11 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kepribadian, Kamu Salah Satunya?

Sabtu 18 November 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi - Gangguan kepribadian adalah pola pola berpikir, merasakan, dan berperilaku yang tidak fleksibel dan tidak adaptif.. (Sumber : Unsplash.com/@Elijah Hiett).

Ilustrasi - Gangguan kepribadian adalah pola pola berpikir, merasakan, dan berperilaku yang tidak fleksibel dan tidak adaptif.. (Sumber : Unsplash.com/@Elijah Hiett).

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan kepribadian adalah kondisi mental yang ditandai dengan pola berpikir, merasakan, dan berperilaku yang kaku dan tidak adaptif. Pola-pola ini biasanya mulai terlihat pada masa kanak-kanak atau remaja dan bertahan hingga dewasa.

Ciri-ciri gangguan kepribadian dapat bervariasi tergantung pada jenis gangguannya. Gangguan kepribadian dapat berdampak negatif pada kehidupan seseorang dalam berbagai aspek, termasuk hubungan, pekerjaan, dan pendidikan.

Mengutip via hallosehat, gangguan kepribadian merupakan istilah untuk penyakit mental yang dimana cara berpikir, memahami situasi dan hubungan dengan orang lain tidak berjalan baik.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Kamu Mengalaminya Juga?

Berikut ini ada adalah ciri-ciri seseorang mengalami gangguan kepribadian yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Perubahan Pola Perilaku

Seseorang dengan gangguan kepribadian cenderung menunjukkan pola perilaku, perasaan, dan pikiran yang berbeda dari kebanyakan orang dan mungkin tidak berubah seiring waktu atau situasi.

2. Kesulitan Beradaptasi

Individu dengan gangguan kepribadian mungkin mengalami kesulitan dalam memahami, mengekspresikan, atau menanggapi emosi dan perasaan mereka serta orang lain di sekitar mereka.

Baca Juga: 8 Ciri Anak Stres dan Depresi Karena Sering Dimarahi Orang Tua

3. Perasaan dan Emosi yang Tidak Stabil

Gangguan kepribadian dapat menyebabkan perubahan cepat dalam suasana hati dan emosi yang intens dan sulit untuk dikendalikan.

4. Tidak Senang Melihat Orang Lain Lebih Baik

Dalam beberapa kasus, orang mengalami gangguan kepribadian ia tidak suka jika orang lain lebih baik darinya. Seperti bahwa dirinya harus lebih populer, lebih hebat, pintar dari orang lain.

5. Selalu Ingin Menang

Keinginan untuk menang dan ketidaknyamanan terhadap kritik bisa menjadi tanda-tanda gangguan kepribadian. Seseorang yang cenderung ingin menang dan menghindari kritik mungkin memiliki standar yang sangat tinggi untuk diri sendiri dan takut gagal atau melakukan kesalahan.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meskipun Bersikap Baik Padamu

Orang yang ingin selalu menang dan takut pada kritik mungkin mengalami kecemasan sosial atau ketidaknyamanan dalam situasi sosial.

6. Ingin Diperlakukan Secara Khusus

Beberapa orang memiliki karakteristik kepribadian tertentu yang membuat mereka lebih suka mendapatkan perhatian atau perlakuan khusus. Misalnya, ada yang memiliki karakter ekstrovert atau narsistik yang cenderung menarik perhatian dan suka dipuji.

7. Menjatuhkan orang Lain

Seseorang dengan gangguan kepribadian akan merasa rendah diri atau tidak aman dengan diri sendiri mungkin mencoba untuk merasa lebih baik dengan menjatuhkan orang lain untuk merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.

Baca Juga: Iri dan Tidak Suka dengan Kita? Beginilah 10 Ciri-ciri Orangnya

Perasaan cemburu atau dendam terhadap seseorang dapat memotivasi seseorang untuk mencoba merusak reputasi orang tersebut sebagai bentuk balas dendam.

8. Ketidakstabilan Hubungan Interpersonal

Orang dengan gangguan kepribadian sering mengalami kesulitan dalam mempertahankan hubungan yang stabil dan sehat. Mereka mungkin cenderung memiliki hubungan yang intens, mudah marah, atau mudah kecewa.

9. Perubahan Emosi yang Drastis

Gangguan kepribadian sering dikaitkan dengan fluktuasi emosi yang ekstrem. Seseorang mungkin mengalami perasaan marah, cemas, depresi, atau kehampaan yang mendalam.

Baca Juga: 7 Ciri Anak yang Stres Karena Memiliki Luka Batin, Yuk Kenali Bunda

10. Impulsivitas

Kebiasaan bertindak tanpa memikirkan konsekuensinya adalah ciri umum dalam banyak jenis gangguan kepribadian. Ini dapat mencakup tindakan seperti pengeluaran uang yang berlebihan, perilaku seksual yang tidak aman, atau konsumsi zat-zat terlarang.

11. Ketidakstabilan Identitas

Beberapa gangguan kepribadian, seperti gangguan kepribadian borderline, seringkali dikaitkan dengan ketidakstabilan identitas. Seseorang mungkin kesulitan dalam memahami siapa mereka sebenarnya dan sering mencari identitas mereka dalam hubungan atau perilaku yang merusak.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Mei 2024, 20:15 WIB

Sakit Asam Urat? Obati dengan 6 Bahan Alami Ini Lengkap dengan Cara Menggunakannya

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi proaktif, suatu kondisi yang menyerang persendian.
Ilustrasi Minyak Nabati- Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi proaktif, suatu kondisi yang menyerang persendian. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Fashion20 Mei 2024, 20:00 WIB

Cantik dan Menutup Aurat, 10 Standar Fashion Kekinian yang Cocok untuk Hijabers

Dengan mengikuti standar fashion kekinian, hijabers dapat tampil modis, nyaman, menutup aurat dan tetap cantik sesuai dengan nilai-nilai kesopanan yang dipegang.
Ilustrasi. Cantik dan Menutup Aurat, Standar Fashion Kekinian yang Cocok untuk Hijabers (Sumber : Pexels.com/BaTik)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 19:45 WIB

Daftar ke PPP, Deden Deni Berpeluang Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin secara resmi mendaftarkan diri ke Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) untuk maju di Pilkada Kabupaten Sukabumi, Senin (20/5/2024).
Deden Deni Wahyudin (Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi mendaftar calon bupati / wakil bupati di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat20 Mei 2024, 19:30 WIB

Cegah Penyakit Gula Darah, 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)
Life20 Mei 2024, 19:00 WIB

8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)