11 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kepribadian, Kamu Salah Satunya?

Sabtu 18 November 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi - Gangguan kepribadian adalah pola pola berpikir, merasakan, dan berperilaku yang tidak fleksibel dan tidak adaptif.. (Sumber : Unsplash.com/@Elijah Hiett).

Ilustrasi - Gangguan kepribadian adalah pola pola berpikir, merasakan, dan berperilaku yang tidak fleksibel dan tidak adaptif.. (Sumber : Unsplash.com/@Elijah Hiett).

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan kepribadian adalah kondisi mental yang ditandai dengan pola berpikir, merasakan, dan berperilaku yang kaku dan tidak adaptif. Pola-pola ini biasanya mulai terlihat pada masa kanak-kanak atau remaja dan bertahan hingga dewasa.

Ciri-ciri gangguan kepribadian dapat bervariasi tergantung pada jenis gangguannya. Gangguan kepribadian dapat berdampak negatif pada kehidupan seseorang dalam berbagai aspek, termasuk hubungan, pekerjaan, dan pendidikan.

Mengutip via hallosehat, gangguan kepribadian merupakan istilah untuk penyakit mental yang dimana cara berpikir, memahami situasi dan hubungan dengan orang lain tidak berjalan baik.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Kamu Mengalaminya Juga?

Berikut ini ada adalah ciri-ciri seseorang mengalami gangguan kepribadian yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Perubahan Pola Perilaku

Seseorang dengan gangguan kepribadian cenderung menunjukkan pola perilaku, perasaan, dan pikiran yang berbeda dari kebanyakan orang dan mungkin tidak berubah seiring waktu atau situasi.

2. Kesulitan Beradaptasi

Individu dengan gangguan kepribadian mungkin mengalami kesulitan dalam memahami, mengekspresikan, atau menanggapi emosi dan perasaan mereka serta orang lain di sekitar mereka.

Baca Juga: 8 Ciri Anak Stres dan Depresi Karena Sering Dimarahi Orang Tua

3. Perasaan dan Emosi yang Tidak Stabil

Gangguan kepribadian dapat menyebabkan perubahan cepat dalam suasana hati dan emosi yang intens dan sulit untuk dikendalikan.

4. Tidak Senang Melihat Orang Lain Lebih Baik

Dalam beberapa kasus, orang mengalami gangguan kepribadian ia tidak suka jika orang lain lebih baik darinya. Seperti bahwa dirinya harus lebih populer, lebih hebat, pintar dari orang lain.

5. Selalu Ingin Menang

Keinginan untuk menang dan ketidaknyamanan terhadap kritik bisa menjadi tanda-tanda gangguan kepribadian. Seseorang yang cenderung ingin menang dan menghindari kritik mungkin memiliki standar yang sangat tinggi untuk diri sendiri dan takut gagal atau melakukan kesalahan.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meskipun Bersikap Baik Padamu

Orang yang ingin selalu menang dan takut pada kritik mungkin mengalami kecemasan sosial atau ketidaknyamanan dalam situasi sosial.

6. Ingin Diperlakukan Secara Khusus

Beberapa orang memiliki karakteristik kepribadian tertentu yang membuat mereka lebih suka mendapatkan perhatian atau perlakuan khusus. Misalnya, ada yang memiliki karakter ekstrovert atau narsistik yang cenderung menarik perhatian dan suka dipuji.

7. Menjatuhkan orang Lain

Seseorang dengan gangguan kepribadian akan merasa rendah diri atau tidak aman dengan diri sendiri mungkin mencoba untuk merasa lebih baik dengan menjatuhkan orang lain untuk merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.

Baca Juga: Iri dan Tidak Suka dengan Kita? Beginilah 10 Ciri-ciri Orangnya

Perasaan cemburu atau dendam terhadap seseorang dapat memotivasi seseorang untuk mencoba merusak reputasi orang tersebut sebagai bentuk balas dendam.

8. Ketidakstabilan Hubungan Interpersonal

Orang dengan gangguan kepribadian sering mengalami kesulitan dalam mempertahankan hubungan yang stabil dan sehat. Mereka mungkin cenderung memiliki hubungan yang intens, mudah marah, atau mudah kecewa.

9. Perubahan Emosi yang Drastis

Gangguan kepribadian sering dikaitkan dengan fluktuasi emosi yang ekstrem. Seseorang mungkin mengalami perasaan marah, cemas, depresi, atau kehampaan yang mendalam.

Baca Juga: 7 Ciri Anak yang Stres Karena Memiliki Luka Batin, Yuk Kenali Bunda

10. Impulsivitas

Kebiasaan bertindak tanpa memikirkan konsekuensinya adalah ciri umum dalam banyak jenis gangguan kepribadian. Ini dapat mencakup tindakan seperti pengeluaran uang yang berlebihan, perilaku seksual yang tidak aman, atau konsumsi zat-zat terlarang.

11. Ketidakstabilan Identitas

Beberapa gangguan kepribadian, seperti gangguan kepribadian borderline, seringkali dikaitkan dengan ketidakstabilan identitas. Seseorang mungkin kesulitan dalam memahami siapa mereka sebenarnya dan sering mencari identitas mereka dalam hubungan atau perilaku yang merusak.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram