5 Hantu Terseram di Pulau Sumatera, Ada yang Suka Jahil dan Habisi Nyawa Manusia

Rabu 22 Mei 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi hantu menyeramkan yang ada di pulau Sumatera (Sumber : Pexels.com/@Charlesparker)

Ilustrasi hantu menyeramkan yang ada di pulau Sumatera (Sumber : Pexels.com/@Charlesparker)

SUKABUMIUPDATE.com - Pulau Sumatera tidak hanya kaya dengan hasil buminya, tetapi juga penuh dengan segudang mistis yang tersimpan di dalamnya dan tetap dipercaya oleh penduduk setempat.

Terlebih dalam urusan hantu atau dedemit, penduduk Sumatera sangat lekat dengan sejumlah makhluk mitologi yang bikin merinding. Apalagi beberapa di antaranya memiliki cerita cukup seram dari orang-orang.

Dari ujung Aceh sampai Lampung, hingga saat ini masih ada saja kejadian-kejadian seseorang ditemukan tewas di tempat-tempat tertentu yang selalu dikaitkan dengan fenomena mistis.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menurunkan Gula Darah dengan Cepat Tanpa Obat-obatan

Banyak yang mengatakan bahwa fenomena mistis itu merupakan bentuk ulah dari hantu yang dipercaya sangat menyeramkan dan berdiam diri di tanah Sumatera.

Lantas apa saja hantu paling menyeramkan yang menjadi pembicaraan penduduk pulau Sumatera?Yuk simak ulasan berikut seperti merujuk dari berbagai sumber!

1. Antu Banyu

Antu Banyu adalah dedemit yang paling horor bagi penduduk wilayah Sumatera Selatan, lebih tepatnya yang tinggal di kawasan sekitar Sungai Musi.

Menurut penduduk setempat, Antu Banyu ini memiliki bentuk yang begitu menyeramkan dengan berambut panjang, memiliki tubuh kekar, serta berjenis kelamin wanita. Berdasarkan cerita rakyat, hantu ini biasanya akan muncul bersamaan dengan pusaran air saat sedang pasang.

2. Bakum Bili

Di ujung pulau Sumatera, yakni Aceh ada hantu yang bentuknya dipercaya menyerupai karpet merah dan bisa terbang di atas permukaan air serta sungai. Keangkeran dedemit ini sangat populer di kalangan masyarakat pesisir Aceh sana.

Menurut penduduk setempat, korban meninggal yang hanyut di pesisir sana akan menjadi tumbal dari roh-roh jahat tersebut. Konon, hantu tersebut takut dengan senjata.

Maka dari itu, penduduk setempat ketika mengevakuasi korban yang tewas terbawa arus di pesisir sana selalu membawa senjata untuk ditembakkan ketika melihat sesuatu aneh sekaligus menjaga diri dari Bakum Bili.

Baca Juga: Hilang dan Gak Kambuh Lagi, 10 Cara Alami Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

3. Begu Ganjang

Selain Antu Banyu, Sumatera Selatan juga dikenal dengan sosok hantu yang sering disebut Begu Ganjang oleh penduduk setempat. Sosok makhluk menyeramkan ini dipercaya memiliki fisik cukup besar, tinggi, dan berambut panjang sampai ke bahu.

Menurut cerita beberapa cerita, orang yang sampai melihat Begu Ganjang akan jatuh sakit atau bisa sampai meninggal. Konon, hantu ini kerap dijadikan media pesugihan untuk memperkaya tuannya.

Selain itu, hantu ini juga bisa dijadikan penjaga kebun dengan ketentuan harus mengorbankan nyawa sebagai tumbalnya.

4. Begu Ture

Di kalangan masyarakat Karo yang memiliki rumah tradisional panggung, Begu Ture adalah hantu dengan tingkah laku jahil ketika pemilik rumah sedang naik tangga. Makhluk satu ini dipercaya sengaja mengganggu kaki orang yang menaiki tangga agar jatuh sampai meninggal.

Menurut beberapa cerita, orang yang melihat Begu Ture akan bertemu dengan kuntilanak dan bisa dengan jelas mendengar suara tawa ejekan mistis.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

5. Homang

Di kawasan Hutan daerah Tapanuli, Sumatera Utara, ada hantu bernama Homang yang tergolong berbeda atau agak lain. Karena makhluk menyeramkan satu ini dipercaya bisa menyerupai fisik manusia.

Konon, hantu ini akan mengganggu orang yang sedang berada di tengah-tengah hutan sana agar tersesat sampai tidak bisa kembali pulang.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang