7 Tips Aman Mengendarai Motor di Waktu Hujan

Jumat 10 Desember 2021, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pengguna sepeda motor perlu memperhatikan beberapa hal agar tetap aman, nyaman dan selamat sampai tujuan ketika berkendara saat hujan.

Mengingat berkendara dalam kondisi hujan memiliki tantangan tersendiri karena permukaan jalan menjadi licin, jarak pandang menurun dan genangan air yang bisa saja menutupi lubang di jalan.

Berikut tips aman mengendarai sepeda motor dalam kondisi hujan.

1. Gunakan Jas Hujan

photo(Ilustrasi) Menggunakan jas hujan saat mengendarai motor - (Unplas.com Andre Flamboyan)</span

Saat musim hujan, jas hujan menjadi barang wajib yang harus selalu dibawa oleh biker, sehingga saat hujan mulai turun bisa langsung menggunakannya.

Usahakan untuk menggunakan jas hujan mode single, dan jangan menggunakan jas hujan model ponco karena kurang aman jika digunakan saat mengendarai sepeda motor.

Jika kebetulan kamu berboncengan, lebih baik untuk membawa jas hujan double daripada menggunakan model ponco.

Mungkin hal itu dirasa ribet untuk sebagian orang, tapi keamanan harus tetap kamu utamakan.

Selain itu, usahakan juga menggunakan jas hujan yang memiliki warna yang mencolok supaya kamu mudah terlihat oleh pengendara lain.

Baca Juga :

2. Jaga Jarak Aman Kendaraan

Menjaga jarak aman kendaraan memang diharuskan, apalagi jika berkendara saat hujan hal ini wajib kamu lakukan.

Mengingat saat kondisi hujan jalanan menjadi licin sehingga jarak pengereman pun menjadi lebih panjang.

Dengan jarak kendaraan yang tidak terlalu dekat, kamu akan memiliki cukup ruang untuk melakukan pengereman.

Selain itu, Menjaga jarak juga akan meminimalisir kamu untuk melakukan rem mendadak karena kamu memiliki jeda jika kendaraan di depan tiba-tiba berhenti.

Melakukan pengereman secara mendadak beresiko menyebabkan ban kehilangan traksi, terlebih jika hal itu dilakukan saat hujan karena permukaan jalan yang licin.

Untuk membantu pengereman, kamu bisa memanfaatkan engine brake. Engine brake ini yaitu teknik memperlambat laju kendaraan dengan memperlambat putaran mesin.

Caranya kamu tinggal melepas gas dan menurunkan gigi transmisi ke level rendah.

3. Nyalakan Lampu Kendaraan

photo(Ilustrasi) Menyalakan lampu utama saat berkendara waktu hujan - (Pexels.com cottonbro)</span

Menyalakan lampu sepeda motor memang diharuskan apalagi jika motor dikendarai saat hujan. Karena pada saat hujan, keadaan langit akan mendung hingga kondisi cenderung akan sedikit gelap.

Dengan menyalakan lampu akan menjadikan keberadaan kamu mudah terlihat oleh pengendara lain, baik pengendara dari arah depan maupun dari arah belakang.

Sepeda motor keluaran terbaru memang dirancang agar lampu utama dan lampu seri belakang tetap menyala meski pada siang hari yang cerah.

Namun bola lampu tersebut tentunya memiliki usia pakai dan bisa rusak sewaktu-waktu hingga tidak bisa menyala.

Untuk itu, saat bola lampu rusak kamu harus segera menggantinya dengan yang baru agar berfungsi kembali secara normal.

Mengendarai motor dengan lampu yang tidak menyala saat hujan akan berbahaya apalagi jika kamu berkendara di malam hari.

4. Berhenti Jika Hujan Semakin Lebat

Jika kondisi hujan terlalu lebat, sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk menerobosnya. Lebih baik berteduh di tempat yang aman hingga cuaca sedikit membaik.

Berkendara saat hujan yang terlalu lebat akan meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas. Hal itu disebabkan karena jarak pandang akan semakin terbatas.

Selain itu, dengan hujan yang terlalu lebat dikhawatirkan jas hujan yang kamu gunakan tidak mampu menahan guyuran air hujan hingga air mampu masuk dan membasahi tubuh.

Hal itu bisa berakibat tidak baik untuk kesehatan.

5. Tingkatkan Konsentrasi

Berkendara saat hujan kamu harus lebih meningkatkan konsentrasi dari biasanya. Genangan air hujan dapat menutupi area jalan yang berlubang.

Jika melihat genangan air sebaiknya hindari dan jika terpaksa melewatinya, lewati secara perlahan karena dikhawatirkan genangan tersebut merupakan jalan berlubang yang terisi air.

Jika melewatinya dengan kecepatan tinggi akan berbahaya, kamu bisa saja terjatuh atau mengakibatkan ban bocor bahkan velg menjadi penyok.

Kemudian, waspada terhadap kendaraan lain yang tidak menyalakan lampu,kamu harus terus menjaga konsentrasi untuk meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas.

6. Perhatikan Gaya Berkendara

Gaya berkendara di waktu hujan pastinya berbeda dengan gaya berkendara pada kondisi normal. Saat hujan  resiko kecelakaan lebih tinggi jadi kamu harus lebih berhati-hati.

Seperti saat melakukan pengereman, usahakan lakukan secara lembut.Begitu juga ketika menarik gas, usahakan lakukan secara perlahan.

Kemudian, jalankan motor secara perlahan dan tidak perlu mendahului kendaraan lain karena kondisi jalan akan cenderung licin sehingga berbahaya jika kamu bermanuver terlalu ekstrim.

7. Gunakan Helm Berkaca Visor Bening

photo(Ilustrasi) Memakai helm dengan kaca visor bening - (Pixabay.com vaclavsobr)</span

Saat musim hujan sebaiknya menggunakan helm yang memiliki kaca visor bening, hal ini untuk membantu visibilitas saat berkendara.

Karena kaca visor yang cenderung gelap akan menyebabkan jarak pandang berkurang. Sebenarnya bisa saja kamu berkendara dengan menaikan kaca visor helm.

Namun saat kondisi hujan, air hujan dapat langsung mengenai area wajah bahkan cipratannya bisa mengganggu mata. Kondisi ini bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara.

Mempersiapkan diri sendiri sebelum mengemudikan kendaraan memang perlu, apalagi jika berkendara saat musim hujan seperti sekarang.

Kondisi badan yang kurang fit akan mempengaruhi konsentrasi saat berkendara nantinya dan meningkatkan resiko kecelakaan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Bola29 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Timnas Indonesia Menang Melawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.
Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi Memilih29 April 2024, 17:40 WIB

PKB, Demokrat dan PKS Sepakat Berkoalisi untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Deklarasi koalisi PKB, Demokrat dan PKS untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 ini rencananya digelar pada 4 Mei 2024 mendatang.
PKB, Demokrat dan PKS sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 April 2024, 17:30 WIB

6 Cara Berkelas Menghadapi Orang Licik Agar Tidak Diremehkan dan Direndahkan

Menghadapi orang licik harus dengan cara berkelas. Ini langkah supaya orang licik tidak sembarangan menipu daya demi keuntungannya sendiri.
Ilustrasi. Cara berkelas menghadapi orang licik. Sumber Foto : Pexels/Yan Krukau
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)