Fakta Menarik Saturnus yang Disebut Sebagai Planet Terindah di Tata Surya

Rabu 13 Juli 2022, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Planet Saturnus disebut-sebut sebagai planet paling menakjubkan yang ada di Tata Surya. Planet ini juga terkenal dengan cincinya, walaupun bukan satu-satunya planet yang memiliki cincin, namun diketahui jika cincin saturnus merupakan cincin yang paling indah.

Melansir dari Live Science, Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter dan merupakan planet paling menonjol karena memiliki pita kuning dan emas yang sangat indah di permukaannya. 

Selain itu, saturnus juga diketahui memiliki banyak bulan dibandingkan dengan planet lain yang ada di Tata Surya.

Nah, selain hal yang tersebut masih banyak lagi fakta menarik Saturnus. Untuk kamu yang mencintai dunia astronomi atau luar angkasa, yuk simak penjelasannya dibawah ini seperti yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga :

Sederet Fakta Menarik Merkurius, Planet yang Paling Dekat dengan Matahari

1. Asal Nama Saturnus

photoSaturnus - (IST)</span

Saturnus telah dikenal sejak zaman dulu karena planet ini merupakan salah satu planet yang dapat dilihat dari bumi dengan mata telanjang saat malam hari.

Nama saturnus diambil dari seorang dewa kekayaan dan pertanian Romawi. Selain itu, Saturnus juga dikenal sebagai Kronos dalam bahasa Yunani dan Sani dalam bahasa Sansekerta.

Dan banyak lagi nama kuno Saturnus dari berbagai belahan dunia seperti Sao (Thailand), Zuhal (Arab), Kayvon (Farsi), Tuxing (artinya Bintang Tanah dalam bahasa Mandarin), dan Kayamanu (Babilonia).

2. Terbuat Dari Apakah Saturnus?

photoTerbuat Dari Apakah Saturnus - (NASA)</span

Menurut European Space Agency 9ESA) atmosfer Saturnus terdiri dari 96 persen hidrogen dan 4 persen helium, dengan sejumlah kecil air, metana, dan amonia.

Melansir dari NASA, Saturnus memiliki radius 36.183 mil atau setara dengan 58.232 kilometer, yang membuatnya sembilan kali lebih lebar dari Bumi.

Planet ini memiliki inti padat yang terbuat dari logam seperti besi dan nikel, serta dikelilingi oleh material berbatu yang pada gilirannya diselimuti oleh hidrogen logam cair yang tunduk pada suhu dan tekanan yang intens. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa inti Saturnus bukanlah bola padat seperti Bumi, melainkan sup kabur yang terdiri dari batuan, es, dan cairan logam yang mengalir di sekitar dan mempengaruhi tarikan gravitasinya, yang pada gilirannya mempengaruhi struktur cincin raksasa.

Lapisan terluar dari Saturnus terbuat dari gas berputar-putar yang sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium, ditambah dengan sejumlah kecil air, amonia, dan metana, yang menjadi cair saat tekanan dan suhu meningkat lebih dalam, 

Hal tersebut menjadikan planet ini sebagai planet terpadat di Tata Surya, dengan kepadatan rata-rata kurang dari air, yang berarti akan mengapung.

Angin di atmosfer atas Saturnus jauh lebih kuat daripada yang dihasilkan oleh angin topan di Bumi dan mencapai 1.090 mph (1.755 km/jam di wilayah khatulistiwanya).

Melansir dar Live Science, awan pada planet ini memiliki berbagai warna coklat, kuning, serta abu-abu, dan mereka membentuk sebuah sistem badai berbentuk heksagonal yang misterius dan aneh di kutub utara. 

Menurut ESA, baut petir yang dianggap 10.000 kali lebih kuat daripada yang ada di Bumi dapat dilihat di Saturnus, dan pesawat ruang angkasa Cassini NASA melihat badai yang mempengaruhi pola cuaca planet selama lebih dari tiga tahun.

Baca Juga :

Tidak Lagi Masuk Jajaran Planet, Ini Sederet Fakta Menarik Pluto

3. Jarak Matahari ke Saturnus

photoJarak Matahari ke Saturnus - (NASA)</span

Menurut NASA, Saturnus mengorbit pada jarak rata-rata 886 juta mil atau setara 1,4 miliar kilometer dari matahari,  yang artinya satu tahun Saturnus berlangsung sekitar 29,4 tahun Bumi

Biasanya dibutuhkan sinar matahari 80 menit untuk melakukan perjalanan antara matahari dan Saturnus

Planet ini memiliki hari terpendek kedua di tata surya, hanya 10,7 jam, sedikit lebih lama dari hari di Jupiter 9,93 jam.

Saturnus memiliki kemiringan aksial yang sangat dekat dengan bumi, sekitar 26,73 derajat sehubungan dengan orbitnya mengelilingi matahari (Bumi adalah 23,5 derajat), yang berarti bahwa Saturnus mengalami musim yang mirip dengan planet kita.

4. Apakah Ada yang Pernah Menjelajahi Saturnus

photoProbe Robot Cassini - (NASA)</span

Melansir dari Live Science empat probe robot telah mengunjungi Saturnus. Pesawat ruang angkasa Pioneer 11 diluncurkan dari Bumi pada 5 April 1973 dan menyelesaikan terbang lintas raksasa bercincin pada 1 September 1979.

Voyager 1 NASA terbang melewati Saturnus pada tahun 1980 dan Voyager 2 mencapai planet ini pada tahun 1981.  Keduanya mengambil hampir 16.000 gambar Saturnus, cincin, dan bulannya. 

Selain itu dia probe menemukan tiga bulan baru, mempelajari sistem cincin yang rumit secara rinci, dan mengumpulkan data tentang medan magnet serta atmosfer Saturnus

Setelah bertemu bulan terbesar, Titan, Voyager 2 diarahkan ke atas dan keluar dari bidang ekliptika, yang merupakan bidang di mana semua planet mengorbit mengelilingi matahari, memberikan para peneliti pandangan atas planet dan cincinnya.

Studi paling mendalam tentang Saturnus dilakukan oleh misi bersama Cassini-Huygens NASA-ESA, yang diluncurkan dari Bumi pada 1997 dan mencapai raksasa gas bercincin pada 2004.

Penyelidikan Huygens mendarat di Titan pada tahun 2005, menjadi robot pertama yang mencapai permukaan bulan di tata surya luar.

Huygens mengambil foto laut, saluran sungai, dan gunung yang menakjubkan saat turun. Menurut Planetary Society, Cassini tetap mengorbit di sekitar Saturnus hingga 15 September 2017, membuat total 294 orbit dan kemudian terjun ke atmosfer planet.

5. Saturnus Memiliki 82 Bulan

photoBulan Saturnus - (NASA)</span

Saturnus memiliki bulan yang paling banyak daripada planet lain, dengan 53 satelit yang dikonfirmasi dan 29 lainnya yang menunggu konfirmasi, sehingga totalnya menjadi 82.

Bulan terbesarnya, adalah Titan yang merupakan bulan terbesar kedua di Tata Surya setelah bulan milik Jupiter Ganymede. 

Selain itu diketahui jika ukurn Titan lebih besar daripada planet Merkurius.

Titan adalah dunia luar biasa yang terbungkus dalam atmosfer padat nitrogen dan hidrokarbon. Lumpur ini membentuk kabut kekuningan yang berada pada suhu minus 290 derajat Fahrenheit (minus 180 derajat Celcius.

Baca Juga :

Sederet Fakta Menarik Merkurius, Planet yang Paling Dekat dengan Matahari

Di permukaan Titan dapat ditemukan fitur geologis yang luar biasa seperti danau, laut serta sungai metana cair dan etana. 

Laut terbesar di Titan disebut Kraken Mare yang memiliki kedalaman lebih dari 1.000 kaki atau setara dengan 300 meter, kira-kira sama tingginya dengan Chrysler Building di New York City.

Kraken Mare begitu dalam sehingga radar Cassini tidak dapat menyelidiki sampai ke dasar. Lautan bulan tampak tenang secara alami dengan gelombang setinggi 0,25 inci (1 sentimeter) dengan panjang sekitar 8 inci (20 cm).

6. Apakah Ada Kehidupan di Saturnus?

photoDragonfly Mission To Titan - (NASA)</span

Menurut NASA, karena suhu, tekanan, dan kecepatan angin Saturnus yang ekstrem, para ilmuwan berpendapat bahwa potensi kehidupan seperti yang kita ketahui di planet itu sendiri sangat kecil.

Akan tetapi bulan-bulan di planet ini adalah target utama eksplorasi dalam hal lingkungan yang dapat dihuni di luar Bumi.

Dengan atmosfernya yang tebal dan cairan di permukaannya, Titan adalah salah satu tempat di tata surya yang dianggap berpotensi menampung kehidupan.

Lautan air cair lebih lanjut mungkin berada di bawah kerak esnya dan NASA telah merencanakan misi Dragonfly untuk diluncurkan pada tahun 2026 dan menjelajahi bulan secara lebih rinci.

Bulan Saturnus lainnya yang paling menarik adalah Enceladus. Dikelilingi oleh cangkang es beku yang mana menembakkan geyser tinggi air cair pada kecepatan 800 mph (1.290 km / jam).

Meskipun Enceladus kecil hanya berukuran 504 km, namun Cassini telah melihat metana yang berasal dari patahan yang dikenal sebagai garis-garis harimau di dekat kutub selatannya, kemungkinan petunjuk tentang organisme yang hidup di laut bawah permukaannya bulan tersebut.

Beberapa ahli astrobiologi berpikir bahwa lautan Enceladus telah ada cukup lama, kira-kira 1 miliar tahun, untuk bahan kimia terlarut dan memulai proses yang memicu kehidupan.

Bulan-bulan Saturnus lainnya menyimpan kejutan. Misalnya, Mimas, dunia kecil dengan kawah besar yang membuatnya tampak seperti Death Star dari seri Star Wars mungkin juga memiliki badan air cair yang terperangkap di bawah es luarnya.

7. Bagaimana Cincin Saturnus Terbentuk?

photoBagaimana Cincin Saturnus Terbentuk? - (NASA)</span

Para peneliti percaya bahwa sistem cincin Saturnus yang indah, yang terbuat dari pecahan batu dan debu es, terbentuk ketika asteroid, komet, dan potongan bulan hancur menjadi pecahan di bawah gaya gravitasi Saturnus

Potongan-potongan cincin itu ukurannya bervariasi dari batu besar seukuran gunung hingga partikel debu yang sangat kecil. 

Cincin Saturnus memanjang hingga 175.000 mil atau setara dengan 282.000 km dari planet itu sendiri, namun sangat tipis, dengan ketinggian vertikal rata-rata hanya 30 kaki (10 m) di cincin utama.

Cincin-cincin tersebut diberi nama berdasarkan urutan penemuannya, dengan cincin utama adalah cincin A, B, dan C, sedangkan cincin D, E, F, dan G lebih redup dan baru ditemukan. Ada celah berukuran 2.920 mil (4.700 km) antara cincin A dan B.

Sangat jauh, ada cincin yang sangat redup di orbit bulan Saturnus Phoebe. Material terus-menerus jatuh dari cincin menuju Saturnus dalam fenomena yang dikenal sebagai "hujan cincin", yang berarti sistem cincin yang menakjubkan kemungkinan akan habis hanya dalam waktu 100 juta tahun .

Baca Juga :

Mengenal Mars, Planet yang Disebut Akan Menjadi Rumah Manusia di Masa Depan

SOURCE: NASA | LIVE SCIENCE

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI
Life29 Maret 2024, 13:30 WIB

5 Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan

Artikel ini akan membahas tentang alasan-alasan di balik kesulitan meninggalkan kebiasaan buruk serta beberapa tips yang dapat membantu kita memotivasi diri untuk melakukan perubahan positif.
Ilustrasi. Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan. Sumber: pixabay.com
Life29 Maret 2024, 13:15 WIB

30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa

Berikut ini uacapan selamat hari Jumat agung dan paskah untuk dibagikan kepada orang-orang tercinta
30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa (Sumber : Freepik/freepik)
Sehat29 Maret 2024, 13:00 WIB

10 Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh

Yuk Lakukan Sederet Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh Berikut!
Ilustrasi. Olahraga. Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh | Foto : Pexels.com/@pixabay
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney