TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Jenis dan Standar Minimal Bantuan Bencana, Jangan Sembarang Donasi!

Bantuan darurat bencana untuk pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana diberikan dengan memperhatikan standar minimal kebutuhan dasar dan memperhatikan prioritas kepada kelompok rentan.

Penulis
Senin 28 Nov 2022, 20:43 WIB

Pria korban gempa cianjur terpaksa menggunakan pakaian wanita karena keterbatasan jenis bantuan

SUKABUMIUPDATE.com - Baru-baru ini, viral Bapak-bapak di Pengungsian Cianjur menggunakan gamis akibat keterbatasan bantuan pakaian yang diterima. Kali ini tak melulu soal hiburan, tetapi menarik untuk dikaji soal jenis bantuan yang selayaknya diberikan pada penyintas bencana, seperti korban gempa bumi Cianjur.

Mengacu pada Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 7 Tahun 2008 tentang Pedoman Tata Cara Pemberian Bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar. Bantuan darurat bencana untuk pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana diberikan dengan memperhatikan standar minimal kebutuhan dasar dan memperhatikan prioritas kepada kelompok rentan.

Adapun yang dimaksud kelompok rentan antara lain bayi, anak usia dibawah lima tahun, anak-anak, ibu hamil atau menyusui, penyandang cacat, orang sakit, dan orang lanjut usia (lansia).

Saat gempa bumi Cianjur, beribu-ribu orang baik berlomba-lomba memberikan bantuan bagi korban. Namun tidak semua tepat sasaran, seperti pada bapak-bapak pengungsi yang memakai gamis.

Berkaitan dengan hal ini, peraturan BNPB tersebut menyebutkan bantuan darurat kemanusiaan terdiri dari penampungan sementara, bantuan pangan, sandang, air bersih dan sanitasi, serta pelayanan kesehatan.

Lebih lanjut, Bab IV Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 7 Tahun 2008 tentang Pedoman Tata Cara Pemberian Bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar menjelaskan Jenis Bantuan dan Standar Minimalnya, meliputi:

1. Bantuan Tempat Penampungan/Hunian Sementara

Bantuan penampungan/hunian sementara diberikan dalam bentuk tenda-tenda, barak, atau gedung fasilitas umum/sosial, seperti tempat ibadah, gedung olah raga, balai desa, dan sebagainya, yang memungkinkan untuk digunakan sebagai tempat tinggal sementara.

Baca Juga: Rp 10 Juta hingga Rp 50 Juta, Jokowi Bahas Bantuan bagi Korban Gempa di Cianjur

> Standar Minimal Bantuan:


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x