Ini yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Pengendara Harus Tahu Nih!

Kamis 23 November 2023, 14:00 WIB
Memanaskan motor akan memberikan waktu bagi oli mesin untuk melumasi komponen-komponen mesin dan memastikan mesin siap untuk digunakan. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)

Memanaskan motor akan memberikan waktu bagi oli mesin untuk melumasi komponen-komponen mesin dan memastikan mesin siap untuk digunakan. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)

SUKABUMIUPDATE.com -Memanaskan motor sebelum digunakan merupakan praktik umum yang dilakukan oleh banyak pemilik kendaraan roda dua. Tujuannya adalah untuk memastikan oli mesin melumasi semua komponen internal secara merata sebelum mesin bekerja di bawah beban.

Namun, tidak jarang orang yang mengabaikan langkah ini karena alasan kesibukan atau menganggapnya tidak perlu. Hal ini bisa disebut sering terjadi dikalangan masyarakat yang jarang memanaskan motornya.

Ada beberapa akibat yang bisa terjadi apabila motor jarang dipanaskan. Berikut adalah beberapa kemungkinan di antaranya:

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kepribadian, Kamu Salah Satunya?

1. Performa Mesin Menurun

Ketika mesin motor tidak dipanaskan secara rutin, oli mesin menjadi dingin dan mengental, sehingga tidak dapat melumasi komponen mesin secara efektif. Akibatnya, gesekan antar komponen mesin meningkat, menyebabkan keausan yang lebih cepat dan penurunan performa mesin.

2. Akselerasi Tersendat

Akibat dari gesekan yang meningkat, mesin motor mungkin mengalami akselerasi yang tersendat atau tidak responsif. Hal ini terjadi karena oli yang mengental tidak dapat mengalir dengan lancar ke seluruh bagian mesin, sehingga menyebabkan beberapa komponen mesin mengalami kekurangan pelumasan.

3. Peningkatan Konsumsi Bahan Bakar

Ketika mesin motor tidak dipanaskan dengan benar, mesin bekerja lebih keras untuk mencapai suhu operasi yang optimal. Hal ini mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang lebih boros karena mesin membutuhkan lebih banyak tenaga untuk menghasilkan tenaga yang sama.

Baca Juga: Sikapnya Baik Tapi Aslinya Tidak Suka dengan Kita, Beginilah 8 Ciri Orangnya

4. Emisi Gas Buang Lebih Tinggi

Akibat dari pembakaran yang tidak sempurna akibat mesin yang dingin, emisi gas buang yang dihasilkan oleh motor menjadi lebih tinggi. Hal ini dapat berkontribusi pada polusi udara dan kerusakan lingkungan.

5. Risiko Kerusakan Mesin Meningkat

Dalam jangka panjang, jarang memanaskan motor dapat meningkatkan risiko kerusakan mesin yang serius. Gesekan yang berlebihan dan pelumasan yang tidak memadai dapat menyebabkan keausan yang parah pada komponen mesin, seperti piston, ring piston, dan bantalan poros.

6. Aki Cepat Soak

Aki adalah salah satu komponen penting dalam motor yang berfungsi untuk menyimpan listrik. Apabila motor jarang dipanaskan, maka aki akan cepat soak karena tidak mendapatkan arus listrik yang cukup untuk mengisi ulang dayanya.

Baca Juga: Gampang Dikenali! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Bersikap Baik

7. Oli Mesin Menjadi Mengental

Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin agar tidak terjadi gesekan yang berlebihan. Apabila motor jarang dipanaskan, maka oli mesin akan menjadi mengental karena suhu mesin yang dingin. Oli mesin yang mengental akan membuat performa mesin menjadi menurun dan bisa menyebabkan kerusakan mesin.

8. Silinder dan Piston Menjadi Baret

Silinder dan piston adalah dua komponen penting dalam mesin yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga. Apabila motor jarang dipanaskan, maka silinder dan piston bisa menjadi baret karena kurangnya pelumasan dari oli mesin. Baret pada silinder dan piston bisa menyebabkan kebocoran kompresi dan penurunan performa mesin.

9. Karburator Cepat Kotor

Karburator adalah komponen dalam mesin yang berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar. Apabila motor jarang dipanaskan, maka karburator bisa cepat kotor karena kurangnya aliran udara. Karburator yang kotor bisa menyebabkan mesin menjadi brebet dan boros bahan bakar.

Baca Juga: 11 Tipe Pria yang Pantas Diperjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

10. Resiko Kerusakan Mesin Meningkat

Jika motor dipaksa bekerja dalam kondisi oli yang kental dan tanpa pemanasan yang cukup, resiko kerusakan mesin akan meningkat. Keausan yang berlebihan pada komponen internal dapat menyebabkan masalah seperti kebocoran oli, penurunan kompresi mesin, dan bahkan kerusakan fatal pada mesin.

Oleh karena itu, penting untuk memanaskan motor secara rutin sebelum digunakan. Memanaskan motor selama beberapa menit memungkinkan oli mesin mencapai suhu yang optimal, sehingga dapat melumasi komponen mesin secara efektif dan mencegah keausan yang berlebihan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On
Life28 April 2024, 20:00 WIB

Jangan Diremehkan, Ini 6 Dampak Buruk Jika Sering Meneriaki Anak!

Berteriak memang sering terjadi, namun para ahli berbagi alasan mengapa hal tersebut tidak menghasilkan perilaku yang Anda inginkan dan bagaimana Anda dapat bereaksi.
Ilustrasi. Dampak buruk meneriaki anak. Sumber : Freepik/@8photo
Science28 April 2024, 19:56 WIB

Bukan Megathrust, Ini Fakta-fakta Gempa M6,2 di Laut Garut Menurut BMKG

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menghimpun sembilan fakta gempa yang berpusat di Samudra Hindia tersebut.
Episenter gempa kuat di laut Garut. (Sumber : BMKG)
Life28 April 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mendisiplinkan Anak Balita, Salah Satunya Perkenalkan Konsekuensi

Kunci untuk menjadikan anak disiplin efektif adalah konsistensi dan tindak lanjut dengan konsekuensi yang sesuai dengan usia jika mereka melanggar aturan.
Ilustrasi. Bermain. Ketahui cara mendisiplinkan anak balita. Sumber : Freepik/@jcomp