalah ilmuwan di bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat. Ibnu Al-Haitsam terkenal berkat Kitab Optik dan Keraguan tentang Ptolemeus.

13. Ibnu Zuhri (1091–1161)

Dikenal juga sebagai Avenzoar, Ibnu Zuhri ialah seorang dokter sekaligus penyair asal Sevilla, Al-Andalus. Karyanya yang paling terkenal yakni Al-Taisir Fil-Mudawat Wal-Tadbeer (Buku Penyederhanaan Mengenai Terapi dan Diet).

14. Ibnu Khaldun (1332–1406)

Ibnu Khaldun adalah sejarawan muslim asal Tunisia. Karyanya yang paling terkenal yaitu Muqaddimah, buku yang membahas gambaran awal sejarah universal manusia (salah satu filosofi sejarah non-agama paling awal). Selain itu, Ibnu Khaldun juga dijuluki “Bapak Sosiologi Islam” dan “Bapak Ekonomi Islam”.

15. Ibnu Al-Baithar (1197–1248)

Ilmuwan muslim ini lahir di Malaga, Andalusia, Spanyol. Bidang yang ia geluti adalah ilmu tetumbuhan. 

Karya-karya penting milik Ibnu Al-Baithar antara lain adalah Al-Jami’ li Mufradat al-Adwiyyah wa al-Aghziyyah (Kompendium Obat-Obatan dan Makanan Bergizi) dan Al-Mughni fi al-Adwiyyah al-Mufradah (Kompendium Obat-Obatan yang Berguna).

Sumber: Tempo.co (Nia Heppy | Muharram)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:55 WIB

Dua Pemotor Tewas Disambar Kereta Api di Perlintasan Tanpa Palang Pintu di Sukabumi

Dua pemotor yang berboncengan dilaporkan tewas setelah disambar kereta api yang tengah melaju di perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi.
Lokasi kejadian dua pemotor disambar kereta api saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:08 WIB

Polisi Selidiki Temuan Senjata Api Terkubur di Cisaat Sukabumi, Stand dengan Amunisi Aktif

Pihak Kepolisian akan melakukan penyelidikan atas penemuan dua senjata laras panjang yang terkubur di dalam tanah lengkap dengan kotak senjata hingga peluru yang masih aktif yang di Cisaat Kabupaten Sukabumi.
Dua senjata api laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:04 WIB

Angkot Terbakar di Nagrak Sukabumi, Diduga akibat Selang Bensin Bocor

Berikut kronologi dan dugaan pemicu terjadinya kebakaran angkot di Nagrak Sukabumi.
Tangkapan layar video angkot yang terbakar di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik03 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral di Media Sosial.
Lagu Bleeding Love Leona Lewis (Sumber : YouTube/LeonaLewis)
Sehat03 Mei 2024, 16:30 WIB

9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk Coba Sederet Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi - Daging Ayam. Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/@mdjaff)
Sehat03 Mei 2024, 16:00 WIB

Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas.
Ilustrasi - Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)