10 Fakta Menarik Lautan, Tempat di Bumi yang Menyimpan Banyak Misteri

Rabu 22 Februari 2023, 17:15 WIB
Ilustrasi. Banyak fakta menarik mengenai lautan di Bumi yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya | Foto: Pixabay/0fjd125gk87

Ilustrasi. Banyak fakta menarik mengenai lautan di Bumi yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya | Foto: Pixabay/0fjd125gk87

SUKABUMIUPDATE.com - Lautan menjadi salah satu tempat di planet Bumi yang memiliki banyak sekali misteri. Tak mengherankan mengingat lautan memiliki luas 70 persen dari ruang kehidupan di Bumi. Diketahui hingga saat ini hanya lima persen saja bagian dari lautan yang pernah dieksplorasi oleh manusia.

Bahkan para ilmuwan lebih banyak mengungkap tentang luar angkasa yang sangat luas dan menemukan banyak hal disana dibandingkan di lautan.

Masih sangat banyak hal yang belum diketahui umat manusia mengenai apa saja yang ada di dalam lautan baik benda maupun makhluk hidup penghuninya.

Baca Juga: Ahli Kelautan: 15 Persen Pesisir Indonesia Terancam Tenggelam

Lautan di Bumi memiliki beberapa tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Mulai dari 200 meter pertama mencakup lautan terbuka yang di dalamnya banyak ditemukan kehidupan laut yang dikenal manusia dan masih mendapatkan cahaya matahari.

Kemudian ada daerah yang disebut dengan Twilight Zone dimana sinar matahari mulai sedikit yang masuk. Lalu pada kedalaman lebih dari 1000 meter sudah tidak ada cahaya yang masuk sama sekali yang disebut sebagai laut dalam.

Namun, dari lima persen tersebut saja telah mengungkap beberapa fakta menarik mengenai lautan di planet Bumi.

Mengutip dari Akurat.co yang merujuk berbagai sumber, berikut beberapa fakta menarik tentang lautan yang mungkin belum banyak juga yang mengetahuinya.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Spesies Paus Baru, Bukti Jika Lautan Menyimpan Banyak Misteri

1. Sungai di bawah laut

Ternyata, sama seperti yang seringkali ada di berbagai film bahwa terdapat sungai di bawah laut. Hal ini terjadi karena adanya pertemuan air asin dengan hidrogen sulfat yang membentuk sebuah lapisan yang lebih padat (dense) dibandingkan air di sekitarnya, sehingga terbentuklah sungai bawah laut.

Sungai di bawah laut yang paling terkenal berada di Semenanjung Yukatan di Meksiko. Meskipun terlihat tampak seperti air laut pada umumnya dari permukaan, kamu hanya bisa menemukan sungai saat berada di kedalaman 18 meter yang bernama Cenote Angelita.

2. Lautan menutupi 70 persen bagian Bumi

Daratan di bumi memanglah sangat luas jika dirasakan. Namun, fakta menarik tentang lautan yaitu sebagian besar mencapai 70 persen permukaan bumi justru berupa lautan.

Memang benar bahwa lingkungan laut sangat penting bagi bumi dan masih banyak bagian lainnya yang perlu di eksplorasi oleh manusia.

Baca Juga: Ilmuwan NASA Temukan Pembentukan Bintang Muda Tahap Awal di Luar Angkasa

3. Kedalaman laut melebihi Gunung Everest

Banyak orang yang berani dan berhasil mendaki Gunung Everest, namun tidak banyak yang pernah menyelam ke dalam lautan yang sama jauhnya dengan Gunung Everest.

Seperti titik terdalam lautan yang terletak pada Palung Mariana atau dikenal sebagai Challenger Deep. Jarak dari permukaan laut ke dasar Palung Mariana hampir 11 kilometer atau 7 mil.

Kalau diukur dengan Gunung Everest yang dimasukkan ke dalam Palung Mariana, jaraknya masih lebih dari 1 mil dari permukaan air. Fakta menarik tentang lautan yang satu ini sangat unik karena dibandingkan dengan sebuah gunung.

Baca Juga: 7 Manfaat Olahraga di Sore Hari, Bisa Meredakan Stres dan Pikiran Kalut

4. Banyak artefak bersejarah

Ditemukan sekitar 1.000 bangkai kapal yang terletak di Florida Keys. Beberapa artefak yang ditemukan berada di dalam Cagar Alam Laut Nasional Florida Keys. Ternyata lebih banyak artefak yang ditemukan di bawah laut daripada semua artefak yang ada di semua museum dunia. Termasuk penemuan patung perunggu terendam Mediterania, Christ of the Abyss.

5. Lima persen bagian lautan yang dieksplorasi

Fakta menarik tentang lautan selanjutnya yaitu menurut penelitian, manusia hanya berhasil menjelajah lautan kurang dari lima persen pada lautan di bumi. Banyak para ahli dan peneliti yang setiap saat berusaha menjelajahi lebih banyak lagi tentang di biru yang misterius ini. Penelitian yang dilakukan ini juga memerlukan harga yang perlu dibayar dengan jumlah banyak.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Pisang Goreng yang Jadi Dessert Nomor Satu di Dunia

6. Tekanan pada Palung Mariana

Saking dalamnya Palung Mariana, tekanan di dasar palung mencapai 1000 kali lebih kuat dibanding tekanan atsmofer pada umumnya. Jika seseorang menjelajahi palung tanpa perlengkapan yang memadai sudah pasti orang tersebut dengan mudah akan hancur karena berada di bawah tekanan besar.

7. Terdapat banyak emas

Emas yang dimaksud bukanlah dalam bentuk batangan ataupun bongkahan. Emas ini sudah terlarut dalam air hingga nyaris tak terlihat. Setelah diteliti, lautan mengandung sebanyak 20 juta ton emas.

Diperkirakan oleh suatu penelitian, kalau seluruh emas dalam lautan diekstrak maka seluruh penduduk bumi akan memperoleh bagian emas kurang lebih seberat 4 kilogram.

Baca Juga: Unik! 18 Fakta Surade Sukabumi Eyang Santri Dalem Hingga Megalodon

8. Hewan terbesar dalam lautan

Paus biru merupakan penghuni lautan yang sangat besar. Panjang tubuhnya mencapai hingga 30 meter dengan bobot maksimum mencapai 173 ton, sehingga menjadikannya sebagai hewan terbesar di dunia yang pernah ditemukan. Bahkan, jantung dari paus biru bisa seukuran mobil.

9. Banyak suara misterius

Ternyata, dalam lautan terdapat suara-suara misterius yang belum diketahui sumbernya dari mana asalnya. Ada salah satu suara misterius dari laut yang paling terkenal yaitu The Bloop yang sempat terekam pada tahun 1997.

Suara yang terekam tersebut menjadi suara terkencang dari lautan yang pernah terekam oleh manusia. Banyak orang yang berpendapat bahwa suara tersebut berasal dari hewan laut ataupun pergerakan glasier.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Temuan Gunung Bawah Laut di Pacitan, Tumbukan Lempeng Indo-Australia

10. Samudera Pasifik jadi yang terbesar

Fakta menarik tentang lautan yang terakhir adalah Samudra Pasifik yang memiliki 25.000 pulau terbentang. Lautan Samudra Pasifik, kira-kira sepertiga luas permukaan bumi, dengan luas permukaan sebesar 165.250.000 km persegi (63.800.000 mil) dan panjangnya sekitar 15.500 km persegi (9.600 mil).

Titik terendah permukaan bumi yaitu Palung Mariana yang berada di Samudera Pasifik. Itulah beberapa fakta menarik tentang lautan yang mungkin saja belum kamu ketahui.

Sumber: Akurat.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)