Pembuatan Sumur Artesis dan Bangunan di Lahan HGU Tegalega Sukabumi Diprotes SPI

Minggu 17 Januari 2021, 03:33 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aktivitas pembangunan dan pembuatan sumur artesis oleh perusahaan PT Tutu Kekal - Miramontana, di lahan HGU afdeling Tegalega, Kampung Tegalega, Desa Cijulang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, mendapat sorotan dari Serikat Petani Indonesia (SPI).

SPI menduga pembuatan sumur artesis dan pembangunan tersebut belum mengantongi izin. "Proses pengerjaan bangunan dan pembuatan sumur artesis sudah sejak bulan Agustus 2020, ada dugaan pihak PT Tutul Kekal belum mengantongi izin IMB, "ujar Ketua SPI Kabupaten Sukabumi, Rozak Daud kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (16/1/2021).

BACA JUGA: Petani Dianiaya, SPI: Sedang Bikin Sawung di Lahan Eks HGU di Jampang Tengah Sukabumi

Rozak menegaskan sumur artesis itu harus ada izin terpisah. Begitupun dengan bangunan harus ada IMB. Dari informasi, Rozak menyebut pembangunan di lahan HGU afdeling Tegalega itu adalah pembangunan gudang dan villa.

"Dalam UU Nomor 17 Tahun 2019, tentang Sumber Daya Air, disebutkan prioritas utama penggunaan Sumber Daya Air untuk kegiatan usaha diberikan kepada badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, atau badan usaha milik desa, sedangkan izin penggunaan Sumber Daya Air untuk kebutuhan usaha kepada pihak swasta dapat dilakukan dengan syarat tertentu dan ketat. Sehingga pengeboran sumur di lahan HGU perkebunan PT Tutu Kekal ini diduga belum memiliki izin pemanfaatan air tanah. Maka segera ditertibkan karena akan merusak sumber air bagi kebutuhan masyarakat sekitar," tegasnya. 

Rozak menyatakan, melakukan kegiatan dulu dan baru mengurus izinnya disaat masyarakat komplain, menjadi kebiasaan buruk perusahaan. Sedangkan kalau tidak ada yang komplain maka selamanya melakukan kegiatan ilegal. 

BACA JUGA: Buntut HGU? Jalan Kampung di Jampang Tengah Sukabumi Ditembok

Menurut dia, perusahaan yang tidak taat hukum harus ditindak, dan jangan diberi izin untuk merusak sumber daya air. "Kami mendesak Satpol PP untuk menghentikan kegiatan ini sebelum perizinannya ada," ungkapnya. 

Selain soal pembuatan sumur artesis dan bangunan, SPI juga menyoroti afdeling Tegalega yang ditanami tumbuhan lain. Menurut dia, perkebunan Miramontana diperuntukan adalah tanaman karet, tetapi di afdeling Tegalega ditanami sereh.  Kalau ada perubahan jenis tanaman harus ada izin diversifikasi dari Bidang Perkebunan Dinas Pertanian.

"Pada bulan Agustus, sudah melakukan pengaduan ke Kepala Dinas Pertanian, janjinya akan ditindaklanjuti cek lapangan, tetapi sampai sekarang belum ada tindak lanjut dari dinas, sementara kegiatan perusahaan terus berjalan," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Divisi Perkebunan PT Tutu Kekal - Miramontana, Gilar mengatakan sumur artesis tersebut sudah ada izin. Sedangkan bangunan sedang dalam proses izin. 

Mengenai tanaman sereh di afdeling Tegalega, Gilar menyatakan itu hanya percobaan saja. "Karet tetap menjadi komoditas utama. Sereh wangi menjadi percobaan saja bukan komoditi utama," jelasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 16:15 WIB

Anggota DPRD Paoji: Koalisi PDIP-PKS di Pilkada 2024 Sukabumi Bisa Jadi Kenyataan

Desk Pilkada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan sejumlah elit partai melakukan kunjungan ke kantor DPD PKS dalam rangka membangun komunikasi politik menjelang perehelatan Pilkada 2024.
Kunjungan Desk Pilkada PDIP ke Markas DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 16:00 WIB

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024: H2H, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : X/@persib/@BorneoSMR).
Life25 April 2024, 15:30 WIB

10 Cara Agar Dipercaya Oleh Orang Lain, Ini yang Harus Dilakukan

Kini, interaksi manusia semakin kompleks dan teknologi terus berkembang, maka memiliki reputasi sebagai individu yang dapat diandalkan dan dipercaya menjadi semakin penting.
Ilustrasi. Orang yang sedang berkumpul tidak gaduh dan saling percaya. Sumber : pixabay/anne00
Life25 April 2024, 15:11 WIB

Identifikasi Pemicunya, Ini 5 Cara Membantu Anak Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk bisa jadi kebiasaan yang akan berkelanjutan jika tidak segera dihentikan.
Ilustrasi membantu anak menghentikan kebiasaan buruk. | Foto: Freepik
Sukabumi25 April 2024, 15:03 WIB

Kunjungi Kalaju di Surade Sukabumi, Drh Slamet Dorong Kesejahteraan Nelayan

Kunjungan ini adalah dalam rangka supervisi persiapan pelaksanaan program Kalaju.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet (paling kiri) saat mengunjungi Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi25 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/pressfoto)
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).