Jadi TKW Bagi Warga Kampung Lembur Sawah Sukabumi, Dampak dan Tujuan?

Senin 23 Agustus 2021, 02:00 WIB
Salman Nurjaman, Mahasiswa Universitas Nusa Putra penulis artikel bertema TKW.

Salman Nurjaman, Mahasiswa Universitas Nusa Putra penulis artikel bertema TKW.

Tenaga Kerja Wanita atau bisa disebut juga TKW ini adalah salah satu sebutan bagi warga negara Indonesia yaitu wanita yang bekerja di negara lain. salah satu negara tujuan warga negara Indonesia yang ingin bekerja (TKI atau TKW) adalah negara Arab Saudi, Malaysia, singapura, Abu Dhabi, Oman,Qatar dan negara yang lainnya.

Ada banyak sekali pekerjaan di dunia namun tak sedikit orang yang tidak bekerja contohnya, di Lembur Sawah ada banyak sekali pekerjaan seperti bertani, berternak, pegawai negeri dan berjualan. Namun, warga kampung Lembur Sawah ini bahkan ada yang memilih menjadi TKI (Tenaga kerja Indonesia) atau ada padahal menurut data dari bapak Hendra selaku kepala dusun Nagrak Sari, hampir 40 persen Kampung Lembur Sawah ini adalah pesawahan, namun mereka malah memilih bekerja sebagai TKW di negeri orang.

Pekerjaan yang diambilnya pun tidak terlalu rumit atau bahkan bisa disebut juga biasa saja yaitu menjadi sopir, pembantu rumah tangga, baby sister. Para pekerja nya pun kebanyakan para ibu-ibu yang sudah menikah umurnya sekitar 30an bahkan yang sudah punya anak di kampung Lembur Sawah ini juga sama banyak sekali ibu-ibu yang masih mempunyai suami dan bahkan anak yang pergi bekerja menjadi TKW ke negara Abu Dhabi untuk menjadi pembantu.

Namun mereka yang bekerja menjadi TKW tidak semua legal ada juga mereka yang menyelundup bekerja di luar negeri (ilegal)  dengan sengaja.

photoIlustrasi TKW yang bekerja di luar negeri demi menghidupi keluarga di kampung halaman. - (Pixabay)</span

Cara masyarakat lembur sawah menjadi TKW:

Mendatangi sponsor 

Cara ini digunakan ketika dulu, jadi masyarakat atau warga yang ingin menjadi TKW mendatangi para sponsor atau perusahaan yang bisa membantu mereka kerja di luar negeri lalu membayarnya dengan nominal lumayan mahal sekitar 5 juta.

Sponsor mendatangi masyarakat

Ini adalah cara baru seseorang jika ingin menjadi TKW sangat unik karena para sponsor sekarang yang mencari seseorang yang ingin bekerja bahkan jika dulu seseorang ingin bekerja membayar untuk bisa bekerja namun sekarang berbeda jadi sekarang sponsor malah membayarnya.

Nah uang yang dibayar tersebut dinamakan uang pit, Contohnya: jika ibu Ipah ingin menjadi TkW dan ketika itu para sponsor sedang mencari seseorang yang ingin bekerja maka jika si ibu menemui sponsor itu dan menyelesaikan perizinan  dan sesudah berangkat, maka suami ibu ipah tersebut diberi uang sekitar 7 juta oleh sponsor tersebut karena si suami mengizinkan istrinya menjadi pekerja.

Namun dibalik uniknya cara pergi menjadi TKW, ada faktor yang menyebabkan warga masyarakat Lembur Sawah menjadi TKW di negara lain adalah:

Baca Juga :

Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi adalah salah satu faktor yang membuat warga kampung lembur sawah menjadi TKW. Keuangan memang selalu menjadi faktor utama yang selalu jadi patokan ekonomi, banyak sekali warga kampung ini yang pernah berangkat menjadi TKW, menurut pak H.uneng (RT Kampung Lembur Sawah) jika memakai perbandingan maka yang berangkat menjadi TKW adalah 3:2 jadi lebih dari setengah warga Kampung Lembur Sawah yang pernah merasakan bekerja menjadi TKW. 

Salah satu faktornya adalah kurangnya penghasilan suami sehingga istri pun berangkat menjadi TKW. 

Dalam masalah pekerjaan atau menafkahi keluarga memang sudah sepatutnya itu tugas suami tapi karena memang pekerjaannya dan penghasilan si suaminya kurang cukup untuk biaya kehidupan maka si istri pun terpaksa menjadi TKW.

Faktor Sosial

Faktor sosial atau faktor masyarakat yang terjadi karena banyak nya warga masyarakat Kampung Lembur Sawah berkeinginan menjadi TKW. Salah satu Faktornya adalah Ikut-ikutan. Jadi Banyak tetangga atau saudara yang sebagai TKW menjadi salah satu faktor warga masyarakat ini menjadi TKW. karena melihat tetangga yang sudah pernah menjadi TKW itu sukses, maka seorang istri pun berkeinginan dan memberanikan diri menjadi TKW diluar negeri.

Tidak terlepas dari Ekonomi, setiap masyarakat rela mengorbankan dirinya sendiri menjadi seorang tenaga kerja di negara lain untuk bisa menghidupi keluarganya namun, tidak semua yang diharapkan akan tercapai pasti ada masalah yang menimpa pasti ada dampak yang terjadi terhadap keluarga, jika dibandingkan para TKW yang sudah pulang 10 maka perbandingannya adalah 1 banding 9,satunya yang berhasil sukses dan yang Sembilan sama seperti semua lalu, ini adalah dampak-dampak yang terjadi karena menjadi seorang TKW warga masyarakat lembur sawah.

Suami atau istri yang menikah lagi 

Pada awalnya warga masyarakat lembur sawah yang bekerja menjadi TKW ke luar negeri berniat menjadi TKW hanya untuk menghidupi atau menafkahi keluarganya. Namun, karena kurangnya keimanan dan keyakinan terhadap pasangan sehingga mereka menikah lagi, baik itu suami yang ditinggalkan kerja oleh istrinya ataupun istri yang sedang kerja menjadi TKW.

Disebabkan oleh kebutuhan biologis karena lama tidak bertemunya pasangan tersebut atau bahkan seorang pasangan yang dinikahinya lebih baik dari pada yang pertama.

Kurangnya perhatian terhadap anak

Seorang anak sudah seharusnya membutuhkan perhatian dari seorang ibu dan ibu pun seharusnya memberikan perhatian terhadap anak. Jika ibu tidak memperhatikan anak atau anak mengacuhkan perhatian ibu maka akan berdampak negatif terhadap rumah tangga.

Sama seperti ketika seorang ibu meninggalkan anaknya menjadi TKW di luar negeri, bahkan sampai menetap dan tidak pulang bertahun-tahun hal ini berdampak kepada anak yang ditinggalkan seperti di Kampung Lembur Sawah, saya menemukan seorang anak terlihat kurang peduli kepada orang tuanya dan bahkan sikap atau perilakunya sangat berbeda dengan orang lain, karena memang ketika anak sejak kecil sudah ditinggalkan maka mereka tidak mendapat kasih sayang dan suri tauladan yang seharusnya diberikan.

Karena ibu sebagai guru pertama bagi seorang anak, bahkan anak nya pun dititipkan di saudaranya ataupun neneknya, dan menjadi beban yang ditanggung nenek bertambah.

Rumah tidak terpakai

Ini adalah dampak ketiga akibat masyarakat warga Kampung Lembur Sawah yang bekerja menjadi TKW di luar negeri, karena suami yang sudah menikah lagi, lalu anak yang dititipkan kepada neneknya. 

Jadi rumah tersebut  menjadi tanpa penghuni, bahkan ada yang menjual rumahnya karena  sudah tidak dipakai.

Menjadi lebih baik keluarganya

Tidak semua dampak menjadi TKW itu buruk, ada pula warga masyarakat yang sepulang bekerja menjadi TKW ada yang bahagia dan lebih baik keluarganya karena memang mereka imannya kuat untuk menahan segala cobaan.  

Kesimpulan

Penyebab warga kampung lembur sawah menjadi tenaga kerja wanita (TKW)  adalah yang pertama dari faktor Ekonomi seperti kurangnya penghasilan suami, sehingga suaminya mengizinkan istrinya menjadi TKW.

Kedua faktor sosial seperti ikut-ikutan saudara atau kerabat yang memang telah bekerja di sana. 

Dan inilah salah satu dampak menjadi TKW: pertama, pasangan hidup suami ataupun istri menikah karena memang faktor biologis ataupun faktor terlalu lama sendiri, yang kedua kurangnya perhatian terhadap anak, karena bisa menyebabkan anak akan tidak patuh terhadap perintah orang tuanya bahkan perilaku sangat kurang baik, yang ketiga, rumah tidak dihuni sudah jelas pasti.

Karena dampak satu dan dua mengakibatkan rumah tak dihuni bahkan dijual, lalu yang terakhir adalah keluarganya menjadi lebih baik. Semua orang yang bekerja menjadi TKW pasti memiliki keinginan seperti ini, maka lebih baik tinggal di kampung sendiri dan bekerja di kampung ini. 

Dan dari pemaparan saya diatas bahwa pekerjaan TKW itu banyak sekali dampak buruknya bukan berarti tidak bagus tapi faktanya memang berdampak negatif bagi yang ditinggalkan.

Penulis: Salman Nurjaman, Mahasiswa Universitas Nusa Putra

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)