Akses 240 KK, Warga Cibungur Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak

Sabtu 19 Juni 2021, 13:46 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Warga di Kedusunan Cibungur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi secara swadaya memperbaiki jalan desa yang telah lama sulit dilalui. Jalan ini meliputi Kampung Cipicung, Cibungur, Citamiang, dan Pipisan.

Jalan sepanjang 7,3 kilometer itu merupakan akses bagi 240 kepala keluarga di Kedusunan Cibungur. Selain untuk pertanian, kesehatan, dan pendidikan, ruas ini juga menjadi jalan alternatif penghubung ke Desa Tanjung, Kecamatan Jampang Kulon. Namun sayang, saat ini sulit dilewati karena berupa tanah dan batu yang sudah terlepas.

"Kalau didiamkan begitu saja mungkin akan lebih parah kerusakannya. Apalagi di masa pandemi desa tidak bisa membangun," ucap tokoh masyarakat Kampung Cibungur, Mahpudin (63 tahun) kepada sukabumiupdate.com di sela-sela perbaikan tambal sulam jalan menggunakan batu, Sabtu, 19 Juni 2021.

Kondisi jalan akan diperparah ketika memasuki musim penghujan, di mana akan muncul beberapa titik genangan dan berlumpur. "Jadi kondisinya licin, makanya kami berkoordinasi dengan pemerintah desa melalui kepala dusun untuk gotong royong memperbaiki," kata Mahpudin.

Bukan kali ini saja, warga Kedusunan Cibungur rutin melakukan perbaikan pada ruas jalan tersebut dengan sistem pembagian jadwal per rukun tetangga. Ini dilakukan demi lancarnya akses masyarakat untuk melakukan aktivitas ekonomi, terutama yang menggunakan roda empat.

Baca Juga :

Jalan Rusak di Cikakak Sukabumi Disoal Warga, Dinas PU: Sudah Diusulkan

Kepala Dusun Cibungur Dedi Darusalam mengaku sudah menerima keluhan warga soal rusaknya jalan itu. Ia pun mengakui jika memasuki musim penghujan banyak warga yang mengeluh karena jalan tersebut sulit dilalui. "Sedangkan mereka mayoritas petani, sehingga biaya angkut akan membengkak karena dampak akses jalan," katanya.

Dedi mengatakan pengerasan jalan sudah mulai dilakukan sejak 21 tahun yang lalu--sebelumnya berupa tanah dan bebatuan. Dedi pun menyebut baru sekitar 1,2 kilometer dari ruas jalan itu yang tersentuh aspal dari dana desa. "Itu pun terputus-putus karena wilayah desa begitu luas dan banyak jalan yang harus dibangun," ujar Dedi.

"Sebetulnya jalan tersebut bisa dijadikan alternatif untuk menghubungkan Kecamatan Waluran dengan Jampang Kulon. Hanya saja terhalang oleh Sungai Cikarang, yang saat ini baru bisa dilalui oleh roda dua dengan melintas jembatan gantung," ungkap dia. 

Dedi meyakini jika jalan tersebut telah diperbaiki dan mudah dilalui roda empat, akan mempercepat perputaran ekonomi, akses ke Rumah Sakit Umum Daerah Jampang Kulon, dan kegiatan lainnya. "Kami pun sudah berusaha tiap Musrenbangdes diusulkan," katanya.

Dedi menyebut pada 2016 ada pengaspalan sepanjangan 200 meter yang bersumber dari bantuan gubernur untuk ruas jalan di Kampung Pasirsirem. Kemudian 2017 pengaspalan di Kampung Cipipisan sepanjang 600 meter yang berasal dari dana desa.

"Di Kampung Cibungur ada pengaspalan sepanjang 400 meter pada 2018 dari dana desa," tambah Dedi. "Termasuk di Kampung Citamiang sepanjang 200 meter pada 2019." kata dia. "Itu semua jalan yang ada di ruas Dusun Cibungur. Saat ini memang tidak ada pembangunan karena dampak pandemi," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life14 Mei 2024, 15:45 WIB

Jangan Sepelekan,6 Adab Ditraktir Orang yang Wajib Diketahui dan Diterapkan

Saat ditraktir makan oleh seseorang, maka penting untuk mengedepankan adab . hal ini yang mungkin jarang diketahui banyak orang selama ini
Adab ditraktir makan oleh orang lain yang perlu diketahui dan diterapkan (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life14 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Tanda Kegagalan Orang Tua dalam Mendidik Anak di Masa Kecil, Yuk Ketahui!

Orang tua yang gagal dalam mendidik anak pada umumnya bisa dilihat dari perkembangan anak saat sudah dewasa nanti
Bukti kegagalan orang tua dalam mendidik anak (Sumber : Pexels.com/@KindelMedia)
Sukabumi14 Mei 2024, 15:18 WIB

16 Siswa SD Keracunan, Dinkes Kabupaten Sukabumi Pantau Peredaran Jajanan Anak

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi tanggapi serius kasus 16 siswa SDN I Cidadap di Jalan Goalpara, Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi yang alami keracunan jajanan. Senin (13/5/2024).
Dinas Kesehatan Sukabumi pantau peredaran jajanan anak yang berbahaya| Foto : Asep Awaludin
Sehat14 Mei 2024, 15:15 WIB

7 Obat Tradisional Dipercaya Turunkan Kolesterol dan Baik Untuk Jantung

Selain melakukan pengobatan secara medis, ada beberapa obat tradisional yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol dan baik bagi kesehatan jantung. Bahkan beberapa di antaranya sudah digunakan sejak dahulu
bawang putih adalah salah satu obat tradisional yang dipercaya dapat turunkan kadar kolesterol tinggi dan baik untuk jantung. (Sumber : freepik.com/@jcomp)
Inspirasi14 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff QC dan Sales Staff, Lokasi Penempatan di Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi. Lowongan Kerja Staff QC dan Sales Staff, Lokasi Penempatan di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sukabumi14 Mei 2024, 14:59 WIB

Sodorkan Uang ke Paman, Anak di Sukabumi Minta Dibunuh Setelah Habisi Ibunya

Rahmat meminta dibunuh oleh Pahrudin setelah membunuh ibunya sendiri.
Kondisi rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04 Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat14 Mei 2024, 14:45 WIB

10 Tips Makan Sehat Agar Kolesterol Tinggi Bisa Turun, Yuk Terapkan Setiap Hari

Makan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi yang memiliki riwayat atau mengidap kolesterol tinggi. Hal ini perlu dilakukan agar tidak menyebabkan penyakit berbahaya, seperti jantung
Ilustrasi makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi, agar bisa menurunkannya dan membuat tubuh lebih sehat. (Sumber : Freepik.com)
Life14 Mei 2024, 14:30 WIB

10 Kebiasaan Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Untuk menurunkan kolesterol tidak hanya dengan mengubah pola makan saja, tetapi juga dengan melakukan kegiatan di pagi hari yang positif
olahraga adalah salah satu kegiatan di pagi hari yang bisa membantu turunkan kolesterol tinggi pada tubuh. (Sumber : freepik.com/@jcomp)
Sehat14 Mei 2024, 14:15 WIB

Punya Gula Darah Tak Perlu Dihindari, 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda.
Ilustrasi - Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi14 Mei 2024, 14:13 WIB

20 Tusukan Garpu Sawah, Kondisi Tragis Ibu Dibunuh Anak di Kalibunder Sukabumi

Polisi telah menangkap dan menahan Rahmat di Mapolsek Kalibunder.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa