Akhirnya KA Pangrango Kembali Melintasi Sukabumi, Ini Kata KAI

Selasa 29 Maret 2022, 16:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah lama terhenti karena pandemi covid-19, Kereta API atau KA Pangrango kembali melintasi Sukabumi Jawa Barat. Hari ini KA Pangrango melakukan uji coba perjalanan dari Bogor menuju Sukabumi, dengan menarik 8 gerbong tanpa penumpang.

Foto dan video perjalanan KA Pangrango ini banyak dibagikan warganet di akun media sosial mereka. Salah satunya, akun facebook Arief Hotz, yang merekam perjalanan uji KA Pangrango di daerah Tenjoayu Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, Selasa (29/3/2022) sekitar pukul 15.30 WIB.

"Tes pertama kereta bogor sukabumi, lama gak aktif," tulis akun facebook Arief Hotz saat membagikan rekaman video tersebut di dinding medsosnya.

Berdasarkan informasi kereta itu berangkat dari stasiun Paledang Bogor menuju kota Sukabumi. Dari pantauan sukabumiupdate.com, KA Pangrango melintasi stasiun Cicurug sekitar pukul 15.30 WIB dengan membawa 8 gerbong kereta. 

Terlihat beberapa petugas Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat melaksanakan sosialisasi kepada para warga dan pengemudi yang melintas di Cicurug terkait uji coba dan rencana pengoperasian kembali KA Pangrango Bogor Sukabumi

Sejumlah warga Cicurug pun antusias merespons rencana pengoperasian kembali KA Pangrango Bogor-Sukabumi ini.  "saya ingin coba naik kereta dari Sukabumi ke Bogor, belum pernah soalnya," ujar Farhan (17 tahun). 

"Kalo saya sih pernah (naik kereta Bogor-Sukabumi) tapi kangen juga pengen naik kereta lagi," imbuh Tito (24 tahun)

Kabar uji coba KA Pangrango ini dibenarkan oleh PT KAI. Humas Daop 1 Jakarta,  Eva Chairunisa, menegaskan bahwa KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi masih dilakukan uji coba tanpa membawa penumpang.

Baca Juga :

Kabar Terbaru Kereta Api Bogor-Sukabumi, Masih Tahap Uji Coba Double Track

"Sebagai operator secara resmi belum mengeluarkan informasi kapan resmi beroperasi. Tapi saat ini masih dalam tahap ujicoba," kata Eva dalam rilisnya yang diterima sukabumiupdate.com, Senin kemarin 28 Maret 2022.

Proses uji coba, kata Eva, untuk memastikan operasional KA tersebut dapat berjalan baik setelah lama terhenti. Khususnya keandalan sarana dan prasarana.

"Secara resmi kapan beroperasi akan disosialisasikan melalui saluran resmi PT KAI," tandasnya.

Terpisah, Humas Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) wilayah Jawa bagian Barat, Anne memastikan, saat ini masih mengikuti berbagai rangkaian pengujian, guna kesiapan pengoperasian KA Pangrango Bogor-Sukabumi

"Betul, rencananya besok (hari ini) akan uji coba KA dengan rangkaian," kata Anne.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan jalur ganda (double track) Kereta Api Bogor-Sukabumi tahap 1 dipastikan sudah rampung 100 persen. Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) wilayah Jawa bagian Barat, Erni Basri, pada Senin 7 Maret 2022 lalu, menyebut pengerjaan pembangunan PSN Double Track, sejauh 26,6 Kilometer Spoor (Kmsp) pada proyek dengan total 57,450 Kmsp.

Rinciannya, menurut Erni, pembangunan jalur ganda Kereta Api lintas Bogor-Sukabumi tahap 1 untuk wilayah Cigombong hingga Cicurug sepanjang 7,5 Kmsp dan Paledang hingga Cigombong sepanjang 19,1 Kmsp sudah selesai dikerjakan.

“Secara teknis pengerjaan sebetulnya sudah 100 persen, namun karena ada prosedur dan pemantapan keselamatan kita masih lakukan pengecekan maksimal," kata Erni.

Untuk diketahui, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri menyampaikan sebelumnya bahwa proyek pengerjaan jalur ganda KA Bogor-Sukabumi sepanjang 57,450 Kmsp dibagi menjadi dua tahap. Untuk tahap pertama, pengerjaan dilakukan dari Paledang sampai Cicurug dengan panjang 26,6 Kmsp. Segmen kedua akan dilanjutkan mulai Cicurug sampai Sukabumi sepanjang 30,2 Kmsp.

Setelah uji coba dan pengoperasian satu kereta, BTP wilayah Jawa Bagian Barat akan memastikan pada 28 April 2022 jalur ganda Paledang-Cicurug bisa beroperasi. Juga, terusan Cicurug-Sukabumi kembali bisa beroperasi perkeretaapiannya, yakni kembali beroperasinya Kereta Api Pangrango.

Selanjutnya, pada 2023 akan dikembangkan Stasiun Paledang serta merevitalisasi stasiun-stasiun lintasan Bogor-Sukabumi. "Dan sisa pembangunan jalur ganda 30,2 Kmsp dari Cicurug-Sukabumi, kita juga lanjutkan,” kata Erni. 

REPORTER CRP 4

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 20:22 WIB

Terpukau dengan Gaya Main Timnas U-23, Badri Yakin Indonesia Bisa Taklukan Uzbekistan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi prediksi Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan dengan skor 2-1.
Badri Suhendri, MH / Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : sukabumiupdate
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update