Upaya Pemulihan Pariwisata Tidak Boleh Gagal

Minggu 13 September 2020, 05:05 WIB

SUKABUMIUPDATE. com - Deputi Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto menegaskan tentang relaksasi aktivitas masyarakat di lokasi wisata. Hal itu harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan. Termasuk Provinsi Bali pun harus menerapkannya.

"Bali merupakan ikon pariwisata Indonesia dan internasional. Sehingga, upaya pemulihan pariwisata tidak boleh gagal. Sebab, bisa berimplikasi besar terhadap reputasi Bali maupun Indonesia," ujarnya saat Gala Dinner bersama Forum Komunikasi Antar Media dan 

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, belum lama ini.

Pasalnya, pandemi Covid-19 tidak hanya memunculkan krisis kesehatan. Namun, berdampak besar pula terhadap perekonomian negara. Bahkan Bali yang merupakan penyumbang devisi terbesar dari sektor pariwisata, ikut terimbas.

"Anjloknya pariwisata di Bali, memengaruhi sektor lainnya. Seperti pertanian, transportasi, akomodasi, dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)," ucapnya

Bahkan sebanyak 73.631 pekerja  di Bali dirumahkan per Agustus 2020 lalu. Sementara itu, 2.667 orang terkena PHK. 

"Bali kehilangan Rp 9,7 triliun setiap bulannya," ungkapnya.

Tekanan berat bagi pariwisata Bali juga tercermin dari kedatangan wisatawan mancanegara. BPS Bali mencatat 32 kunjungan wisatawan selama Juni 2020. Tingkat kunjungan tersebut turun 99,99 persen dibandingkan periode yang sama di 2019.

"Pada Juni 2019, kunjungan wisatawan ke Bali mencapai 549.516," terangnya.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan, Pemprov Bali terus berupaya menanggulangi penyebaran covid 19. Termasuk menjaga perekonomian Bali agar tetap bergerak.

"Kita juga menyiapkan diri untuk membuka kembali sektor pariwisata. Walaupun untuk kunjungan wisatawan asing tertunda. Apalagi kondisi di negara lain belum clear. Ditambah pemerintah kita belum membuka sampai saat ini," bebernya.

Kecenderungan perkembangan Covid-19 di Bali meningkat. Namun Bali berupaya menanggulanginya. Termasuk persoalan yang disebabkan pandemi Covid-9. Khususnya yang berkaitan dengan upaya pemulihan ekonomi.

"Kami tidak hanya fokus pada pemulihan ekonomi. Namun fokus juga pada persoalan kesehatan. Karena kesehatan lebih di depan. Memang demikian jalurnya," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life10 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Ciri-ciri Orang yang Lelah Batin, Apa Kamu Salah Satunya Juga?

Lelah batin atau kelelahan mental adalah kondisi di mana seseorang merasa lelah, terkuras, atau terbebani secara emosional dan mental.
Ilustrasi - Lelah batin atau kelelahan mental adalah kondisi di mana seseorang merasa lelah, terkuras, atau terbebani secara emosional dan mental. (Sumber : pexels.com/@Liza Summer)
Nasional10 Mei 2024, 09:33 WIB

Mulai Oktober 2024, Rumah Potong Hewan dan Unggas Wajib Sertifikasi Halal

Teten menyebut produk halal sudah menjadi permintaan dunia.
(Foto Ilustrasi) Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki buka suara soal tenggat wajib sertifikasi halal bagi pelaku usaha pada 17 Oktober 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan10 Mei 2024, 09:30 WIB

5 Masker Wajah Buah-buahan untuk Menghilangkan Jerawat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan masker wajah dari buah-buahan, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dan lakukan tes kecil di bagian belakang telinga atau pergelangan tangan untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahannya
Ilustrasi. Facial | Rekomendasi Masker Wajah Buah-buahan untuk Menghilangkan Jerawat dan Cara Membuatnya (Sumber : Pexels/GustavoFring)
Sehat10 Mei 2024, 09:00 WIB

Muncul Benjolan Aneh dan Sakit di Malam Hari, 7 Tanda Kamu Terkena Asam Urat

Sakit asam urat bisa menyerang siapa saja, dan kita harus waspada dengan gejalanya.
Ilustrasi - Sakit asam urat bisa menyerang siapa saja, dan kita harus waspada dengan gejalanya. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi10 Mei 2024, 08:30 WIB

Lulusan S1 Punya Jiwa Loyalitas Tapi Masih Nganggur? Coba Apply Loker Ini!

Lowongan Kerja S1 di Perusahaan Makanan ini dibuka untuk posisi Mechanical Project.
Ilustrasi. Mechanical Project. Lulusan S1 Punya Jiwa Loyalitas Tapi Masih Nganggur? Coba Apply Loker Ini! (Sumber : Pexels/ThisIsEngineering)
Life10 Mei 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang

Kondisi pikiran yang tenang adalah kondisi di mana pikiran seseorang merasa seimbang dan terpusat, tanpa terganggu oleh kecemasan atau stres yang berlebihan.
Ilustrasi. Bahagia. Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel10 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel!

Tuangkan air melon ke dalam gelas atau cangkir, tambahkan es batu jika diinginkan, dan nikmati kesegaran air melon yang lezat!
Melon. Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science10 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 10 Mei 2024, Termasuk Sukabumi dan Sekitarnya

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.  | Foto: SU/Dede
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay