7 Fakta Menarik Kecoa, Benarkah Bisa Hidup Tanpa Kepala?

Kamis 09 Februari 2023, 15:30 WIB
Ada beberapa fakta menarik mengenai kecoa termasuk hewan tersebut bisa bertahan hidup tanpa kepala | Foto: PixabayErik_Karits

Ada beberapa fakta menarik mengenai kecoa termasuk hewan tersebut bisa bertahan hidup tanpa kepala | Foto: PixabayErik_Karits

SUKABUMIUPDATE.com - Kecoa menjadi salah satu serangga yang kerap dianggap mengganggu. hewan ini bisa ditemui di rumah terutama di area dapur dan kamar mandi.

Kecoa dikenal hidup di habitat yang kotor, karenanya kecoa lebih mudah ditemukan jika tempat-tempat yang kurang terurus.

Karena hidupnya di tempat yang kotor, kecoa dianggap bisa menyebarkan bakteri penyebab penyakit. Hal itu juga yang menjadikan banyak orang merasa jijik bahkan geli saat melihat serangga satu ini.

Baca Juga: Bertahan Sejak Zaman Dinosaurus, Kecoa Selamat dari Hantaman Asteroid

Banyak yang berusaha membasmi kecoa dengan berbagai cara seperti menyemprotnya dengan racun anti serangga dan sebagainya. Namun, Menjaga kebersihan rumah sangat penting dilakukan untuk mencegah kecoa hidup di dalam rumah.

Beberapa penyakit yang diketahui bisa disebarkan oleh kecoa antara lain salmonella, staphylococcus, dan Streptococcus.

Selain itu ada juga beberapa fakta menarik yang mungkin belum banyak orang tahu tentang kecoa. Berikut fakta menarik kecoa seperti dilansir dari Akurat.co.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih PD, Yuk Simak!

1. Sudah hidup sejak ratusan juta tahun lalu

Kecoa merupakan salah satu hewan tertua di dunia. Bahkan, jika kita bisa kembali ke masa lalu, tepatnya pada periode Jurassic zaman dinosaurus berada, kita bisa melihat kecoa di sana.

Kecoa modern pertama kali muncul sekitar 200 juta tahun yang lalu, sedangkan kecoa primitif muncul lebih awal, sekitar 350 juta tahun yang lalu, selama periode Carboniferous. Namun, kecoa saat ini berbeda dari kecoa yang eksis di zaman dahulu.

Baca Juga: Jadwal Bali United vs Persib Bandung di Liga 1, Kabar Baik dari Ezra Walian

2. Kecoa bisa hidup tanpa kepala

Siapa sangka bahwa kecoa bisa bertahan hidup tanpa kepala selama seminggu.
Kecoa tidak memerlukan kepala untuk dapat bernapas. Sistem pernapasan kecoa menggunakan tabung kecil atau spiral yang terletak di samping tubuh mereka untuk menghirup dan mengangkut oksigen.

3. Tidak bisa terbang

Kecoa adalah serangga yang sesungguhnya tidak dapat terbang, melainkan fall with style atau jatuh dengan gaya.
Meskipun banyak jenis kecoa memiliki sayap dan tak sedikit dari mereka juga dapat terbang, namun kebanyakan dari mereka bahkan tidak dapat terbang sama sekali.

Baca Juga: Profil Isye Sumarni Pemeran Emak Preman Pensiun, Sosok yang Bikin Nyali Kang Mus Ciut

Sayap mereka hanya memungkinkan mereka untuk meluncur dan mengepak untuk jarak pendek dalam waktu singkat. Mereka lebih suka merangkak di tanah karena itu cara tercepat bagi mereka untuk mencari makanan.

4. Kecoa bisa menahan napas hingga puluhan menit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kecoa dapat menahan napas selama 40 menit, dan juga dapat bertahan hidup di bawah air selama 30 menit.

Kemampuan kecoa untuk menahan napas dalam waktu yang lama diyakini merupakan cara mereka untuk mengatur kehilangan air dalam tubuhnya.

Baca Juga: Terjemahan Lirik Lagu Somewhere Only We Know dari Keane, Bisa Bawa Kamu Bernostalgia

Tidak seperti manusia, kecoa tidak menggunakan mulut mereka untuk bernapas, melainkan menggunakan tabung kecil di tubuh mereka yang disebut spiral.

Cara ini juga digunakan kecoa untuk mengangkut uap air keluar dari tubuh mereka. Sehingga jika mereka perlu menghemat kadar air di dalam tubuh, mereka hanya akan menjaga tabung tetap tertutup.

5. Kecoa adalah hewan yang senang disentuh

Kecoa adalah seekor hewan thigmotropic, yang berarti senang merasakan sentuhan. Oleh karena itu, hewan ini kerap mencari tempat yang sedikit sempit dan menawarkan kenyamanan yang pas baginya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Lee Da In, Si Aktris Cantik Calon Istri Lee Seung Gi

Bahkan, kecoa Jerman yang berukuran lebih kecil dapat masuk ke celah setipis uang receh, sedangkan kecoa Amerika yang lebih besar bisa masuk ke dalam ruang yang sedikit lebih tebal.

Kecoa juga merupakan makhluk sosial, lebih suka hidup di sarang multigenerasi yang dapat berkisar dari sekelompok hingga beberapa lusin kecoa.

6. Pelari yang cepat

Kecoa adalah serangga yang sangat cepat dan ulet. Namun, mereka selalu menjadi mangsa untuk sejumlah besar predator alami kecoa, dan berlari dengan kencang merupakan satu-satunya mekanisme pertahanan mereka.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

Bahkan mereka dapat berlari dengan cepat di medan yang tidak rata dan hambatannya kecil. Meskipun ukurannya kecil, kecoa mampu berlari dengan kecepatan hingga 1.5 meter per detik.

7. Bisa merasakan makanan meski tak memakannya

Salah satu kelemahan kecoa adalah mereka tidak memiliki lidah dengan kemampuan perasa seperti manusia. Namun, kelemahan ini bukan berarti mereka tidak bisa merasakan makanan sama halnya seperti manusia dan hewan lainnya.

Kecoa diketahui bisa merasakan makanan tanpa perlu memakannya. Mereka memiliki indera perasa berupa rambut atau yang dikenal sebagai 'rambut rasa' yang terletak di sekujur sayap, kaki, dan di sekitar mulutnya.

Rambut rasa ini berfungsi sama dengan pengecap pada lidah manusia untuk mendeteksi rasa manis, pahit, dan zat kimia dalam makanan.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Gaya Hidup

6 Cara Ampuh Usir Kecoa dari Rumah

Sabtu 08 Januari 2022, 15:20 WIB
6 Cara Ampuh Usir Kecoa dari Rumah
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa