Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Lolos 50 Besar Nasional ADWI 2022

Jumat 29 April 2022, 05:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Desa Wisata Hanjeli di Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, lolos 50 besar desa wisata terbaik nasional mewakili Provinsi Jawa Barat bersama Desa Wisata Situs Gunung Padang Kabupaten Cianjur dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Masuknya Desa Wisata Hanjeli dalam 50 besar ADWI ini diumumkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Untuk diketahui, ADWI kali ini mengangkat tema “Indonesia bangkit” yang diharapkan mampu mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid-19.

ADWI sendiri merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf yang bertujuan untuk menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Baca Juga :

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Masuk 100 Besar ADWI 2022

Pada tahun ini, sebanyak 3.419 desa yang terdaftar ADWI 2022 dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia dan akan melewati kurasi penetapan dari 3.419 menjadi 500 besar, lalu 300 besar, 100 besar dan 50 terbaik.

Adapun kategori penilaian tersebut adalah Daya Tarik Wisata Pengunjung (Alam, Budaya, Buatan) , Homestay, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Digital dan Kreatif, Toilet Umum, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), Kelembagaan Desa Wisata.

Indikator penilaian tersebut terungkap setelah Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti Bimbingan Teknis 50 Desa Wisata ADWI 2022, yang diselenggarakan oleh Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf secara daring di pendopo Sukabumi, Kamis (28/4/2022).

"Kita berharap ketujuh indikator yang akan dinilai oleh kemenparekraf ini dapat di penuhi oleh Kabupaten Sukabumi," kata Iyos seperti dikutip dari laman resmi Pemkab Sukabumi.

photoWakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri (kanan) saat mengikuti Bimtek 50 Desa Wisata ADWI 2022. - (Dokpim Kabupaten Sukabumi.)</span

Menparekraf Siap Visitasi Ke 50 Besar Desa Wisata saat ADWI 2022

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan siap untuk melakukan visitasi (kunjungan) ke 50 besar desa wisata yang telah berhasil dikurasi dalam ajang ADWI 2022.

Menparekraf Sandiaga saat menyapa secara virtual dalam Bimbingan Teknis 50 Besar ADWI 2022 menjelaskan proses kurasi dan penjurian telah diselesaikan.

Pada tahun 2022, terdapat 3.416 desa wisata yang mendaftar dari 34 provinsi, dimana dalam ADWI 2021 terdapat 1.831 desa wisata yang telah berpartisipasi dan tergabung dalam Jejaring Desa Wisata (Jadesta).

“Pada 2022, ada 3.416 desa wisata, ini merupakan semangat kebangkitan bagi kita semua. Selamat kepada 50 Besar ADWI yang telah berhasil lolos kurasi dari 500 besar, 300 besar, 100 besar, dan 50 besar. Insya Allah saya akan melakukan visitasi langsung ke 50 desa wisata untuk menyapa masyarakat didampingi dengan perwakilan dewan juri untuk melakukan penilaian terhadap 7 kategori ADWI 2022,” ujar Sandi dikutip dari siaran pers Kemenparekraf.

ADWI 2022 sendiri, akan berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis untuk mengembangkan potensi desa wisata, yang diharapkan ini menjadi semangat baru dan komitmen dari masyarakat desa yang terus ingin mengembangkan desanya agar lebih berdaya saing dan berkelanjutan.

Sandi mengatakan desa wisata yang masuk dalam 50 besar ADWI 2022 terbukti memiliki daya tarik wisata yang variatif, dari mulai wisata religi, ekowisata, bahari, budaya, agrowisata, dan lainnya. 

“Kegiatan visitasi nanti bisa menjadi ajang promosi bagi desa wisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan meningkatkan omzet penjualan produk ekonomi kreatif, dimana peran pemerintah daerah juga sangat penting dalam memberikan stimulus sehingga menghadirkan para local champion dan meningkatkan kapasitas SDM. Sehingga menjadi best practice bagi desa-desa wisata lainnya,” tandasnya.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Desa Wisata Hanjeli (@desawisatahanjeli)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel26 Mei 2024, 07:00 WIB

Resep Kimchi Daun Bawang ala Korea dengan Fermentasi 3 Hari, Caranya Simpel!

Kimchi daun bawang adalah pilihan yang lezat dan sehat untuk menambah variasi dalam hidangan sehari-hari, memberikan cita rasa Korea yang autentik dan bermanfaat bagi kesehatan.
Daun Bawang. Resep Kimchi Daun Bawang ala Korea dengan Fermentasi 3 Hari, Caranya Simpel! (Sumber : Pexels)
Science26 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 26 Mei 2024 Termasuk Sukabumi, Cek Sebelum Berakhir Pekan!

Untuk daerah Sukabumi sendiri diperkirakan akan mengalami cuaca cerah hingga cerah berawan saat pagi. Kemudian berpotensi hujan ringan dan kembali berawan saat dini hari.
Ilustras Pagi Cerah Berawan. Prakiraan Cuaca Sukabumi | Pexels
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist