Daftar 10 Tokoh yang Banyak Dicari di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2022

Jumat 16 Desember 2022, 18:15 WIB
Daftar 10 Tokoh yang Banyak Dicari di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2022. | Foto: Istimewa

Daftar 10 Tokoh yang Banyak Dicari di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2022. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Google telah mengumumkan rekapan Year in Search 2022. Lalu apa saja yang menjadi trending dan ramai di cari di Indonesia sepanjang tahun 2022 ini?

Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan mengatakan kalau 2022 adalah adalah tahun yang penuh suka dan duka bagi masyarakat Indonesia.

Menurut dia, banyak masyarakat yang mengalami serangkaian peristiwa yang membuat mereka harus bertahan dan menatap masa depan, mencari cara bagaimana dapat bangkit lebih tangguh, lebih bahagia, dan terus bertumbuh.

Baca Juga: Pernah Coba yang Mana? Ini 5 Tren Makeup Viral di TikTok Sepanjang Tahun 2022

"Terlepas dari itu, tahun ini juga dipenuhi oleh banyak hal yang patut kita syukuri dan banggakan, di mana kreativitas, ketangguhan, dan persatuan Indonesia sungguh nyata," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (16/12/2022).

Total ada sembilan kategori yang diungkap Google Indonesia terkait tren pencarian tahun 2022. Kategori itu mencakup apa, film/serial TV, lirik lagu, mengapa, olahraga, peristiwa nasional, resep, tokoh, hingga tren keseluruhan.

Dalam kategori tokoh, google telah merilis sebanyak 10 nama yang paling banyak dicari. Nama-nama tersebut beragam, mulai dari selebriti, selebgram, content creator hingga tokoh aparat.

Baca Juga: Deretan Berita Artis Hollywood yang Menghebohkan Sepanjang Tahun 2022

Dilansir dari Suara.com, berikut daftar pencarian tokoh terpopuler di Google Indonesia dalam Year in Search 2022.

1. Bunda Corla

Bunda Corla atau disebut juga dengan Ratu Jreng merupakan seorang warga Indonesia yang saat ini sedang tinggal di Jerman. Diketahui bahwa Bunda Corla selalu ditunggu oleh banyak penggemarnya di Instagram.

Popularitasnya dimulai saat Bunda Corla melakukan live di Instagramnya dengan nama akunnya @corla_2 saat itu penonton livenya sampai ratusan ribu. Kemudian clip dari livenya ramai dibagikan melalui TikTok yang langsung membuat nama Bunda Corla turut trending di Twitter.

Diketahui jika Bunda Corla menetap di Jerman sejak tahun 1999, karena saat itu Indonesia sedang dilanda krisis moneter. Wanita berusia 47 tahun tersebut mengakui jika pernah menikah dengan pria berkebangsaan Prancis. Tetapi mereka bercerai pada tahun 2005, dan Bunda Corla kembali tinggal di Jerman.

Pemilik nama asli Chintya Corla Pricillia bekerja di sebuah gerai restoran makanan cepat saji. Ia membagikan aktivitas saat kerjanya lewat live instagram. Bunda Corla terlihat sangat menekuni pekerjaannya, dapat dilihat ketika ia melayani pelanggan atau saat membersihkan area restoran yang kotor.

2. Jesse Choi

Jesse Choi lahir di Korea, tumbuh dan besar di Amerika, dan kini menetap di Jakarta. Ia pernah kuliah di dua kampus ternama dunia, yaitu di Stanford University Graduate School of Business dan Columbia University in the City of New York.

Namanya mulai menarik perhatian publik Indonesia sejak kabar pernikahannya dengan artis cantik Maudy Ayunda pada Mei 2022 yang lalu. Hal menarik lainnya, ia juga satu kampus yang sama dengan Maudy Ayunda di Stanford University.

Jesse Choi juga memiliki pekerjaan yang mentereng, ia adalah seorang investor di berbagai bidang. Seperti EIR AC Ventures dan Payfazz, yaitu startup fintech terkemuka di Indonesia, menyediakan layanan keuangan dan infrastruktur pembayaran.

3. Kak Jil

Nama Jill Shine jadi perhatian warganet TikTok lantaran aksinya menjual gorden dengan cara yang unik. Akun TikTok pemilik usaha Gojil Gorden memiliki lebih dari 800 ribu pengikut.

Wanita yang akrab disapa Kak Jill ini ternyata memiliki hubungan darah dengan artis Robby Shine. Meski begitu, hal yang membuatnya viral karena tingkahnya yang nyentrik dan suaranya yang khas saat menjual gordennya ataupun saat membuat konten TikTok lainnya.

Kak Jill juga selalu tampil nyentrik dengan gaya rambut yang terkesan berantakan, tetapi itu merupakan model rambut favoritnya. Dia juga selalu berdandan dengan makeup yang cukup menor.

Beberapa netizen kerap memintanya tampil tanpa balutan makeup, tapi ditolak oleh Jill karena dia lebih percaya diri dan bahagia dengan penampilannya menggunakan makeup.

Berkat keunikan dan ketenarannya, saat ini Jill telah menerima beberapa endorse produk seperti @jimsandhoneyindonesia hingga produk makeup milik Gisella Anastasia. Selain itu, dia juga kerap kolaborasi dengan konten kreator lain.

Baca Juga: 7 Makanan Viral di TikTok Sepanjang 2022, Kamu Pernah Coba?

4. Farel Prayoga

Penyanyi cilik satu ini mulai semakin dikenal oleh publik saat bernyanyi di perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Istana Negara bulan Agustus kemarin. Farel Prayoga sukses membuat para tamu hingga Presiden Jokowi ikut bergoyang dengan lagu yang dibawakannya.

Farel Prayoga lahir di Banyuwangi Jawa Timur, pada 8 Agustus 2010. Ia merupakan anak ke tiga dari empat bersaudara. Di usianya yang kini menginjak 12 tahun, Farel Prayoga sudah menunjukkan bakat menyanyinya.

Berkat lagu Ojo Dibandingke yang viral, Farel Prayoga semakin dikenal publik secara luas. Berkah meng-cover lagu milik orang lain itu kini telah mengantarkannya bergabung dengan perusahaan rekaman Aneka Safari Record.

Nama Farel Prayoga yang semakin dikenal publik, membuat warga Banyuwangi, Jawa Timur ikut merasakan bangga. Seiring dengan naiknya popularitas dia, nama daerah Banyuwangi juga ikut terangkat dan ikut makin dikenal banyak orang.

5. Cipung

Cipung atau memiliki nama asli Rayyanza Malik Ahmad merupakan anak kedua dari pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Lahir di Jakarta pada 26 November 2022, nama Cipung selama tahun 2022 ini selalu ramai diperbincangkan oleh netizen.

Sejak lahir hingga sering muncul di media sosial orang tuanya, Cipung langsung menarik perhatian warganet dan menjadi salah satu bayi online favorite. Oleh Nagita Slavina, Rayyanza kerap dipakaikan kostum unik, seperti kostum buah nanas, burung, hingga pisang.

Penampilannya tersebut membuat warganet semakin gemas dengan sosok Cipung. Muka Rayyanza yang lucu dan sangat menggemaskan juga menarik perhatian warganet saat menonton tingkah polosnya di YouTube maupun TikTok.

Walaupun usianya baru genap 1 tahun, Cipung yang kerap menunjukkan tingkah menggemaskannya ini dikenal telah memiliki pendapatan cukup besar dari endorse berbagai produk.

6. Jeje Slebew

Nama Jeje Slebew menjadi ramai diperbincangkan setelah dirinya viral sebagai anak tongkrongan SCBD. Jeje Slebew merupakan seleb TikTok yang mendadak populer banget karena adanya fenomena Citayam Fashion Week.

Pemilik nama Jasmine Laticia ini memiliki penampilan imut yang mencuri perhatian. Beberapa orang bahkan menyebutnya kembaran Fuji karena perawakannya wajahnya mirip.

Jeje Slebew semakin populer berkat Citayam Fashion Week, ajang tongkrongan para remaja ala Harajuku di Sudirman yang menjadi fenomena dalam beberapa pekan terakhir.

Awal popularitas Jeje Slebew sebenarnya berkat video tanya jawab di daerah Sudirman. Penampilan imut membuat Jeje menarik perhatian banyak orang yang mulai penasaran dengan sosoknya.

Outfit yang dikenakan Jeje Slebew tak kalah menarik perhatian karena terlihat oke dan kece abis. Awalnya hanya jalan-jalan di sekitaran Sudirman, Jeje mendapatkan tawaran menjadi seorang model jalanan.

Slebew yang menjadi ciri khas Jeje berawal dari kebiasaannya di TikTok. Sebagai konten kreator yang sering masuk FYP, Jeje kerap kali menggunakan kata Slebew.

7. Grace Tahir

Di tahun 2022 ini Grace Tahir menjadi sorotan netizen sejak melontarkan kritikan pedas dengan memparodikan sosok Indra Kenz. Dalam video yang tersebar di media sosial, Grace Tahir menirukan gaya pemuda Medan itu di dalam jet pribadi yang kerap dipamerkan di media sosial.

Grace Tahir lahir dari keluarga seorang pengusaha yang paling diperhitungkan di Tanah Air. Tak kaleng-kaleng, ia dilahirkan dari keluarga pebisnis kelas berat antara Mayapada Group dan Lippo Group.

Ayahnya, Dato Sri Tahir adalah pendiri Mayapada Group sedangkan ibunya, Rosy Riady adalah putri Mochtar Riady, pendiri Lippo Group. Keduanya merupakan bisnis besar yang usahanya menggurita di Tanah Air.

Terlahir dari keluarga pengusaha membuat Grace Tahir terbiasa mengelola bisnis. Wanita ini bahkan mengejar gelar Master of Accounting di luar negeri, yaitu University of Southern California.

Keluarga besarnya menduduki posisi ke-16 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes dengan total kekayaan mencapai USD 2,6 miliar.

8. Livy Renata

Livy Renata adalah salah satu selebgram yang terkenal di dunia e-Sport. Keseringannya bermain game on line cukup membuat namanya dikenal oleh para pemain Mobile Legend (ML), Valorant, juga Players Unknown Battle Ground (PUBG).

Gadis cantik bernama asli Livia Renata ini lahir di Jakarta, 26 Maret 2002. Kecantikan wajahnya mampu memikat banyak orang apalagi ia memiliki garis wajah oriental yang kental. Wajar soalnya Livy Renata merupakan keturunan Taiwan. Ia bahkan memiliki nama China yaitu Yang Lifei.

Awalnya Livy Renata hanya membagikan berbagai konten menarik di akun TikTok miliknya. Dari situ namanya semakin dikenal dan dipercaya menjadi brand ambassador Alter Ego.

Hidup berkecukupan dan sudah bisa menghasilkan uang sendiri, Livy Renata mengaku pernah bekerja part time di sebuah kafe untuk mengisi waktu luang.

Namun saat berangkat kerja ia diantar dengan supir. Ia bahkan membeli makanan di kafe yang menjadi tempatnya bekerja. Hal itulah yang membuat dirinya menjadi ramai diperbincangkan netizen tentang kehidupannya yang begitu mewah tapi polos.

Ia juga cukup populer di Instagram dengan 910 pengikut. Kini ia dikenal sebagai salah satu influencer dan selebgram muda serta multitalenta dengan kemampuan bahasa serta bermain game online. Di bio Instagram Livy pun menulis gamer sebagai pekerjaanya

Baca Juga: Terbaru Otis Pamutih, Inilah Deretan Artis yang Meninggal di Sepanjang Tahun 2022

9. Bjorka

Bjorka merupakan salah satu username hacker yang saat ini banyak menjadi perbincangan setelah mengirimkan pesan ke pemerintah Indonesia melalui BreachForums pada tanggal 6 September 2022 lalu.

Hacker Bjorka memberikan pesan yang menohok kepada pemerintah Indonesia. Dalam pesannya tersebut, Bjorka mengatakan untuk berhenti menjadi idiot.

Nama Bjorka semakin melejit setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika alias Kominfo meminta kepada Bjorka untuk tidak melakukan serangan terhadap keamanan siber dalam negeri.

Diketahui, Bjorka merupakan peretas yang beroperasi di BreachForums. Sampai saat ini, identitas Bjorka sendiri masih belum terungkap.

Masih menjadi tanda tanya tentang identitas lengkap dari peretas Bjorka dan dari negara mana Bjorka beroperasi.

Namun, Bjorka diketahui kerap tampil di sebuah situs keamanan siber bernama Breach Forums. Dari situs tersebut, Bjorka dikabarkan telah menjual data pribadi milik warga Indonesia dengan jumlah 1,3 miliar.

Bjorka menjual data tersebut dengan harga US$50.000 atau setara dengan Rp745,6 juta.

Sebelumnya, Bjorka menjadi perhatian banyak pihak terkhusus Kominfo yang mengecam Bjorka karena peretasan yang dilakukannya dinilai menyerang masyarakat secara langsung.

10. Ferdy Sambo

Ferdy Sambo namanya mulai dikenal oleh publik sejak menjadi tersangka kasus pembunuhan ajudannya sendiri yaitu Brigadir Nofriansyah Hutabarat alias Brigadir J. Kasusnya hingga kini masih terus berjalan dan masih ramai diperbincangkan.

Irjen Ferdy Sambo lahir pada 19 Februari 1973. Ia memulai karirnya sebagai Kapolres Purbalingga lalu setelah itu ia menjabat sebagai Kasat Reskim Polres Jakarta Barat, kemudian menjabat sebagai Kapolres Brebes.

Kariernya terus melesat hingga pada 2015, ia menjabat sebagai Wadirreskrimun Polda Metro Jaya.

Empat tahun setelah itu, Ferdy Sambo menjabat sebagai Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri kemudian Dirtipidum Bareskrim Polri pada 8 November 2019.

Pada 2020, Ferdy Sambo dipromosikan oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis untuk menjabat sebagai Kadiv Propam Polri.

Baca Juga: 14 Pesohor Tanah Air yang Tutup Usia di Sepanjang Tahun 2022

Selain gemilang dalam karir, Ferdy Sambo juga pernah menangani beberapa kasus yang cukup mengegerkan kala itu, seperti kasus:

  • Menangani kasus bom bunuh diri di Sharinah Thamrin, Jakarta Selatan pada 2016
  • Menangani kasus kopi racun sianida 2016
  • Memimpin penyelidikan kebakaran di Kejaksaan Agung
  • Menyelediki kasus penerbitan surat jalan palsu Djoko Tjandra

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih27 April 2024, 10:15 WIB

Didukung Golkar Gerindra dan PPP, Asjap Percaya Diri Maju di Pilkada Sukabumi

Asjap mengaku bahagia dan percaya diri atas kepercayaan yang didapatnya.
Asjap setelah acara deklarasi koalisi di Grand Sulanjana, Jalan Salabintana, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin