5 Hantu Terseram di Pulau Sumatera, Ada yang Suka Jahil dan Habisi Nyawa Manusia

Rabu 22 Mei 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi hantu menyeramkan yang ada di pulau Sumatera (Sumber : Pexels.com/@Charlesparker)

Ilustrasi hantu menyeramkan yang ada di pulau Sumatera (Sumber : Pexels.com/@Charlesparker)

SUKABUMIUPDATE.com - Pulau Sumatera tidak hanya kaya dengan hasil buminya, tetapi juga penuh dengan segudang mistis yang tersimpan di dalamnya dan tetap dipercaya oleh penduduk setempat.

Terlebih dalam urusan hantu atau dedemit, penduduk Sumatera sangat lekat dengan sejumlah makhluk mitologi yang bikin merinding. Apalagi beberapa di antaranya memiliki cerita cukup seram dari orang-orang.

Dari ujung Aceh sampai Lampung, hingga saat ini masih ada saja kejadian-kejadian seseorang ditemukan tewas di tempat-tempat tertentu yang selalu dikaitkan dengan fenomena mistis.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menurunkan Gula Darah dengan Cepat Tanpa Obat-obatan

Banyak yang mengatakan bahwa fenomena mistis itu merupakan bentuk ulah dari hantu yang dipercaya sangat menyeramkan dan berdiam diri di tanah Sumatera.

Lantas apa saja hantu paling menyeramkan yang menjadi pembicaraan penduduk pulau Sumatera?Yuk simak ulasan berikut seperti merujuk dari berbagai sumber!

1. Antu Banyu

Antu Banyu adalah dedemit yang paling horor bagi penduduk wilayah Sumatera Selatan, lebih tepatnya yang tinggal di kawasan sekitar Sungai Musi.

Menurut penduduk setempat, Antu Banyu ini memiliki bentuk yang begitu menyeramkan dengan berambut panjang, memiliki tubuh kekar, serta berjenis kelamin wanita. Berdasarkan cerita rakyat, hantu ini biasanya akan muncul bersamaan dengan pusaran air saat sedang pasang.

2. Bakum Bili

Di ujung pulau Sumatera, yakni Aceh ada hantu yang bentuknya dipercaya menyerupai karpet merah dan bisa terbang di atas permukaan air serta sungai. Keangkeran dedemit ini sangat populer di kalangan masyarakat pesisir Aceh sana.

Menurut penduduk setempat, korban meninggal yang hanyut di pesisir sana akan menjadi tumbal dari roh-roh jahat tersebut. Konon, hantu tersebut takut dengan senjata.

Maka dari itu, penduduk setempat ketika mengevakuasi korban yang tewas terbawa arus di pesisir sana selalu membawa senjata untuk ditembakkan ketika melihat sesuatu aneh sekaligus menjaga diri dari Bakum Bili.

Baca Juga: Hilang dan Gak Kambuh Lagi, 10 Cara Alami Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

3. Begu Ganjang

Selain Antu Banyu, Sumatera Selatan juga dikenal dengan sosok hantu yang sering disebut Begu Ganjang oleh penduduk setempat. Sosok makhluk menyeramkan ini dipercaya memiliki fisik cukup besar, tinggi, dan berambut panjang sampai ke bahu.

Menurut cerita beberapa cerita, orang yang sampai melihat Begu Ganjang akan jatuh sakit atau bisa sampai meninggal. Konon, hantu ini kerap dijadikan media pesugihan untuk memperkaya tuannya.

Selain itu, hantu ini juga bisa dijadikan penjaga kebun dengan ketentuan harus mengorbankan nyawa sebagai tumbalnya.

4. Begu Ture

Di kalangan masyarakat Karo yang memiliki rumah tradisional panggung, Begu Ture adalah hantu dengan tingkah laku jahil ketika pemilik rumah sedang naik tangga. Makhluk satu ini dipercaya sengaja mengganggu kaki orang yang menaiki tangga agar jatuh sampai meninggal.

Menurut beberapa cerita, orang yang melihat Begu Ture akan bertemu dengan kuntilanak dan bisa dengan jelas mendengar suara tawa ejekan mistis.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

5. Homang

Di kawasan Hutan daerah Tapanuli, Sumatera Utara, ada hantu bernama Homang yang tergolong berbeda atau agak lain. Karena makhluk menyeramkan satu ini dipercaya bisa menyerupai fisik manusia.

Konon, hantu ini akan mengganggu orang yang sedang berada di tengah-tengah hutan sana agar tersesat sampai tidak bisa kembali pulang.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay