Berinovasi Dikala Ekonomi Diterjang Pandemik

Kamis 05 November 2020, 01:15 WIB

Oleh: Annisa Yulianti 

Mahasiswa Universitas Nusa Putra Prodi Manajeman 

Di akhir tahun 2019 dunia di hebohkan oleh berita munculnya pandemik yang sangat mematikan melanda wuhan negri china yaitu pademik virus covid-19 dimana virus tersebut menjangkiti ribuan orang di wilayah tersebut, selanjutnnya virus tersebut menyebar keseluruh dunia tak terkecuali di indonesia. Kemunculan pandemik tersebut membuat seluruh negara didunia kewalahan untuk menghadapinnya. Bagaimana tidak, kemunculan pandemik tersebut memicu banyak permasalahan di seluruh negara didunia diantarannya permasalahan kesehatan, permasalahan kegiatan pendidikan, permasalahan sosial serta permasalahan ekonomi.

Setiap negara didunia memiliki kebijakan tersendiri dalam menghadapi pandemik ini, ada negara yang melakukan karantina wilayah secara keseluruhan atau lock down ada juga yang melakukan karantina di sebagian wilayahnnya. Di indinesia sendiri pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam menghadapi pandemik ini yaitu dengan mengeluarkan kebijakan PSBB, PSBM, sampai dengan kebijakan new normal yang memang kebijakan tersebut di keluarkan agar bisa menekan angka penularan virus dengan tanpa mengabaikan kegiatan ekonomi di indonesia.

Meskipun pemerintah indonesia sudah berusaha keras mengeluarkan kebijakan terbaik dalam menghadapi pandemik ini akan tetapi dikarenakan luas wilayah negara ini cukup besar dengan beraneka ragam elemen masyarakat, maka terjangan pandemik ini sangat terasa sekali mempengaruhi kondisi ekonomi secara signifikan saat ini. Kondisi seperti ini lantas membuat kegiatan ekonomi terganggu sehingga sebagian orang berkurang pendapatannya bahkan ada yang sampai kehilangan pekerjaannya karena terjangan pandemik ini.

Kita sebagai mahluk tuhan yang diciptakan dengan sempurna yang di bekali akal dan pengetahuan sudah selayaknya kita tidak menyerah pada keadaan. Kita harus bangkit untuk sama-sama membangun kembali kondisi ekonomi negara kita dengan dimulai dari diri kita masing-masing. Berfikir positif , pantang menyerah dan inovasi adalah hal yang sangat penting untuk mewujudkan semua itu. Inovasi yang di maksud adalah inovasi dalam peningkatan ekonomi misalnnya orang yang memiliki toko baju tetapi ketika saat pandemik seperti ini tokonnya sangat sepi sekali maka yang di butuhkan adalah sebuah smartphone alias pemasarannya di bantu oleh pemasaran secara online dengan bantuan aplikasi olshop atau media sosial sehingga masyarakat luas bisa menjangkau barang dagangan tersebut.

Inovasi tersebut tidak hanya bisa dilakukan oleh pedagang barang saja akan tetapi inovasi tersebut bisa dilakukan oleh orang yang menawarka jasa contoh misalnnya orang yang memiliki jasa laundry juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai cara ampuh untuk menarik pelanggan dengan dilengkapi layanan antar jemput pakaian atau barang yang akan di cuci sehingga pelanggan tidak usah repot-repot mendangi tempat laundry.

Bagi tukang ojek bisa melakukan inovasi di masa pandemik ini diantarannya menyediakan masker bagi penumpang yang kebetulan lupa tidak memakai masker sehingga tetap bisa melakukan protokol kesehatan dengan catatan masker tersebut tidak gratis untuk penumpang. Begitupun hal tersebut bisa dilakukan oleh para sopir angkuta umum sehingga sambil menawarkan jasa angkutan juga mendukung program pemerintah dalam menjaga protokol kesehatan sehingga kegiatan ekonomi berjalan lanncar.

Bagi pedagang masakan jadi bisa melakukan inovasi diantarannya memanfaatkan media sosial untuk menawarkan barang dagangannya dan melayani jasa pengantaran pesanan jarak tertentu dan jangan lupa untuk terus memperhatikan protokol kesehatan sekaligus penyajian sehiginies mungkin sehingga para pelanggan merasa nyaman dan aman membeli barang dagangannya tersebut.

Intinnya kita semua harus memperhatikan peluang yang ada agar kegiatan usaha/ekonomi kita bisa berjalan dengan lancar di tengah terjangan pandemik ini. Teruslah membuat inovasi terbaru sehingga kita tetap bisa bertahan di tengah pandemik ini. Inovasi tidak terbatas bagi pengusaha sekala besar saja tetapi inovasi bisa dilakukan oleh masyarakat biasa seperti kita dan jangan lupa berdo’a kepada tuhan agar di berikan jalan terbaik.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)