Kembali Belajar Online, Edaran Bupati Sukabumi Untuk Sekolah Mulai Hari Ini! 11 Januari 2021

Senin 11 Januari 2021, 05:43 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi menerapkan sistem belajar jarak jauh pada semester genap 2020/2021 untuk seluruh tingkatan sekolah. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring (dalam jaringan) alias online mulai berlaku hari ini, Senin 11 Januari 2021 hingga waktu yang belum ditentukan.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Bupati Sukabumi nomor 421/111/Disdik yang dikeluarkan tanggal 8 Januari 2021 lalu. Surat edaran ini ditujukan untuk semua tingkatan sekolah di Kabupaten Sukabumi; PAUD, SPRS, TK, RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan lembaga PNF lainnya.

Poin utama dalam SE Bupati ini tentang penyelenggaraan pembelajaran semester genap tahun ajaran 2020/2021 di Kabupaten Sukabumi. Dilaksanakan mulai tanggal 11 Januari 2021, menggunakan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ), daring atau online.

Kebijakan ini berdasar kepada keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang pembelajaran 2020/2021 ditengah pandemi covid-19. Terbaru, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memutuskan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tanggal 6 Januari 2021.

BACA JUGA: SD SMP di Kab Sukabumi Gagal Sekolah Tatap Muka Mulai Januari 2021, DPRD Ungkap Alasannya

Dalam PPKM yang diterbitkan dalam rangka pengendalian pandemi covid-19 mulai 11 hingga 25 Januari 2021 ini pemerintah mengeluarkan sejumlah pembatasan kegiatan masyarakat, salah satunya sekolah. Pemerintah kembali mengarahkan metode online/daring atau PJJ untuk seluruh kegiatan belajar mengajar.

Dalam SE Bupati ini, pemda mendorong peran aktif sekolah untuk berkoordinasi dengan orang tua siswa. Bukan hanya soal pembelajaran online dari rumah, tapi juga melakukan pengawasan ketat terhadap anak-anak untuk mengurangi dan membatasi aktivitas kegiatan di luar rumah.

Dalam surat ini yang ditandatangani Bupati Sukabumi Marwan Hamami ini juga meminta komite sekolah untuk berpartisipasi dan koordinasi dengan sekolah dan orang tua siswa. "Membimbing, memperhatikan, mendampingi, dan mengawasi peserta didik dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ)," tulis edaran tersebut.

Hingga kapan PJJ ini akan berlangsung? Pemerintah Kabupaten Sukabumi hanya menuliskan dalam SE tersebut bahwa akan ada evaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA: Sekolah Tatap Muka di Kabupaten Sukabumi Kembali Ditunda, Disdik: Ada Simulasi

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi juga diminta untuk menyusun dan mengelolah hal-hal yang perlu diatur lebih lanjut sebagai panduan pembelajaran jarak jauh di semester genap 2020/2021 ini. 

Panduan ini termasuk program simulasi tatap muka yang tetap harus dijalankan oleh dinas pendidikan dan sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Dalam edaran ini menyebut sekolah tatap muka baru bisa dilakukan setelah adanya evaluasi dan simulasi sesuai dengan pedoman dan aturan protokol kesehatan.

"Kami tengah menyusun aturan teknisnya. Hari ini semua sekolah di Sukabumi melakukan PJJ, sesuai surat edaran bupati," jelas Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Tubagus Ansori kepada sukabumiupdate.com, Senin (11/1/2021) melalui pesan singkat.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menJaga Jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota
Bola29 April 2024, 14:00 WIB

Optimis! Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik