Semua Kalangan Diundang ke Aksi Bela Palestina 5 November, MUI: Tidak Usah Pikir Agama

Sabtu 04 November 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi - Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang akan menggelar demonstrasi Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) besok, Minggu (5/11/2023) (Sumber : pexels.com/Faheem Ahamad/Hurrah suhail)

Ilustrasi - Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang akan menggelar demonstrasi Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) besok, Minggu (5/11/2023) (Sumber : pexels.com/Faheem Ahamad/Hurrah suhail)

SUKABUMIUPDATE.com - Konflik yang terjadi di Gaza, Palestina menyedot perhatian seluruh Dunia tak terkecuali di Indonesia. Banyak yang menyuarakan dukungan kepada rakyat Palestina.

Salah satunya Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang akan menggelar demonstrasi Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) besok, Minggu (5/11/2023).

Melansir dari Tempo.co, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis, mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bergabung dalam Aksi Bela Palestina itu.

Baca Juga: Doa Untuk Palestina, Qunut Nazilah dan Shalawat Asyghil Lengkap dengan Artinya

"Tidak usah mikir agama, tidak usah mikir ajaran apa lah,” kata dia dalam konferensi pers dikutip dari situs resmi MUI, Kamis, 2 November 2023.

Cholil menilai, menyaksikan warga Gaza, Palestina, yang tidak bersalah turut dibom dan dibunuh oleh tentara Israel, akan memanggil rasa kemanusiaan. “Tidak usah pakai alasan apa-apa," katanya.

Seruan aksi atas nama aliansi rakyat Indonesia, kata Cholil, untuk menyuarakan kepada dunia bahwa masyarakat Indonesia menolak dan mengecam segala bentuk penjajahan yang dilakukan oleh Israel.

Menurut Kiai Cholil, cara membantu kepada sesama muslim dapat dilakukan dengan tiga hal. Pertama, dengan merubah situasi dengan menggunakan kekuasaan. Kedua, dengan seruan doa, dan ketiga dengan ingkar bil-lisan.

Baca Juga: Sejarah Semangka Palestina yang Jadi Simbol Perjuangan Sejak 1960 an

"Besok itu adalah inkar bil-lisan. Kami akan kumpul di Monas 5 November pagi untuk menyampaikan lisan kami kepada dunia bahwa masyarakat Indonesia mengutuk dan marah terhadap tindakan Israel ke Palestina," katanya.

Koordinator humas Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina, Selo Ruwandanu, mengatakan Aksi Bela Palestina dimulai pukul 6.00 WIB. Massa sudah dipersilakan merapat ke Monas pukul 5.00 WIB.

"(Salat subuh berjemaah) Bisa di Masjid Istiqlal. Massa 5.00 sudah bisa masuk ya," katanya saat dihubungi Tempo, Sabtu, 4 November 2023.

Berdasarkan poster yang beredar, Ketua Pengarah Aksi Bela Palestina adalah M. Din Syamsuddin, Ketua Korlap atau Koordinator Lapangan yaitu Bachtiar Nasir.

Baca Juga: Angelina Jolie Bela Palestina! Sebut Gaza Mirip Penjara dan Kuburan Massal

Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro mengatakan, jumlah massa diperkirakan sekitar tiga ribu. "Kalau kemarin itu sekitar dua ribu ke tiga ribu minggu lalu. Mungkin kurang lebih hampir sama," ujar Susatyo usai apel di Polda Metro Jaya, Sabtu, 4 November 2023.

Pantauan Tempo, sebuah panggung besar sudah berdiri di kawasan barat laut Monas. Di seberang panggung utama itu terlihat sebuah panggung kecil untuk stasiun televisi meletakkan kamera.

Pada sisi belakang panggung, terdapat sejumlah tenda yang berdiri untuk tempat singgah para tamu undangan Aksi Bela Palestina. Sederet tamu undangan yang berasal dari tokoh nasional dan tokoh agama ini akan mengakses pintu masuk sebelah barat laut.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Rahmat Tamatan SD, Menyoroti Lingkaran Sosial Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi

Lingkaran sosial budaya dan pendidikan di lingkungan Rahmat Pembunuh Ibu Kandung jadi perhatian serius Forkopimcam Kalibunder Sukabumi.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Kelompok Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Anak yang lelah karena sering dimarahi orang tua berusaha keras untuk menyenangkan orang tua dan menghindari konflik dengan melakukan apa pun yang diminta, tanpa memikirkan kebutuhannya sendiri.
Ilustrasi. Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)