Ilmuwan NASA Temukan Pembentukan Bintang Muda Tahap Awal di Luar Angkasa

Jumat 16 Desember 2022, 20:30 WIB
Para ilmuwan NASA meneliti gampar pertama yang ditangkap teleskop Webb dan menemukan bagaimana pembentukan bintang muda tahap awal | Foto: NASA, ESA, CSA, STScI, Megan Reiter dan Joseph DePasqua

Para ilmuwan NASA meneliti gampar pertama yang ditangkap teleskop Webb dan menemukan bagaimana pembentukan bintang muda tahap awal | Foto: NASA, ESA, CSA, STScI, Megan Reiter dan Joseph DePasqua

SUKABUMIUPDATE.com - Para ilmuwan badan antariksa Amerika Serikat NASA melakukan ‘penyelaman mendalam’ ke dalam salah satu gambar yang berhasil ditangkap teleskop antariksa James Webb.

Mereka telah menemukan lusinan jet energik dan arus keluar dari bintang muda yang sebelumnya tersembunyi oleh awan debu.

NASA menyebut jika penemuan ini menandai dimulainya era baru dalam menyelidiki bagaimana bintang seperti Matahari kita terbentuk, dan bagaimana radiasi dari bintang masif terdekat dapat mempengaruhi perkembangan planet.

Baca Juga: Bikin Takjub, Gambar Saturnus yang Sempat Diabadikan Pesawat Antariksa Cassini

Mengutip dari nasa.gov, Tebing Kosmik, sebuah wilayah di tepi rongga gas raksasa di dalam gugus bintang NGC 3324, telah lama menarik perhatian para astronom sebagai sarang pembentukan bintang.

Sementara dipelajari dengan baik oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble, banyak detail pembentukan bintang di NGC 3324 tetap tersembunyi pada panjang gelombang cahaya tampak. Webb sangat cocok untuk menampilkan detail yang telah lama dicari ini karena dibangun untuk mendeteksi pancaran dan arus keluar yang hanya terlihat dalam inframerah dengan resolusi tinggi.

Kemampuan Webb juga memungkinkan peneliti melacak pergerakan fitur lain yang sebelumnya ditangkap oleh Hubble.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Curug di Jawa Barat yang Indah dan Favorit Wisatawan

Baru-baru ini, dengan menganalisis data dari panjang gelombang cahaya inframerah tertentu (4,7 mikron), para astronom menemukan dua lusin aliran keluar yang sebelumnya tidak diketahui dari bintang yang sangat muda yang diungkapkan oleh molekul hidrogen.

Pengamatan Webb menemukan galeri objek mulai dari air mancur kecil hingga raksasa yang meledak yang memperpanjang tahun cahaya dari bintang pembentuk. Banyak dari protobintang ini siap menjadi bintang bermassa rendah, seperti Matahari kita.

Pembentukan bintang muda tahap awal yang diamati ilmuwan NASAPembentukan bintang muda tahap awal yang diamati ilmuwan NASA

"Apa yang Webb berikan kepada kita adalah cuplikan waktu untuk melihat seberapa banyak pembentukan bintang yang terjadi di sudut alam semesta yang mungkin lebih khas yang belum pernah kita lihat sebelumnya," kata astronom Megan Reiter dari Universitas Rice. di Houston, Texas, yang memimpin penelitian tersebut dikutip dari laman resmi NASA.

Baca Juga: Daftar 10 Tokoh yang Banyak Dicari di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2022

Hidrogen molekuler adalah unsur penting untuk membuat bintang baru dan pelacak yang sangat baik dari tahap awal pembentukannya. Saat bintang muda mengumpulkan material dari gas dan debu yang mengelilinginya, sebagian besar juga mengeluarkan sebagian kecil dari material itu kembali dari daerah kutubnya dalam pancaran dan aliran keluar.

Jet ini kemudian bertindak seperti bajak salju, membuldoser ke lingkungan sekitarnya. Terlihat dalam pengamatan Webb adalah molekul hidrogen yang tersapu dan tereksitasi oleh pancaran ini.

“Jet seperti ini adalah rambu-rambu untuk bagian paling menarik dari proses pembentukan bintang. Kami hanya melihat mereka selama jangka waktu singkat ketika protobintang aktif bertambah, ”jelas rekan penulis Nathan Smith dari University of Arizona di Tucson.

Baca Juga: Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Saatnya UMKM Meroket

Pengamatan jet dan aliran keluar sebelumnya melihat sebagian besar di daerah terdekat dan objek yang lebih berkembang yang sudah terdeteksi dalam panjang gelombang visual yang dilihat oleh Hubble.

Sensitivitas Webb yang tak tertandingi memungkinkan pengamatan wilayah yang lebih jauh, sementara pengoptimalan inframerahnya menyelidiki tahap pengambilan sampel debu yang lebih muda. Bersama-sama ini memberi para astronom pandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke lingkungan yang menyerupai tempat kelahiran tata surya kita.

“Ini membuka pintu untuk apa yang mungkin terjadi dalam melihat populasi bintang yang baru lahir ini di lingkungan alam semesta yang cukup khas yang tidak terlihat hingga Teleskop Luar Angkasa James Webb,” tambah Reiter. “Sekarang kita tahu ke mana harus mencari selanjutnya untuk mengeksplorasi variabel apa yang penting untuk pembentukan bintang mirip Matahari.”

Baca Juga: Jadwal Libur dan Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru 2023, Cek Informasinya Disini

Periode pembentukan bintang yang sangat awal ini sangat sulit untuk ditangkap karena, untuk setiap bintang individu, ini adalah peristiwa yang relatif singkat hanya beberapa ribu hingga 10.000 tahun di tengah proses pembentukan bintang selama jutaan tahun.

“Dalam gambar yang pertama kali dirilis pada bulan Juli , Anda melihat petunjuk tentang aktivitas ini, tetapi jet ini hanya terlihat saat Anda melakukan penyelaman yang dalam membedah data dari masing-masing filter yang berbeda dan menganalisis masing-masing area saja,” kata anggota tim Jon Morse Institut Teknologi California di Pasadena. "Ini seperti menemukan harta karun yang terkubur."

Dalam menganalisis pengamatan Webb yang baru, para astronom juga mendapatkan wawasan tentang seberapa aktif wilayah pembentuk bintang ini, bahkan dalam rentang waktu yang relatif singkat.

Baca Juga: Ngajengkang hingga Tiseureuleu, Ini 23 Istilah Jatuh dalam Bahasa Sunda!

Dengan membandingkan posisi aliran keluar yang diketahui sebelumnya di wilayah ini yang ditangkap oleh Webb, dengan data arsip Hubble dari 16 tahun lalu, para ilmuwan dapat melacak kecepatan dan arah pergerakan jet.

Sains ini dilakukan pada pengamatan yang dikumpulkan sebagai bagian dari Program Pengamatan Rilis Awal Webb . Makalah ini diterbitkan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society pada Desember 2022.

Sumber: nasa.gov

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)