KPPN Sukabumi Berikan Penghargaan IKPA Terbaik Semester I 2022

Jumat 12 Agustus 2022, 19:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sukabumi memberikan penghargaan kepada beberapa satuan kerja (satker) yang memiliki nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Periode Semester I Tahun 2022 dengan nilai terbaik pada Kamis (11/08/2022).

Pemberian penghargaan ini dilakukan berbarengan dengan acara Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Semester I TA 2022. Meski dilaksanakan secara daring, tapi tidak mengurangi semangat dan antusias para peserta untuk mengikuti acara tersebut.

IKPA merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga.

Baca Juga :

KPPN Sukabumi: Dana BOS Tahap II Gelombang II Rp 27 Miliar Tersalurkan ke 329 Sekolah

IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran yang disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan yang terintegrasi pada Online Monitoring (OM) SPAN yang dijadikan ukuran dan mencerminkan kinerja satuan kerja atas kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, serta kualitas hasil pelaksanaan anggaran.

Penghargaan IKPA ini dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu (1) Kategori Satker Pagu Besar, (2) Kategori Satker Pagu Sedang, dan (3) Kategori Satker Pagu Kecil. Adapun peraih penghargaan yaitu Polres Kota Sukabumi sebagai satker terbaik pertama dengan nilai 99.35 diikuti Polres Kabupaten Sukabumi sebagai terbaik kedua dengan nilai 98.72 dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukabumi, 97.06 untuk kategori satker pagu besar. 

Untuk kategori satker dengan pagu sedang, peraih nilai terbaik berturut-turut, yaitu Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukabumi dan Lembaga Pemasyarakatan Sukabumi dengan nilai sempurna 100, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi, dengan nilai 99.35, dan Lembaga Pemasyarakatan Warungkiara, dengan nilai 98.82. 

Sedangkan predikat sebagai satker peraih nilai IKPA terbaik pertama untuk kategori satker pagu kecil adalah Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sukabumi, dengan nilai sempurna 100, diikuti oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Cianjur, dengan nilai 99.95, dan  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi sebagai peringkat ketiga dengan nilai 99.04.

Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para peraih nilai IKPA terbaik. Ia juga bangga karena meski formulasi penilaian IKPA telah berubah, tetapi terdapat 3 (tiga) satker yang meraih nilai sempurna, 100. 

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada para peraih IKPA terbaik periode semester I 2022. Saya juga bangga karena meski formulasi penilaian IKPA mulai tahun ini berubah, tapi ternyata terdapat tiga satker yang berhasil meraih nilai sempurna,” ujar Abdul Lutfi dengan perasaan haru dan bangga.

Abdul Lutfi berharap kepada pengelola keuangan lainnya untuk terus meningkatkan kinerja pengelolaan anggaran karena secara nilai total, karena KPPN Sukabumi selaku pembina pelaksanaan anggaran di wilayah kerjanya masih jauh dari peringkat terbaik nasional. 

Abdul juga menyampaikan bahwa para petugas KPPN Sukabumi yang dalam hal ini para pejabat fungsional PTPN siap membantu dan membimbing para pengelola keuangan agar kinerja pengelola keuangan di masing-masing satker meningkat sampai akhir tahun 2022 nanti. 

“Saya harap para pengelola keuangan di masing-masing satker yang belum meraih nilai terbaik, untuk terus meningkatkan kinerjanya. Jangan sungkan untuk bertanya dan berkonsultasi kepada petugas KPPN Sukabumi. Kami siap membantu Bapak/Ibu pengelola keuangan agar kinerja anggaran makin meningkat,” pungkas Abdul. 

SUMBER: SIARAN PERS

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)