Negatif Corona, Syarat Pencalonan Semua Kandidat Pilkada Sukabumi Harus Diperbaiki

Senin 14 September 2020, 04:23 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi menyatakan semua kandidat sehat dan negatif corona namun berkas persyaratan di Pilkada 2020 harus diperbaiki. Hal ini berdasarkan temuan tim gabungan dalam proses verifikasi administrasi berkas syarat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi pada Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Penyerahan berkas test kesehatan ini dilakukan usai rapat pleno terbuka verifikasi administrasi berkas syarat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi pada Pemilihan Serentak Tahun 2020, hari Minggu kemarin (13/9/2020). Rapat yang berlangsung di Kantor KPU Kabupaten Sukabumi ini diikuti oleh seluruh jajaran Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, Bawaslu dan Jajaran LO (Liaison Officer) dari seluruh Bakal Pasangan Calon.

Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Budi Ardinyansyah menegaskan hasil verifikasi ditemukan sejumlah masalah administrasi yang harus diperbaiki oleh semua pasangan bakal calon. “Syarat calon diantaranya penyesuaian nama sesuai format yang dibutuhkan KPU,” ucapnya melalui pesan singkat kepada sukabumiupdate.com, Senin (14/9/2020).

Perbaikan wajib dilakukan dan berdasarkan tahapan yang sudah disusun KPU, masa perbaikan berkas pencalonan hingga tanggal 16 September 2020 mendatang. Untuk LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), menurut Budi, KPU hanya menerima tanpa tanda terima dan semuanya ada dari seluruh pasangan bakal calon yang mendaftar di Pilkada Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Pilkada Sukabumi Kedepankan Protokol Kesehatan, Bila Melanggar Apa Sanksinya?

Sementara untuk hasil test kesehatan seluruh kandidat menurut Budi sudah dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan dan negatif corona. Berkas pemeriksaan kesehatan dari tim medis RSHS Bandung ini sudah diserahkan ke masing-masing perwakilan pasangan bakal calon.

 “Alhamdulilah tahapan lanjut, artinya seluruh pasangan bakal calon dinyatakan sehat dan negatif corona berdasarkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan RSHS Bandung. Berkasnya sudah kami serahkan ke masing-masing perwakilan bakal calon,” pungkasnya.

BACA JUGA: Banyak Paslon Pilkada 2020 Positif Covid-19, Bagaimana Dengan Kabupaten Sukabumi?

Kepada sukabumiupdate melalui pesan singkat, Budi menjelaskan sebelumnya tanggal 8 dan 9 September 2020, enam kandidat menjalani pemeriksaan kesehatan di Bandung. Keenam figur ini menjalani rawat inap selama dua hari, untuk mengikuti seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan, mulai dari swab test covid-19, pemeriksaan rohani, narkoba hingga kesehatan jasmani.

Sekedar informasi, ada tiga pasangan bakal calon yang mendaftar menjadi peserta Pilkada Kabupaten Sukabumi. Mendaftar pertama pasangan Abu Bakar Basir - Sirojudin yang diusulkan oleh koalisi PPP, PKB dan PDIP.

Kemudian mendaftar kedua pasangan Adjo Sardjono – Iman Adinugraha yang diusulkan koalisi Partai Gerindra dan PAN. Terakhir pasangan Marwan Hamami – Iyos Somantri yang diusulkan koalisi Partai Golkar, PKS, Demokrat dan Nasdem.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking