BNNK Sukabumi Sediakan Rehabilitasi Pecandu Narkoba Gratis

Kamis 02 Maret 2017, 08:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Penyalah gunaan dan peredaran gelap Narkoba merupakan kejahatan luar biasa atau extraordinary crime, telah merusak masa depan generasi bangsa di mana pun, “Presiden telah menyatakan perang besar terhadap narkoba, perang besar ini tidak ditujukan kepada hal lain, terkecuali terhadap narkoba,” terang Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi, AKBP Deni Yus Danial, di kantornya, Jalan RA.Kosasih Nomor 270, Ngaweng, Kota sukabumi kepada sukabumiupdate.com, Rabu (07/12).

BNN sebagai sebuah lembaga yang bertugas menjalankan kewajiban dalam menanggulangi dan memberantas peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) tidak henti-hentinya menjalankan berbagai strategi di bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Termasuk bekerja sama dengan berbagai pihak dan seluruh elemen masyarakat.

Dalam penandatanganan memorandum of understanding antara BNN bersama sukabumiupdate.com, ada delapan strategi yang dilakukan oleh BNN melalui P4GN, yakni upaya-upaya sistematis dengan perencanaan yang efektif dan efisien melalui strategi demand reduction (menanggulangi permintaan) 

“Artinya bagaimana (caranya) agar supply reduction terhenti, yang berarti juga upaya pencegahan dan pemberantasan itu harus dilakukan dengan seimbang,” kata dia.

BACA JUGA:

Kepala BNNK Sukabumi: Pecandu Narkotika adalah Orang Sakit

BNNK Gelar Sosialisasi Cegah Narkoba Bagi Istri Camat dan Perwosi Kabupaten Sukabumi

YS Warga Cibadak Pengedar Narkoba Dibekuk Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota

Upaya pemberantasan narkoba ini, tambah Deni, tidak cukup dengan hanya memberantas bandar, pengedar, dan produsen saja, tetapi juga bagaimana semua lapisan masyarakat ikut memerangi. masyarakat harus bahu-membahu memiliki daya tolak terhadap narkoba. 

“Jika ada yang tahu, maka laporkan ke kami atau ke pihak berwajib, jangan takut, masyarakat harus jadi basis deteksi dini kejadian. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat memiliki daya tolak atau imunitas terhadap narkoba," tegasnya.

Persoalan paling penting menurut Deni, adalah perhatian terhadap adanya demand di masyarakat, hal ini akan melahirkan produsen bahkan pabrik yang mengambil keuntungan dari peredaran dan penggunaan narkoba.

”Saya kira, pabrik-pabrik (yang memproduksi narkoba-red) itu berdiri karena adanya permintaan dari masyarakat,” dengan demikian ia menyarankan agar masyarakat melawan bila narkoba ada di tengah-tengah mereka. “Masyarakat sendiri yang harus melawan, selain masyarakat sendiri punya imunitas,” tegasnya.

Bagi masyarakat yang terlanjur jadi pencandu narkoba, BNN menyediakan rehabilitasi tanpa pungutan biaya alias gratis. Deni juga menyinggung peran teknologi internet sangat berperan dalam penyebaran informasi, 

“Media online sangat berperan dalam memberikan edukasi, begitu pula sosial media jika digunakan untuk hal-hal yang maslahat, jangan lantas dipergunakan turut memudahkan dalam peredaran narkoba, masyarakat jangan kalah oleh narkoba” pungkas Deni.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat06 Mei 2024, 11:46 WIB

Membahas Peran Perda 5/2021 Jabar, M Jaenudin Bicara Perlindungan Masyarakat

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar ini meminta pemerintah harus menjamin warganya untuk merasa tentram, tertib dan terlindungi berdasarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin, S.Ag., MH. melaksanakan Kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Tahun Anggaran 2023/2024 di Aula Resto King Raos Cibolang Cibatu Cisaat Sukabumi (Sumber: doktim/baim)
Sukabumi06 Mei 2024, 11:45 WIB

Jualan di Jalan Ahmad Yani, Gas LPG PKL Bandel di Kota Sukabumi Disita Petugas

Beberapa PKL dinilai bandel karena menempatkan gerobak di badan jalan.
Petugas Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi saat menyita gas tiga kilogram (LPG) milik PKL yang berjualan di Jalan Ahmad Yani, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life06 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa
Ilustrasi. Kesalahan orang tua penyebab anak sulit disiplin. Sumber foto : Pexels/Karolina Grabowska
Sukabumi06 Mei 2024, 11:21 WIB

Terus Berbenah! Simak Upaya Optimalisasi Pelayanan Publik Dinas Sosial Kota Sukabumi

25 April 2024, Dinas Sosial Kota Sukabumi menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi di ruang pertemuannya.
Kegiatan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi pada 25 April 2024 (Sumber: dok Dinsos Kota Sukabumi)
Life06 Mei 2024, 11:14 WIB

Jarang Disadari Orang Tua, Hindari 6 Perilaku Buruk Ini Agar Tidak Ditiru Anak

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi menghindari perilaku buruk. | Foto: Pexels.com/@Mikhail Nilov
Food & Travel06 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Kategori Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Penting untuk diingat bahwa konsumsi makanan tinggi protein dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu merupakan kunci untuk memastikan kesehatan yang baik.
Ilustrasi. Daging Merah. Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan (Sumber : Pexels/MaliM)
Bola06 Mei 2024, 10:32 WIB

Miel Mundt dan Van Gogh, Kisah Pesepak Bola Eropa-Belanda Kelahiran Sukabumi

Lothar Van Gogh menyelamatkan Belanda dalam pertandingan melawan Belgia.
Lothar Van Gogh (duduk-posisi sebelah kanan). Van Gogh adalah pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Irman Firmansyah
Life06 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Bahaya Perceraian Orang Tua pada Anak yang Diabaikan

Perceraian kedua orang tua pada akhirnya akan memiliki dampak buruk terhadap kondisi psikologi seorang anak di kemudian hari.
Ilustrasi. Dampak buruk perceraian orang tua kepada anak. Sumber Foto : Pexels/ Gustavo Fring
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life06 Mei 2024, 09:34 WIB

Orang Tua Wajib Tahu Dampak Buruknya, Ini 6 Bahaya Terlalu Mengekang Anak!

Terlalu mengekang anak rupanya tidak baik untuk perkembangannya saat tumbuh dewasa. Dampak buruk dari pola asuh tersebut sangat besar.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu mengekang anak. Sumber foto : Pexels/Antoni Shkraba