Ada di Sukabumi, Bengkel yang Satu Ini Bisa Bikin Mesin Motor hingga 4 Silinder!

Minggu 21 Februari 2021, 03:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menambah tenaga motor dengan cara bore up sudah biasa dilakukan. Tapi bengkel yang berada di Sukabumi ini memiliki teknik lain dalam memodifikasi kapasitas mesin, caranya menambah jumlah silinder motor. 

Terdengar ekstrim bukan? teknik itulah yang dilakukan di bengkel DYK Engine, Jalan Lingkar Selatan, Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya tidak jauh dari masjid Raudhathul Irfan.

Motor yang awalnya satu silinder, oleh bengkel ini dibuat menjadi multi silinder mulai dari dua, tiga, empat bahkan lima silinder!

Pemilik DYK Engine Faisal Akbar mengatakan, sudah 8 tahun melayani modifikasi tersebut. Motor yang biasa digarap DYK Engine yaitu sport, matik dan bebek. Baik yang injeksi atau karburator semua dilayani di bengkel tersebut. Tak hanya 4 tak, mesin 2 tak pun bisa dimodif di bengkel ini.

Untuk harga jasa modifikasi ini berbeda-beda tergantung jenis motor, permintaan jumlah silinder serta injeksi atau karburator. Harganya mulai dari Rp 7,5 juta hingga Rp 45 juta. 

Kemampuan bengkel dalam memodifikasi ini sudah dikenal hingga luar Sukabumi. Itu terlihat dari pesanan yang datang dari Bogor, Depok kemudian Jakarta hingga luar pulau Jawa. "Pesanan paling jauh dari Papua," kata Faisal kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (20/1/2021).

Bicara teknis, untuk konfigurasi mesin yang dikerjakan di bengkel ini kebanyakan inline sejajar yang memiliki suara yang khas. Konfigurasi ini lebih banyak dipilih sebab pertimbangan daya tahan mesin hingga tenaga.

"Untuk waktu yang dibutuhkan, dua silinder satu bulan, kalau tiga sampai empat silinder 3 bulan," jelas pria berusia 28 tahun ini.

Menurut dia, motor yang dimodifikasi di bengkel ini digunakan untuk harian bahkan touring dan tak ada masalah apapun. Sebab sebelum diserahkan ke konsumen, motor menjalani serangkai pengetesan dan DYK Engine memberi garansi selama enam bulan.

"Untuk garansi saya kasih 6 bulan. Kalau ada kendala dari mesin yang [kategori] berat, [mesin] dikirim kembali [ke bengkel]. Ongkos kirim ditanggung sama saya. Itu [untuk masalah] yang fatal-fatal banget," ujar Faisal.

Faisal menyatakan pekerjaan modifikasi di bengkelnya dilakukan dengan hati-hati untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Maka sejauh ini tak ada konsumen yang mengalami permasalah fatal pada mesin racikan bengkelnya. "Permasalah di mesin Alhamdulillah tidak ada," kata Faisal.

Faisal selalu mengingatkan kepada konsumennya agar memperhatikan penggantian oli mengingat jumlah silinder yang tak standar lagi. Apabila motor itu berada di luar Sukabumi dan perlu diservis maka dari DYK Engine akan mengarahkan mekanik yang melakukan servis diluar daerah itu.

Tak hanya membuat mesin motor menjadi multi silinder, bengkel ini juga bisa memodifikasi mesin mobil untuk motor. Penasaran harganya?

"Rp 50 juta tahu beres," tegas Faisal.

Berawal dari Hobi

Berbekal ilmu  yang ia dapatkan saat sekolah dan kesenangannya dalam dunia otomotif, Faisal ingin membuat sesuatu yang berbeda. Warga Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi ini pun mencoba membuat sesuatu yang orang lain tidak buat. Ilmu dari sekolah itu dikolaborasi dengan pengalaman dan ilmu yang ia pelajari secara otodidak. 

Faisal pertama kali bereksperimen dengan membuat motor Supra Fit miliknya menjadi dua silinder. Selanjutnya merambah ke Yamaha Scorpio yang dibuat jadi dua silinder sehingga kapasitas mesinnya menjadi 450 cc dari mesin standar satu silinder yang awalnya berkapasitas 225 cc.

photoMekanik DYK Engine Sukabumi, bengkel ini spesialis tambah silinder motor (Andri Somantri)

Dari kesuksesan dua motor eksperimennya itu, Faisal percaya diri membuka usaha bengkelnya. Dalam melayani orderan dari konsumen, Faisal dibantu beberapa orang pegawainya. Adapun bengkel DYK Engine, Jalan Lingkar Selatan, Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi buka baru 2 tahun, sebelumnya bengkel dilakukan di Warudoyong Kota Sukabumi.

Minat menaikan tenaga motor dengan menambah jumlah silinder? Bisa tanya langsung ke nomor 0812-9771-8285. DYK Engine juga aktif memposting hasil kerjanya di Instagram, Facebook dan Youtube.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)