Filosofi Pakaian Adat Yang Dikenakan Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana

Jumat 18 Agustus 2023, 21:00 WIB
Arti dan makna dari baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. (Sumber : Screenshot YouTube/Official iNews.)

Arti dan makna dari baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. (Sumber : Screenshot YouTube/Official iNews.)

SUKABUMIUPDATE.com – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana setiap memperingati hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus, selalu mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di tanah air.

Banyak masyarakat yang dibuat bangga oleh orang nomor satu di Indonesia ini karena benar-benar menunjukkan kecintaannya kepada kebudayaan lokal. Sehingga pakaian adat dari berbagai daerah yang selalu dipakainya itu kerap mengundang perhatian publik. 

Dilansir dari tempo.co, pada upacara peringatan HUT RI ke-78 yang dilaksanakan 17 Agustus 2023, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Kasunan Surakarta. Sementara Ibu Iriana mengenakan pakaian adat penari Legong khas Bali.

Baca Juga: 8 Sikap Agar Tetap Bahagia Meski Banyak yang Tidak Suka, Jangan Lemah!

Pakaian adat yang dikenakan Presiden Joko Widodo biasanya hanya dipakai oleh para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji.

Pakaian itu dikenakan ketika raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda bersama perangkat keraton untuk melihat langsung kondisi kawulo atau masyarakat.

Pakaian Ageman memiliki arti kemasyhuran bagi sang raja ketika keluar dari keraton dengan menaiki kereta kuda. Dalam pelaksanaannya, sepanjang jalan sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cintanya kepada masyarakat.

Baca Juga: 9 Tahapan Seseorang Sedang Jatuh Cinta, Kamu Baru Sampai Mana?

Joko Widodo melakukan hal serupa dengan memasuki area lapangan Istana Merdeka, untuk menyempatkan diri menemui warga di luar istana secara langsung. Dia berjalan kaki mengitari lapangan sambil menyapa seluruh orang yang datang dengan wajah senang.

Sementara itu, Ibu Iriana Jokowi terlihat cantik mengenakan pakaian adat penari Legong dari Bali yang berwarna kuning emas dipadukan dengan warna hijau. Serta gelungan berwarna emas di atas kepalanya dan kalung badong warna emas berbentuk setengah lingkaran.

Dikutip dari jurnal Perkembangan Tari Legong Keraton Haya Penelitian Tahun 1928-1954 oleh Rizki Prihartiningrum, Tari Legong Keraton ada tarian klasik dari Bali yang memiliki gerakan lincah, luwes dan halus. Menarikannya oleh tiga gadis berusia antara 10-12 tahun, serta diiringi oleh gamelan Gong Kebyar.

Baca Juga: 45 Kata-kata Tentang Realitas Kehidupan yang Penuh Makna dan Motivasi

Nama legong sendiri berasal dari dua kata, yakni leg yang artinya luwes dan gong yang artinya gamelan. Pakaian adat tari Legong Bali mewakili karakter ‘malaikat’ dari surga tengah menari muncul dalam mimpi raja.

Artinya penampilan Ibu Iriana Jokowi mengenakan pakaian adat penari Legong sebagai simbol seorang pendamping untuk rajanya yaitu Presiden Joko Widodo. 

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 21:09 WIB

Utusan Gyeongsangnam-do Temui Bupati Sukabumi, Program Beasiswa Kuliah di Korsel Berlanjut

Kerjasama Pemkab Sukabumi dan Provinsi Gyeongsangnam-do terkait program beasiswa kuliah di Korsel berlanjut di 2025.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menerima utusan provinsi Gyeongsangnam-do di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel15 Mei 2024, 21:00 WIB

Seafood! 8 Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Berikut beberapa makanan laut yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Seafood Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat | Foto: Pixabay/ShenXin
Sehat15 Mei 2024, 20:30 WIB

Teri Termasuk 4 Ikan Laut yang Tinggi Purin dan Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@Jinhahahaha).
Sukabumi15 Mei 2024, 20:22 WIB

Usai Autopsi, Jenazah Korban Pembunuhan di Kalibunder Sukabumi Dimakamkan

Korban pembunuhan anak kandung dimakamkan di kampung halamannya di Kalibunder Sukabumi.
Puluhan warga, sanak saudara hingga pemerintah kewilayahan setempat mengiri pemakaman jenazah korban pembunuhan anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life15 Mei 2024, 20:00 WIB

Kenali 8 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua!

Anak yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan, terutama terhadap situasi yang terkait dengan orang tua atau lingkungan rumah.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Sukabumi15 Mei 2024, 19:13 WIB

9 PPK Bermasalah di Pileg 2024 Lolos 10 Besar Penyelenggara Pilkada di Kota Sukabumi

Terdapat 9 nama PPK yang bermasalah di Pileg 2024 dinyatakan lolos 10 besar calon PPK Pilkada Serentak 2024, ini kata KPU Kota Sukabumi.
Ilustrasi PPK Pilkada Serentak 2024. | Foto : Sukabumi Update
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)
Life15 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Doa Penenang Hati untuk Diamalkan Sebagai Penangkal Masalah dan Kegelisahan Hidup

Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup.
Ilustrasi sedih dan gelisah -  Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 17:30 WIB

Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)