Guntur Subagja Mahardika Kembali Pimpin Pusat Riset CSPS SKSG UI

Rabu 31 Januari 2024, 00:08 WIB
Guntur Subagja Mahardika (kanan) menerima Surat Keputusan sebagai Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) SKSG UI | Foto : Ist

Guntur Subagja Mahardika (kanan) menerima Surat Keputusan sebagai Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) SKSG UI | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Guntur Subagja Mahardika kembali mendapat amanah memimpin pusat riset di lingkungan Universitas Indonesia.

Alumni Pascasarja UI ini kembali menjadi Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS), yang merupakan pusat riset di bawah holding Unit Kerja Khusus (UKK) Center for Strategic and Global Studies (CSGS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global Studies (SKSG) Universitas Indonesia.

Penyerahan SK pengangakatan Ketua CSPS SKSG UI periode 2024-2027 oleh Direktur SKSG UI Dr Athor Subroto, SE, ME kepada Guntur Subagja Mahardika, M.Si, Rabu (24/1/2024) di Gedung IASTH Universitas Indonesia.

Penyerahan SK tersebut bersamaan dengan Pelantikan beberapa Ketua Unit Usaha di lingkungan SKSG UI.

Ketua Unit Usaha yang dilantik untuk periode 2024-2026 itu adalah: Pusat Riset Perkotaan dan Wilayah: Dr. Lita Sari Barus, ST., M.Si; Pusat Kajian Pembangunan Berkelanjutan: Joko Adianto, S.T., M.Ars., Ph.D; Islamic and Middle East Research Center: Abdul Jabar, S.Pd. I, Lc., M.Si; Pusat Kajian Jaminan Sosial: Aryana Satrya, M.M., Ph.D; Rumah Perdamaian: Kingkin Wardaya, M.Si .

Baca Juga: Uniknya Abon Gedebog Pisang, Oleh-oleh Favorit Geopark Ciletuh Sukabumi

Sementara yang memperoleh SK perpanjangan jabatan adalah Ketua CSPS SKSG UI Guntur Subagja Mahardika dan Ketua Pusat Riset Ilmu Kepolisian dan Kajian Terorisme SKSG UI Dr. Sapto Priyanto, A.Mi,, S.H., M.Si.

Direktur SKSG UI Athor Subroto memimpin langsung upacara pelantikan dan penyerahan SK dan penandanganan Pakta Integritas.

“Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggungjawab yang dibebankan di atas pundak saudara,” kata Athor.

Guntur Subagja Mahardika memimpin CSPS SKSG UI sejak April 2020 hingga awal Januari 2024. Dan saat ini diperpanjang jabatannya untuk periode 2024-2027. "Bismillah, saya akan menjalankan amanah ini sebaik-baiknya, memimpin CSPS SKSG UI menjadi lembaga bereputasi tinggi dan memberikan kontribusi terbaik untuk Universitas Indonesia, masyarakat, dan bangsa Indonesia,"ungkap Guntur.

Guntur sedang menyelesaikan program doktor ilmu hukum tata negara di Universitas Krisnadwipayana. Ia juga mengikuti Credit Earning Program (CEP) S-3 Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia. Latar belakang disiplin ilmunya adalah komunikasi massa dan mengikuti fellowship program pada Seoul National University (SNU) Korea Selatan, beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Berkah Tahun Politik, Percetakan di Cicurug Sukabumi Banjir Pesanan APK

Guntur menjabat Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI tahun 2020-2023. Saat ini aktif dalam kegiatan politik di tengah pesta demokrasi Indonesia. Ia memimpin organisasi Arus Baru Indonesia (ARBI) sebagai ketua umum, yang turut mensukseskan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming dalam Pemilu 2024. Sebelunnya, Guntur menjadi Tim Ekonomi ARBI yang mengusung pasangan Joko Widodo - Kyai Ma'ruf Amin dalam Pemilu 2019.

Guntur mendirikan lembaga sosial dan filantropi Yayasan Mitra Mikro yang mendampingi usaha mikro dan kecil, petani, nelayan, peternak, dan pemberdayaan masyarakat.

Ia juga aktif di lembaga filantropi yatu sekretaris Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (MUI), Wakil Ketua Lembaga Kenazhiran Wakaf Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Memimpin organisasi Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani) selaku ketua umum, menjadi Pembina Insan Pariwisata Indonesia (IPI), Dewan Pakar Asosiasi Pedagang Mie Bakso Nusantara (Apmiso), Dewan Pakar Himpunan Ketukunan Tani Indonesia (HKTI), Wakil Ketua Komite Organisasi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), pengurus Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC), dan Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni (ILUNI) Pascasarjana UI.

Baca Juga: Sabar Ya! Proyek Alun-alun Laut Gadobangkong Sukabumi Masuk Tahap Akhir, Tapi…

Sehari-harinya ia berwirausaha memimpin Enprost Indonesia yang berinvestasi di sektor agrobisnis, teknologi informasi, energi terbarukan, dan perdagangan.

Memulai karier sebagai jurnalis di koran Republika dan menjabat sebagai Koordinator Desk Ekonomi dan Politik. Kemudian menjadi Pemimpin Redaksi Harian Ekonomi Neraca, dan terakhir menjadi Publisher Indonesia News Network (INN). Aktif menulis buku dan sejumlah bukunya sudah diterbitkan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich