10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Sabtu 15 Juni 2024, 12:30 WIB
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)

Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang tua dari anak-anak berbakat sering kali terkejut dan kecewa ketika mereka kurang berprestasi di sekolah.

Ketidakmampuan belajar pada anak-anak berbakat terkadang dapat menyebabkan rendahnya prestasi, namun sebenarnya bisa saja hal tersebut hanya disebabkan oleh kurangnya motivasi dari kedua orang tua.

Karena memotivasi beberapa anak berbakat bisa jadi sulit bagi beberapa orang tua, dan tampaknya tidak ada imbalan maupun hukuman yang berhasil, terutama bagi anak-anak yang memiliki motivasi intrinsik.

Mengutip dari laman verywellfamily, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk memotivasi anak-anak mereka yang berbakat:

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

1. Peliharalah Minat Mereka

Untuk memupuk minat anak, berikan kesempatan padanya belajar dan mengeksplorasi minat tersebut. Seperti contoh, kalau anak-anak menyukai dinosaurus, bisa berikan buku tentang fakta dan fiksi mengenai dinosaurus. Bahkan lebih bagus dapat kunjungi museum sejarah alam.

Jika anak menyukai musik, dapatkan alat musik mainan atau asli dan pertimbangkan untuk memberikan pelajaran musik, berupa les atau guru privat musik.

2. Paparkan Anak pada Ide dan Area Baru

Terkadang seorang anak kurang motivasi karena dia belum mengenal apa yang mungkin menjadi passion hidupnya.

Seorang anak yang passion sejatinya adalah musik, tetapi belum pernah berkesempatan untuk mendalaminya tidak akan mampu membuka passion tersebut. Carilah program komunitas, bukan hanya program sekolah.

3. Gunakan Tujuan dan Imbalan Jangka Pendek

Terkadang seorang anak kewalahan dengan tugas yang besar. Bukan berarti tugas tersebut sulit, namun anak tersebut mungkin tidak dapat menyesuaikan dengan baik. Jadi daripada memulai tugas, seorang anak akan menyerah bahkan sebelum dia memulai.

Bantu mereka melihat tugas sebagai serangkaian sesuatu yang lebih kecil. Jadikan setiap tugas kecil sebagai tujuan hidupnya agar lebih baik dan cobalah menetapkan hadiah untuk tujuan tersebut.

Baca Juga: 11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna

4. Bantu Anak Belajar Mengatur Waktu

Ketika mereka mulai bersekolah, anak-anak berbakat biasanya mempunyai sedikit masalah dalam menyelesaikan pekerjaan. Mereka belajar dengan cepat dan mudah, tapi bingung dalam membuatnya selesai.

Meskipun kedengarannya seperti keuntungan nyata, tetapi hal ini dapat menimbulkan masalah. Anak-anak ini mungkin tidak pernah belajar mengatur waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Maka dari itu, ajari mereka cara membuat dan menggunakan jadwal mengatur waktu.

5. Bantu Anak Mengambil Kendali

Orang yang berbakat dan kurang berprestasi terkadang melihat pencapaian sebagai sesuatu di luar kendali mereka.

Jika berhasil, itu karena keberuntungan atau faktor eksternal lainnya. Sikap ini membuat mereka merasa usahanya sia-sia.

Memuji upaya mereka dapat membantu, namun anak-anak ini juga perlu memahami peran dan tanggung jawab pribadi dalam kesuksesan.

6. Pujilah Usaha Anak Anda

Anak-anak berbakat terkadang kesulitan menghubungkan antara urusan pribadi dengan prestasi. Banyak dari apa yang dilakukan dan dipelajari dapat mereka peroleh dengan mudah, sehingga bisa mencapainya dengan sedikit usaha.

Untuk membantu seorang anak sukses, pujilah usahanya agar bisa mencapai kesuksesan dan jadikan pujian itu secara spesifik dalam mendukung usaha mereka.

Baca Juga: 11 Cara Ampuh Mengelola dan Mencegah Lonjakan Gula Darah, Bebas Diabetes!

7. Pertahankan Sikap Positif Tentang Sekolah

Anak-anak perlu melihat bahwa orang tuanya menghargai pendidikan. Sekalipun permasalahan anak di sekolah adalah kesalahan pihak sekolah atau guru, namun Anda perlu berhati-hati dalam mengucapkannya.

Sikap negatif terhadap sekolah pada umumnya akan menular pada anak. Jika sekolah merupakan sebuah masalah, orang tua bisa menunjukkan bahwa meskipun masalah dapat terjadi, tapi pendidikan tetap berharga dan usaha pada akhirnya akan membawa kesuksesan.

8. Bantu Anak Menghubungkan Antara Tugas Sekolah dan Minatnya

Terkadang anak-anak kurang motivasi karena tidak melihat hubungan antara pekerjaan yang diminta dengan tujuan serta minat mereka. Sebagai contoh, seorang anak yang ingin menjadi astronot harus mengetahui bahwa matematika dan sains penting dalam pekerjaan tersebut.

Sedikit riset mungkin diperlukan untuk menemukan persyaratan dari berbagai pekerjaan. Namun, anak-anak berbakat yang tidak memiliki motivasi umumnya tidak fokus pada apa pun kecuali saat ini, bahkan dua minggu kedepan sulit dibayangkan oleh sebagian dari mereka.

9. Ubah Pekerjaan Rumah Menjadi Permainan Kreatif

Anak-anak berbakat menyukai tantangan, jadi dengan mengubah pekerjaan rumah yang membosankan menjadi permainan cukup menantang dan seru, dapat membuat mereka mengerjakannya.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

10. Motivasi Tidak Selalu Tentang Prestasi Sekolah

Orang tua sering menyamakan motivasi dengan prestasi sekolah. Namun, penting dicatat bahwa beberapa anak sangat termotivasi untuk mencapai tujuan, tetapi tujuan tersebut tidak ada hubungannya dengan sekolah.

Misalnya, seorang remaja berbakat, mungkin lebih tertarik untuk membuat program komunitas sukarelawan bagi orang lanjut usia atau masyarakat kurang mampu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Kang Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Kecantikan22 Juli 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Skin Tone? Cek Jenis, Cara Menentukan & Contoh Warnanya Agar Lebih PD!

Memahami skin tone penting dalam berbagai konteks, seperti memilih makeup, pakaian, dan aksesori yang paling sesuai.
Ilustrasi. Skin tone bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap, dan memiliki berbagai macam undertone yang berpengaruh pada bagaimana warna terlihat pada kulit. (Sumber : Pexels/Monstera Production)
Life22 Juli 2024, 20:30 WIB

6 Kebiasaan yang Selalu Dilakukan Orang Sukses Setiap Malam

Melakukan kebiasaan-kebiasaan ini setiap malam, orang sukses mampu menjaga keseimbangan hidup, meningkatkan produktivitas, dan meraih tujuan mereka dengan lebih efektif.
Ilustrasi - Kebiasaan Orang Sukses di Malam Hari yang Dapat Kamu Tiru. (Sumber : Freepik.com/@freepik)
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 20:21 WIB

Akhirnya, Gerindra dan PPP Sepakati Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Partai Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah bertemu dan menyepakati satu nama yang akan diusung sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Sukabumi
Jajaran DPC Gerindra dan DPC PPP bertemu untuk menyepakati pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi | Foto : Dok,Sukabumiupdate