Ibrahim, Siswa SMA Doa Bangsa Sukabumi Terpilih Jadi Paskibraka Tingkat Jabar

Kamis 23 Agustus 2018, 02:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - SMA Doa Bangsa merupakan salah satu satuan pendidikan di bawah naungan Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa (YPPDB) yang merupakan Yayasan binaan Ayep Zaki atau yang dikenal dengan nama Aa Zaki.

Saat ini SMA Doa Bangsa baru menginjak usia dua tahun tetapi sudah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan. Salah satunya adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka tingkat Jawa Barat.

Ibrahim Haikal Putra Abadi atau sering dipanggil dengan sebutan Haikal oleh kawan-kawannya merupakan siswa kelas XI IPS di SMA Doa Bangsa. Dalam kesehariannya ia merupakan anak yang baik dan mudah bergaul, baik dengan kakak-kakak kelas, kawan-kawan seangkatannya maupun dengan adik-adik kelasnya.

“Pada awalnya, Haikal mengikuti seleksi Paskibraka tingkat kabupaten. Dari ratusan kandidat dan penyeleksian yang cukup ketat, akhirnya terpilihlah 34 anggota Paskibraka tingkat Kabupaten," ujar Kepala SMA Doa Bangsa, Teguh Eka Prahara kepada sukabumiupdate.com, Rabu (22/8/2018).

BACA JUGA: Pemuda Surade Sukabumi Bela Tim Dayung Indonesia di Asian Games

Dari 34  anggota Paskibraka tersebut, sambungnya, diambil tiga orang untuk mewakili Kabupaten Sukabumi dalam penyeleksian Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat. Total yang mengikuti seleksi pada waktu itu berjumlah 81 peserta dan hanya diambil 36 peserta untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Alhamdulillah, atas usaha dan doa dari semua pihak yang membantu, akhirnya Haikal dan satu orang kawannya mampu menjadi wakil Kabupaten Sukabumi sebagai anggota Paskibraka tingkat Jawa Barat," bebernya.

Dikatakannya, perjalanan dan perjuangan yang cukup panjang telah ditempuh Haikal membuahkan hasil yang sangat membanggakan. Kesemuanya ini tidak lepas dari peran orang tua, guru-guru, serta kawan-kawan yang selalu mendukungnya sampai sejauh ini.

BACA JUGA: IJSL Cipta Cendikia Juara, Fathur Rahman Asal Cicurug Sukabumi Buat Bangga

Selain itu, tuturnya, SMA Doa Bangsa dengan konsisten selalu berkomitmen dalam menerapkan multiple intelligences melalui berbagai programnya untuk menghasilkan siswa dan siswi yang memiliki kompetensi tinggi serta berkarakter dalam bidang apapun tanpa membeda-bedakan.

"Pihak sekolah meyakini bahwa setiap anak dikaruniai kemampuan yang berbeda-beda, sehingga peran sekolah lah disini dengan berbagai perangkatnya harus mampu mengembangkan kemampuan siswa secara optimal," jelasnya.

Dari komitmen inilah, selain Haikal, SMA Doa Bangsa telah menghasilkan siswa dan siswi berprestasi di berbagai bidang. Hal ini terbukti dalam waktu yang relatif singkat atau dua tahun, sekolahnya telah menghasilkan 66 prestasi dari berbagai bidang dan jenjang wilayah. Mulai tingkat kabupaten, provinsi, bahkan sampai ke tingkat nasional.

“Hal ini tidak lepas dari peran Aa Zaki sebagai Pembina Yayasan kami, beliau selalu membina kami tanpa lelah dan memberikan kami arahan sehingga SMA Doa Bangsa bisa sampai sejauh ini dalam waktu yang relatif singkat,” ungkap Teguh.

BACA JUGA: Bangunan Hemat Energi Pertama di Sukabumi, Ini Dia Fasilitas di Gedung Baru Universitas Nusa Putra

Lebih lanjut ia mengatakan, Aa Zaki selaku Pembina Yayasan memang selalu memberikan arahan kepada sekolah binaannya agar dapat menjadi sekolah yang mampu mencetak generasi bangsa yang benar-benar memahami perjuangan bangsa, generasi yang melalui tekad dan semangatnya mampu mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, yaitu menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sejahtera, adil, dan makmur.

Haikal hanyalah salah satu dari potret pendidikan Indonesia. Melalui Pendidikan yang baik maka akan menghasilkan generasi yang baik pula. Modal bangsa Indonesia adalah generasi mudanya, apalagi dengan bonus demografi yang kita dapatkan, pendidikan generasi muda menjadi hal yang sangat penting karena generasi muda merupakan pisau bermata dua.

"Apabila kita bisa mendidik mereka dengan baik maka hasilnya Indonesia akan menjadi negara yang sangat luar biasa dan sangat dipandang di mata dunia," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram