9 Cara Merawat Motor Jika Tinggal Dekat Pantai agar Tidak Mudah Korosi

Kamis 31 Agustus 2023, 15:30 WIB
9 Cara Merawat Motor Jika Tinggal Dekat Pantai agar Tidak Mudah Korosi | Foto: Unplash/Amanda Phung

9 Cara Merawat Motor Jika Tinggal Dekat Pantai agar Tidak Mudah Korosi | Foto: Unplash/Amanda Phung

SUKABUMIUPDATE.com - Merawat motor untuk yang tinggal dekat pantai memerlukan perhatian khusus. Pasalnya, udara yang kaya akan garam dan kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan korosi dan kerusakan lebih cepat pada kendaraan.

Rajin mencuci motor saja tidak cukup untuk menjaga kendaraan tetap awet dalam kondisi baik. Karena itu, berikut beberapa cara untuk merawat motor jika tinggal dekat pantai seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bilas Secara Rutin

Setelah berkendara di sekitar pantai atau jika sepeda motor Anda terkena angin laut, segera bilas sepeda motor Anda dengan air tawar. Bilas semua bagian, termasuk mesin, rangka, roda, dan komponen lainnya. Ini membantu menghilangkan garam dan pasir yang dapat merusak.

Baca Juga: Diterpa Isu Rangka Mudah Patah, Bagaimana Penjualan Motor Honda di Sukabumi?

2. Keringkan dengan Baik

Pastikan untuk mengeringkan sepeda motor secara menyeluruh setelah mencucinya menjadi salah satu hal penting dalam merawat motor jika tinggal dekat pantai. Kelembaban yang tertinggal bisa menyebabkan korosi. Gunakan kain microfiber atau kompresor udara untuk membantu proses pengeringan.

3. Gunakan Pelumas

Terutama pada bagian-bagian yang rentan terhadap korosi seperti rantai, kabel, dan bagian logam lainnya, gunakan pelumas yang sesuai untuk melindungi mereka dari efek garam.

4. Rutin lakukan pengecekan

Lakukan pemeriksaan rutin pada sepeda motor Anda untuk memastikan tidak ada tanda-tanda korosi atau kerusakan. Periksa terutama pada bagian-bagian yang terpapar secara langsung dengan garam.

5. Lindungi Cat

Memiliki lapisan pelindung pada cat sepeda motor Anda adalah ide baik. Ini bisa berupa wax atau pelapis khusus yang dapat mengurangi risiko korosi pada permukaan cat.

Baca Juga: 7 Komponen Sepeda Motor yang Perlu Dilumasi Agar Berfungsi Baik

6. Simpan di Tempat yang Aman

Cara merawat motor jika tinggal dekat pantai tidak terlepas dari cara penyimpanan kendaraan. Cobalah untuk menyimpan sepeda motor di tempat yang terlindungi dari angin laut dan garam. Jika Anda tidak memiliki garasi, pertimbangkan untuk menggunakan penutup sepeda motor yang tahan air dan anti-UV.

7. Servis Berkala

Jangan lupakan servis berkala oleh mekanik yang terampil. Mereka dapat memeriksa sepeda motor Anda secara menyeluruh dan mengidentifikasi masalah sebelum mereka berkembang menjadi masalah serius.

8. Hindari Parkir di Dekat Pantai

Jika memungkinkan, hindari memarkir sepeda motor Anda di dekat pantai atau tempat yang terpapar langsung dengan angin laut dan garam.

Baca Juga: Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Rangka eSAF Motor Honda yang Sedang Viral

9. Gunakan Cover

Selain penutup untuk penyimpanan jangka panjang, Anda juga bisa menggunakan penutup sepeda motor saat tidak digunakan, terutama jika sepeda motor Anda sering terpapar cuaca pantai.

Itulah beberapa cara merawat motor jika tinggal dekat pantai yang bisa dilakukan. Dengan merawat sepeda motor Anda dengan baik dan secara rutin, Anda dapat memperpanjang umur sepeda motor Anda dan menghindari kerusakan yang disebabkan oleh kondisi lingkungan di pantai.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi22 Mei 2024, 16:00 WIB

Bangun Personal Branding, 11 Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate

Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate: Sesuaikan Surat Lamaran: Tulis surat lamaran yang disesuaikan untuk setiap posisi. Jelaskan mengapa Anda tertarik pada perusahaan dan bagaimana keterampilan Anda cocok untuk pekerjaan itu.
Ilustrasi. Menganggur, Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate (Sumber : Pexels/TimGouw)
Nasional22 Mei 2024, 15:30 WIB

Inilah Daftar Pasal Kontroversial RUU Penyiaran yang Diprotes Jurnalis Sukabumi

Sejumlah pasal dalam draf Revisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran atau RUU Penyiaran menuai polemik.
Aksi para jurnalis Sukabumi menolak RUU Penyiaran di depan Gedung DPRD Kota Sukabumi, Rabu (22/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Keuangan22 Mei 2024, 15:03 WIB

Sinergi BJBS KCP Palabuhanratu, MKKS dan LW Doa Bangsa dalam Penguatan Ekonomi Syariah

Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu menginisiasi pertemuan dengan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Rayon Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Selasa (21/5/2024).
Pertemuan dan silaturahmi BJBS KCP Palabuhanratu, MKKS dan LW Doa Bangsa membahas Penguatan Ekonomi Syariah | Foto : Ist
Sukabumi22 Mei 2024, 15:02 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran, Jurnalis Sukabumi Paparkan Pasal Bermasalah di Depan DPRD

Para orator menegaskan revisi UU Penyiaran akan mempersempit ruang gerak jurnalis.
Aksi unjuk rasa jurnalis menolak revisi UU Penyiaran saat menuju depan gedung DPRD Kota Sukabumi di Jalan Ir H Juanda, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Inspirasi22 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Chef & Lifeguard, dengan Penempatan di Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Chef & Lifeguard, dengan Penempatan di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life22 Mei 2024, 14:45 WIB

6 Pantai Angker yang Punya Cerita Mistis di Indonesia, Salah Satunya di Sukabumi

Indonesia selain memiliki keindahan alamnya, tetapi juga mempunyai cerita mistis dibaliknya yang terletak di daerah pantai. Bahkan sejarah dari pantai tersebut memiliki keangkeran cukup seram
Ilustrasi Pantai angker yang punya cerita mistis di Indonesia (Sumber : Pexels.com/@arnaudaudoin)
Jawa Barat22 Mei 2024, 14:42 WIB

Jadi Kuli Bangunan di Bandung? Foto Pegi Alias Perong DPO Kasus Vina Cirebon Beredar

Bersama 2 lainnya, Perong menjadi DPO selama 8 tahun, setelah dinyatakan kabur pasca pembunuhan dan pemerkosaan vina serta kekasihnya Eki pada 2016.
Foto pria yang disebut sebagai Pegi alias perong beredar pasca penangkapan di Bandung (Sumber: istimewa)
Sehat22 Mei 2024, 14:30 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Asam Urat yang Normal? Simak Penjelasannya Disini

Kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia) mungkin disebabkan oleh peningkatan produksi atau penurunan pembersihan asam urat dari dalam tubuh.
Ilustrasi - Kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia) mungkin disebabkan oleh peningkatan produksi atau penurunan pembersihan asam urat dari dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Keuangan22 Mei 2024, 14:19 WIB

Paling Banyak Lulusan Sekolah Ini, Menaker Soal 9,9 Juta Anak Muda Nganggur

Menaker Ida menyebut salah satu penyebab tingginya angka pengangguran karena ketidakcocokan antara keterampilan yang dimiliki lulusan dengan kebutuhan industri pasar tenaga kerja
Ilustrasi perayaan kelulusan sekolah. BPS catat 9,9 juta anak muda indonesia nganggur (Sumber: istimewa)
Life22 Mei 2024, 14:15 WIB

5 Hantu Terseram di Pulau Sumatera, Ada yang Suka Jahil dan Habisi Nyawa Manusia

Sumatera dikenal memiliki beberapa cerita hantu yang kerap mengganggu penduduk setempat. Cerita mistis tersebut sampai saat ini masih dipercaya oleh mereka sebagai mitologi
Ilustrasi hantu menyeramkan yang ada di pulau Sumatera (Sumber : Pexels.com/@Charlesparker)