TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Ingin Anak Sekolah Lagi, Lirih Istri Pecipta Lagu Asal Dangdut Asal Sukabumi

Pecipta lagu dangdut asal Sukabumi, Syam Permana harus banting tulang untuk menghidupi keluarganya.

Penulis
Senin 7 Nov 2022, 21:23 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pecipta lagu dangdut asal Sukabumi, Syamsudin alias Syam Permana harus banting tulang untuk menghidupi keluarganya. Dia rela bekerja apa saja, mulai dari kuli tani membantu istrinya Yati Sarnip (50 tahun) di sawah hingga angkut kayu bakar untuk pabrik tahu.

Himpitan ekonomi membuat salah satu anaknya, Arida (15 tahun) yang diduduk di bangku SMK swasta di Kecamatan Cisaat putus sekolah.

Yati pun berharap anaknya Arida bisa kembali melanjutkan sekolahnya. Dia ingin anaknya itu sekolah negeri dengan alasan sedikit biaya yang dikeluarkan.

Sebab salah satu penyebab putusnya sekolah Arida adalah mahal di ongkos dan biaya lainnya. 

"Kasihan anak saya, semangatnya tinggi, pengennya [sekolah] ke negeri biar tak banyak bayar,"lirih Yati kepada sukabumiupdate.com yang ditemui di rumahnya di Kampung Babakan Jawa RT 42/18, Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin (7/11/2022).

Selain ingin anaknya bisa Sekolah lagi, Yati juga berharap suaminya mendapatkan pekerjaan tetap. "Kepada pemerintah kalau bisa suami saya carikan pekerjaan apa aja, yang penting ada penghasilan buat sehari-hari," ujarnya.

Syam Permana adalah pencipta dari banyak lagu dangdut yang cukup populer di Indonesia. Sebut saja lagu berjudul 'Benalu Cinta' yang dinyanyikan oleh Imam S Arifin kemudian 'Belum Sembuh' oleh Meggy Z, 'Terima Kasih' oleh Inul Daratista, 'Merana' oleh Hamdan ATT, 'Surga Jadi Neraka' oleh Ine Sinthya dan masih banyak yang lainnya. 

Ditengah kondisi ekonominya itu, Syam masih menyimpan harapan bisa meraup uang dari royalti hak cipta lagu-lagu ciptaannya.  Hal itulah yang menjadi harapan terakhir untuk kebutuhan pendidikan anak-anaknya. 

Mengenai royalti lagu itu, Yati mengungkapkan hingga kapan harus berharap. "Mengandalkan harapan [hak royalti] yang belum pasti mau sampai kapan?masih diperjuangkan," ujarnya.

Syam juga bercerita mengenai bakat seni yang turun ke anak sulungnya yaitu Yulis Airtika (30 tahun). Sebagai orang tua, pecipta lagu dangdut asal Sukabumi itu berharap bakat anaknya itu dapat berkembang. 

Syam menyatakan, Yulis sudah membuat 3 lagu, 2 lagu Pop Dangdut 1 Lagu Rohani. 


Editor
Halaman :
Tags :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x